Kekuatan Konsumen Motor Sportz Indonesia,… paling banyak dikisaran Rp. 22 jutaan …!!! Januari 18, 2013
Posted by triatmono in Management, Marketing.trackback

Well,… cukup menarik untuk dicermati… ketika juragan mencoba membagi market dengan pendekatan harga… dimana dibawah Rp. 19 jeti termasuk market motor sportz entry level,… kemudian diatas Rp. 19 – Rp. 23 jeti masuk kedalam segment motor medium, diatas Rp. 23 jeti s/d Rp. 30 jeti masuk kelas high, dan diatas Rp. 30 jeti masuk kelas premium …!!! Dari pengamatan juragan ternyata… kelas motor sportz medium … tercatat 73% konsumen motor sportz berada di segment ini …!!! Apakah harga mempengaruhi demand …???
Ternyata tidak… lihat saza bagaimana Yamaha Vixion yang harganya lebih mahal ketimbang Yamaha Byson ataupun Honda New Megapro… lebih laris secara signifikan …!!! Nggak usah dibandingkan dengan Yamaha Vixion,… monggo dibandingkan antara Yamaha Byson vs Honda New Megapro CW…. yaaagh lebih mirip sama-sama cradle chasis, pake velg racing,… harga lebih murah Honda New Megapro CW… namun penjualannya lebih unggul Yamaha Byson …!!! So… market nya nggak price elastis banget …!!!

So… intinya adalah segment motor sportz kelas medium ini merupakan segment gemuk… dan mendominasi dalam penjualan motor sportz Indonesia …!!! Konsumen Kelas ini mengutamakan value… banget-banget… !!! Konsumen ini mempunyai selera ‘priyayi’ … terlihat sisi design, engine dan value lain menjadi pertimbangan …!!! Konsumen ini melek internet… dan sangat ‘smart’ … nggak mempan dibodohi …!!! Last,… patokan harga pelan-pelan akan bergeser terus keatas… coz segment ini makin lama incomenya makin meningkat …!!! So,… mau jaya disegment ini… amati behaviors konsumen ini …!!!















Semoga lancar segala urusan dan keperluannya mas..
persaingan seru di kelas itu
Mantap.. Pendapatan perkapita nya udh jozz..
http://trexton.wordpress.com
ihik ihik, senyum senyum sendiri bacanya
lah bukannya lebih laris NMP ya dibanding byson??
http://irza4627.wordpress.com/2013/01/17/2013-yamaha-motogp-corporate-campaign/
karena di rentang 22 juta itu ada si raja sport Vixion gus.. 22 juta dengan segala valuenya, jadi harga bukan satu satunya pertimbangan, tapi konsumen berfikir dengan harga segitu apa value yang didapat
beda2 dikit dr pd ngoprek lebih baek beli yg agak mahal… more efficient more value
tinggal pilih irit kenceng ato boros kuencheng buangedh
Hmm masih sangat terbatas penghasilannya tapi selera tinggi sekali …
pas ane mau ambil vixion juga sempet ngelirik byson dan epyu, ga jadi ambil byson karena ga suka bagian tangkinya sama bag komstir yg kecil.
ga jadi ambil epyu karena, masih rasa bebek, yah naik epyu biar mesin 150cc ttp aja rasa bebek.
so ada motor canggih berdeltabox dgn mesin water cooled, ya sikat dah, cash
Tampang dapet,teknologi dapet,speed dapet,irit dapet,kurang apalagi?
10 besarkah…?
new vixion yang lain nggak bisa ngikutiiiin
Kayaknya perlu diketahui juga, bahwa masih lebih banyak yang ingin penampilan sport keren tapi belum bisa menjangkau rentang harga 22 jt itu, mereka pada lari ke matik atau bebek daripada mengorbankan gengsi harus beli motor indihe atau semacam thunder yang sudah sangat ketinggalan itu. Sepertinya akan beda kalau mereka disuguhi sport dengan penampilan cukup keren, harga terjangkau, tapi tidak terlalu menurunkan gengsi karena masih menggunakan brand R2 terbesar di dunia. Mari kita tuggu bersama.
ada yg inget awal vixion harganya brp…..,..
Strategi jualan kecap cap sayap keplek dengan
Mitos kosong seperti ini yang membodohi k0nsumen:
Motor H itu irit bbm, awet lama, makin panas tambah beringas, maintenancenya gampang, spare-parts murah mudah didapat, bengkelnya pun banyak dan harga secondnya tinggi….
Kalo merek lain, bla bla bla bla…. (minus n ngga ada plus-plusnya)
Dari mitos2 kosong tsb, brand motor H diuntungkan.
makanya efbehanya aja yang takabur, toh pabrikan kaya raya sekelas h aja masih hati2 buat ngelawan pabrikan kecil..
tp analisa lugas kang haji tmc sangat benar, bisa jadi acuan..
buat pabrikan kecil spt y s k cuma ngegerecokin pabrikan besar aja udah bisa bikin gerah..
pertanyaannya, apa pabrikan kecil spt y s k bakal diam begitu aja ?
segala analisa diatas akan sukses bila pabrikan kecil spt y s k pada tutup dan sahamnya diborong semua oleh h, maka jadilah h penguasa tunggal roda dua dari brand jepang.
*kesampingkan dulu fanatik n gil@ merek!
tahun ini hansip mau buang 16 motor sampah, gak perlu mikirin kualitas n spare-parts !
karena sampah gak perlu ribet sekali pake langsung buang !
dari pada gak laku krn gagal, yaa tinggal di dongograde aja lahh !
kan masih banyak konsumen bloon yang mau nyoba motor sport dongograde !
analisa yang tepat , maksudnya tepat untuk yang punya Duit 22jt
berarti verza ra bakal payu yo mas??
http://wawwiwiwaw.blogspot.com/2013/01/riding-feeling-mio-fino-test-ride-review.html
Harga 22 jt pantes bwat nvl… Value banget… Tp apa gg bs atpm indonesia bkin motor sport sekelas nvl tp d jual dg hrga mentok 20 jt…
read this bro,
http://anhonymoustfriekst.wordpress.com/2013/01/18/verza-150-sebuah-manifestasi-ambisi/
amankan podium 10 besar
Mystery 31113 terkuak sudah. Ternyata matic 125CC YAMAHA
selengkapnya di sini
http://bocoraninfoakurat.wordpress.com/2013/01/18/akhirnya-terkuak-sudah-bahwa-mystery-code-31113-adalah-peluncuran-new-matic-yamaha-125cc/
10. prabu melaz – Januari 18, 2013
Tampang dapet,teknologi dapet,speed dapet,irit dapet,kurang apalagi?
——————————–
kurang merk doang mas, coba ditempelin logo honda, walau barang sama tapi pasti lebih ngefek.
dan pasti gak akan ada FBH yg BC dan koar-koar
Menurut ane, sebenernya area 20jt. Area itu masih dihuni motor2 non Jepang jadi masih punya diferensiasi mindset di mata konsumen. Munculnya salah satu pabrikan yang ngeluarin produk motor laki 16juta-an seperti Honda Verza dengan mencoba fitur2 terkini patut jadi pelajaran marketing baru, karena bukannya ga mungkin jadi acuan pabrikan Jepang lain untuk turut serta.
Perlu diingat bahwa di daerah motor laki lebih banyak menyertai kehidupan sehari2 untuk berdagang, nganter anak, dan hal2 lain yg notabene bukan jenis penggunaan ‘sport’. Bahkan di kota sekalipun ane yakin penggunaan motor laki untuk keperluan non ‘sport’ masih tinggi. Harga jelas seringkali menjadi patokan utama krn mereka ga butuh neko2 lainnya, yg penting murah tapi merk nya yang familiar.
Informasi otomotif memang sekarang mudah sekali didapat, tapi pas giliran beli tetep kantong yang berbicara. CMIIW .
mas Qwerty lwucu commentnya …
tidak bisa dipungkiri harga motor perlahan melambung seiring dengan kemampuan daya beli konsumennya yang meningkat, tapi kenaikan harga sebanding dengan value yang meningkat. masyarakat indonesia itu kaya, mobil/motor semahal apapun pasti ada yang beli
Iya ya
yes setuju,, priyayi,, dikei sing elek emoh juragan.. mennding ngoyo sitik ning berkelas.. hehee
Kalau subsidi bbm dikurangi secara signifikan akan tumbuh pertimbangan baru. Saat ini konsumsi bbm belum jadi pertimbangan utama. Tidak banyak user yang menyesuaikan bbm dengan kebutuhan mesin, kecuali segmen 30jt up.
Tipe Konsumen : H( mandiri,ga neko2), K(speed freak), S( pgen tampil beda), Y( gengsi tinggi,kantong pas2an). PISS..! Guyonan!
gak realistis…liat aja nanti ms nya…ni selisih harga nya gak 11-12 gan…8-12…selisih 6jeti…
Mantabb
http://belitong.wordpress.com/2013/01/18/opini-kemenangan-sport-honda-sudah-di-depan-mata/
Pingin punya New Vixi. Pingin punya FU.
Ngiler.
market akan terkonsentrasi pada product Yamaha NVL termasuk Vixion lawas, Honda CBSF, Yamaha Byson, Honda NMP CW …!!! Terlepas dari adanya plus minus… keempat product tersebut laaagh terkumpul value yang diinginkan konsumen motor sportz kelas medium …!!!
Awalnya yamaha vixion diplot untuk mengakomodir pengguna bebek jupiter mx yang ingin naik kelas ke motor sport dengan harga yang relatif terjangkau tetapi dengan value yang lebih baik dari kompetitornya (mega pro 1600). karena hal itu, vixion sukses jadi motor sejuta umat jadi mungkin kekuatan konsumen berkisar harga vixion 20 juta. CMIIW. Tapi seharusnya yamaha tidak cuek terhadap segmen di bawah 20 juta karena mungkin aja dengan pertumbuhan pendapatan masyarakat akan terulang lagi naik kelas dari segmen bebek entry level ke sport entry level, hehe, kan banyakan pengguna bebek entry level daripada bebek sport kaya jupiter mx klo semuanya naik kelas.
dulu waktu beat pertama kali keluar juga susah mengalahkan mio, tapi karena yamaha kelewat pede akhirnya beat mampu melibas mio. akankah terjadi pada vixion?
jadi 25 jt (tiger) itu kemahalan yak?
motor sport emang paling seru dibahas
nah, mari mengungat kembali serunya persaingan 250 di taon 80-90an http://randhygraphic.blogspot.com/2013/01/japanese-250-race-replica.html
Harga segitu memang masuk harga motor sport tengah2, gk terlalu muran n gk terlalu mahal (IMHO).
http://nofgipiston.wordpress.com/2013/01/18/memang-benar-power-cb150r-streetfire-kalah-dibandingkan-dengan-power-new-vixion/
kalo pabrikan itu duitnya banyak walaupun se ecret juga di hajar. . .
Nanti bisa kejadian kayak kasus revo at atau revo fit. . .
sport tapi mintanya murah
premium kelasnya, premium minumnya… wkwkwkwkwk
Menilik komparasi CB150R vs NVL ala otomotifnet
tapi jangan lupakan kalangan ekonomi mepet, n function first…
otoarea.wordpress.com/2013/01/18/cold-patch-tire-tube-praktis-tapi-sayang-kurang-kuat/
munculnya verza yg berdekatan dg CB akan merugikan CB,
Org msh sulit membedakan keduanya, dg beda harga jauh, maka CB seolah2 mirip dg motor entry level.
@yonas
kasus mio karbu itu kebudegan yimm yang bloon pede jual matic minim fitur, udah jelas2 kompetitor yang brojol belakangan mencari kelemahan mio karbu, tapi yimm kelewat budeg makanya didepak matic honda.
kalo kasus middle sport kek nvl n cb, gak gitu bro, udah jelas nvl lbh ganteng design, kaya fitur n teknologi, jauh lbh irit dari cb, nvl punya value lebih dari cb dari segala sektor, dan cb cuma ngandelin embel2 dohc plus nama besar brandnya.
konsumen sport middle ke atas itu beda dgn konsumen motor itik n matik belasan juta!
reply:
makanya efbehanya aja yang takabur, toh pabrikan kaya raya sekelas h aja masih hati2 buat ngelawan pabrikan kecil..
tp analisa lugas kang haji sangat benar, bisa jadi acuan..
buat pabrikan kecil spt y s k cuma ngegerecokin pabrikan besar aja udah bisa bikin gerah..
pertanyaannya, apa pabrikan kecil spt y s k bakal diam begitu aja ?
segala *analisa diatas akan sukses bila pabrikan kecil spt y s k pada tutup dan sahamnya diborong semua oleh h, maka jadilah h penguasa tunggal roda dua dari brand jepang.
kesampingkan dulu fanatik n gil@ merek!
*analisa diatas kamsudnya adalah analisa dari artikel kang haji tmc!
setuju,,, di segmen ini konumen udah pinter-pinter, gak bia di bodohi . . .
http://chozinahmad.wordpress.com/2013/01/18/otomotifnet-tes-dyno-new-vixion-vs-cb150r-new-vixion-tetap-unggul/
86….mas bro !
46. ●○ qwerty ○● HANSIP LINMAS = HANdonSIP ngibuLINMASyarakat – Januari 18, 2013
@yonas
kasus mio karbu itu kebudegan yimm yang bloon pede jual matic minim fitur, udah jelas2 kompetitor yang brojol belakangan mencari kelemahan mio karbu, tapi yimm kelewat budeg makanya didepak matic honda.
kalo kasus middle sport kek nvl n cb, gak gitu bro, udah jelas nvl lbh ganteng design, kaya fitur n teknologi, jauh lbh irit dari cb, nvl punya value lebih dari cb dari segala sektor, dan cb cuma ngandelin embel2 dohc plus nama besar brandnya.
konsumen sport middle ke atas itu beda dgn konsumen motor itik n matik belasan juta!
——————–
Oh ya ? Jadi klo konsumen yg milih motor krn hp nya gede padahal dia tau yg terpakai real di jalanan paling cuman setengahnya adalah konsumen yang lebih pinter ? Orang milih matik ama bebek di luar alesan kantong krn memang itulah pilihan paling realistis dari sudut social & economic value bukan krn mereka oon . Sport adalah hobby, tapi efisiensi adalah kebutuhan.
Jangan-jangan klo ternyata nanti CBSF bisa menggungguli NVL dari sisi penjualan dibilangnya karena konsumennya bodo, bukan karena fakta di lapangan value CBSF memang lebih. Btw, kali aja lupa DOHC tu pengembangan teknologi bang bukan tempelan doank .
Nggak usah dibandingkan dengan Yamaha Vixion,… monggo dibandingkan antara Yamaha Byson vs Honda New Megapro CW…. yaaagh lebih mirip sama-sama cradle chasis, pake velg racing,… harga lebih murah Honda New Megapro CW… namun penjualannya lebih unggul Yamaha Byson …!!!
======================================================
cara pemikiran yg berbeda dgn AHM yg justru menjadikan NMP CW en SW sbg satu kesatuan optional dan bukan dipisah seperti perbandingan begitu…yg jadi pertanyaan kenapa justru YIMM tidak jeli memberikan optional seperti AHM yg terbukti bisa menyumbang penjualan banyak….PR AHM cuma tgl satu gimana caranya CB150R jadi penguasa kelas sport mengalahkan yang dikuasai telak oleh YIMM lewat Vixion en mo dilanjut NVL….setelah sukses agenda selanjutnya AHM ya menghajar Suzuki Satria FU150….let we see
Makanya untuk segmen ini g perlu bacotan sales….krn kebanyakan sdh melek teknologi dan melek informasi…!!!
Motor India desain lumayan, teknologi oke, fitur juga wah …. dipatok murah GAK LAKU !!! Kalo Honda desain jyadul, gak pake takometer, cuma lari 110 on speedo… pasti laku. Kan merknya HONDA . Makanya targetnya juga gila-gilaan 12.500/bulan !!!
Setuju , konsumen motor sport mulai smart….. Mahal dikit asal puas sesuai dng keinginan mereka ….. Melek internet berarti menambah wawasan
46. ●○ qwerty ○● HANSIP LINMAS = HANdonSIP ngibuLINMASyarakat – Januari 18, 2013
@yonas
kasus mio karbu itu kebudegan yimm yang bloon pede jual matic minim fitur, udah jelas2 kompetitor yang brojol belakangan mencari kelemahan mio karbu, tapi yimm kelewat budeg makanya didepak matic honda.
kalo kasus middle sport kek nvl n cb, gak gitu bro, udah jelas nvl lbh ganteng design, kaya fitur n teknologi, jauh lbh irit dari cb, nvl punya value lebih dari cb dari segala sektor, dan cb cuma ngandelin embel2 dohc plus nama besar brandnya.
konsumen sport middle ke atas itu beda dgn konsumen motor itik n matik belasan juta!
—————————————————————————————
mosoook…
Segment sport entry level tentunya sangat menarik, dari desain motor dan konsumen yg memang beda akan menjadikan jaringan kudu membenahi armadanya dalam hal ini dealer dan petugasnya agar lebih mengedepankan pelayanan karena akan hal tersebut akan sangat berpengaruh kpd konsumen dlm menentukan pilihannya dan menurut saya dlm hal ini Honda selanngkah lebih didepan dr Y dan S dalam hal pengembangan Jaringan dan juga petugasnya …
seberapa % konsumen yang melek inet n smart bro..
sales H kan bilang nya gini..
ini turunan cbr150 lo
6 speed dan DOHC hayooo
@surel72
kesampingkan dulu fanatik merek !
gak terima kalo produk fanatiknya dicela!
smart dikit dong kek qwerty ini, kasus mio karbu digebuk beat karbu, komen gue yang bilang yimm budeg itu menandakan gue gak gila merek kek rata2 fansboy!
terus gue bilang kelas motor sport middle ke atas itu konsumennya beda dengan konsumen itik n matik belasan juta….
begini bro, orang beli motor sport 150cc 4tak bukan cuma karena mau power besar (kalo mau power besar beli moge), tapi konsumen ini lebih jeli n pintar memilih, gak asal pilih nama besar (kecuali fanatik brand), konsumen yang mau beli motor sport harga 20 juta’an ke keatas ini gak bakal gampang kena bujuk rayu / gombalan dari sales, terus biarpun kata elu ini hoby tapi apa enak buang duit puluhan juta gara2 kena rayuan gombal sales….?
nahh kenapa beda dengan konsumen itik n bebek belasan juta ?
kan elu bilang orang beli motor ini karena alasan kantong, makanya krn kepepet hajar dp ringan, malah kemarin ada banyak yang tanpa dp, disini peran sales makin besar memanfaatkan situasi n kondisi tsb…., tinggal iming2 dp murah atau tanpa dp buat ngejerat konsumen yang kepepet mau punya motor, persyaratan mudah n dibantu, yang penting motor dagangan laku….
konsumen kelas ini mah simpel, kalo gak kebayar angsuran yaa tinggal balikin aja ke leasing (tariiiikk maaaang), tanpa dp hitung2 nyewa motor baru beberapa bulan, ini real ditahun2 lalu, biarpun sekarang ada kebijakan dp minimum 20 – 25 % aahh bisa diatur itu mahh !!!!
surel72
nih buat dibaca biar mangkel!
http://oo00000oo.wordpress.com/2013/01/13/motor-baru-coyy/
kalo masih bingung…., jedotin dulu kepalanya ke monitor biar pinter dikit !
wkwk..
60. ●○ qwerty ○● HANSIP LINMAS = HANdonSIP ngibuLINMASyarakat – Januari 19, 2013
kalo masih bingung…., jedotin dulu kepalanya ke monitor biar pinter dikit !
wkwk..
==========================================
Gw mah biasa2 aja tu bacanya
Gw lucu aja situ bilang bahwa konsumen yg beli motor bebek ama matik tu krn mereka bodoh, cuman karena merk ato sales. Jadi klo semacem mbah dukun, iwb, mbah edo, kang haji taufik ama blogger2 otomotif lainnya yg notabene punya wawasan otomotif lebih baek dari kita2 pada punya bebek ama matik berarti mereka semua ketipu merk ama sales juga donk
.
Gw lagi suka brand Honda ya suka2 donk, sama kaya situ suka brand Yamaha. Fanatik no . lha wong bini pake mio – gw yg beliin. Orang beli matik supaya bisa naro barang ato tas di depan bukan bodoh. Orang beli bebek krn tinggalnya di gang sempit juga bukan bodoh. Jadi klo situ bilang pembeli motor sport 20jtan lebih smart daripada pembeli matik ama bebek gw ga 100% akur, itu generalisasi keadaan yang berlebihan. Thats all.
Mas3 lupa ya kalo dulu Thunder 125 pernah jd market leader di kelas motor sport? Sayangnya pihak Suzuki jalan di tempat jadinya ditinggal oleh konsumen. Dari sini bisa dinilai bahwa segmen low end pangsa pasarnya ngga sedikit. Memang saat ini dari sisi ekonomi ada peningkatan, tapi peningkatannya kan juga susai levelnya. Sebagai contoh Pulsar 135 walopun secara brand lemah tapi cukup diterima pasar. Prediksi saya dengan Honda mengeluarkan Versa, tahun ini secara kumulatif Honda akan menguasai segmen motor sport mengalahkan Yamaha. IMHO.
selain hrg, faktor selera jg menentukan..
kdng pnya ad duit lbh, tp lbh milih spot dg hrga murah..
gue beli beat karbu karena irit loh 1 : 73, biar realnya cuma 1 liter : 37 kilomoncrot, yaa tetep gue lbh bilang irit dari gerobak r4 gue yg ada logo h nya.

salah sendiri yang beli mio karbu, udah boros n minim fitur, masih aja dibeli, ketepu yamaha luh!
wkwk..
ohh…
ternyata jualan byson lebih laku dari NMP ya.
berarti data AISI di blog P2R cuma boong donk!!!
gak salah kan gue ngebela n ngecengin merek kendaraan yang gue pake.

krn sbg konsumen honda gue juga berhak ngebagusin n ngejelekin honda !
yamaha ? auh ahh gelap !
wkwk..
bingung yaa….?
*pegangan garpukarat punya u biar gak bingung !
65. yellowduck – Januari 19, 2013
ohh…
ternyata jualan byson lebih laku dari NMP ya.
berarti data AISI di blog P2R cuma boong donk!!!
—————————————————————————————–
kalo di P2R nmp cw sama sw digabung bos makanya lebih banyak kalo di juragan sini nmp cw di bandingin sama byson cw….
daya beli masyakat pastinya paling banyak di kelas menengah dan kisaran menengah adalah harga segtu dari 19juta sampai 23 juta
read this bro,
http://anhonymoustfriekst.wordpress.com/2013/01/19/fansboy-anak-alay-fundamentalis-merk/
basecamp
ngakak juga baca post bro ipan !
kebiasan hansip suka compare data ke beberapa merek lain.
jaman udh terang gini msh aja h pake gaya kampungan buat suguhan konsumen.
sipp hansip juga ni mtr, udh tampang culun katrok, harga murah, tekno jadul tapi koar2 irit n performa….
http://pertamax7.com/2013/01/20/tvc-atau-iklan-honda-verza-150-pamer-mesin-injeksi/
Halahh yg penting poenya motor,daripada situ udah g poenya motor pake koment yg aneh2 fiuhhh,.,.