jump to navigation

Kenapa kok CB150R on dyno… kalah dari NVL …??? Kok jauh dibandingkan CBR150R …??? Januari 12, 2013

Posted by triatmono in Honda.
Tags:
trackback

Well,… dari hasil test dyno terhadap Honda CB150R StreetFire (CBSF) … terlihat bahwa motor ini walaupun menggunakan engine DOHC 4 valvez … ternyata kalah dibandingkan SOHC 4 valvez Yamaha New Vixion Lightning (NVL) …!!! Yup… tercatat peak power Honda CBSF sekitar 14.02 HP pada 10210 RPM … dan peak power Yamaha NVL  sekitar 14.32 HP pada 8224 RPM …!!! Padahal yang namanya Honda CBR150R peak power nya bisa mencapai 15.22HP … lhaaa ada apa dengan engine DOHC yang digunakan pada Honda CBSF …??? Banyak faktor yang menyebabkan power drop walau sama-sama menggunakan engine DOHC …!!! Juragan mencoba menganalisa dengan info dan pengetahuan yang diketahui… !!!

Pertama adalah faktor ECU setting… dalam hal ini adalah kurva pengapian … dari info yang ada kurva pengapian Honda CBSF berbeda dengan Honda CBR150R …!!! Disebutkan pada posisi idle pengapian Honda CBSF retarded dibandingkan Honda CBR150R… yaitu 7.1 derajat BTDC … sedangkan Honda CBR150R 9 derajat …!!! Sedangkan pada posisi advanced… diset lebih advanced yaitu 69 derajat BTDC … sedangkan Honda CBR150R sekitar 60 derajat BTDC …!!! Ini info yang ada… namun implikasi nya luas juga… !!! Memajukan pengapian sebenarnya menuntut juga kenaikan octane rating… demikian juga sebaliknya …!!! Setiap 2 derajat retarded… octane rating boleh turun 1 octane rating …!!!

Retarding ignition timing by two degrees will reduce octane requirement by about one number.

Pembakaran optimal terjadi antara 10 – 20 derajat ATDC… so implikasi dari memajukan pengapian kalau nggak dibarengin dengan peningkatan octane rating yaaagh ndak maksimal …!!! Selain itu juga advanced ignition… akan menimbulkan panas… dan menurut referensi panas yang berlebihan jika pendinginan nggak bagus … akan terjadi lost power …!!! So.. intinya adalah ECU yang tidak identik antara Honda CBSF dengan Honda CBR150R … dapat mengakibatkan power yang dihasilkan berbeda… terlepas bore x stroke nya yang sama… compression ratio nya sama etc …!!!

Hal lain yang perlu dicermati adalah persoalan AFR… dimana pada Honda CBR150R lebih konstan dengan adanya  O2 Sensor … sedangkan pada Honda CBSF tidak ada O2 Sensor …!!! Pada pengukuran power Yamaha Vixion lawas… yang nggak punya O2 Sensor… hasilnya AFR nggak stabil mulai putaran 6000 RPM keatas …!!! Impactnya power ternyata drop aka nggak optimal jika dibandingkan dengan yang mempunyai O2 Sensor …!!! Masalahnya ini sudah sistem injeksi… jadi harus ada sensor-sensor yang menjaga agar hubungan antara fuel-udara-ignition optimal adanya …!!! Last,.. sayang juragan nggak ada data ignition mapping yang lengkap… antara Honda CBSF yang dicompare dengan Honda CBR150R… kalau ada bisa lebih clear melihat persoalan …!!! Ada yang punya info atau pendapat lain… monggo didiskusikan … !!! :D

About these ads

Komentar»

1. ipanase - Januari 12, 2013

mantap juragan ,jossssssssssssssssssssss

2. Gondrong - Januari 12, 2013

Tanya kenapa…. :D

3. at0zz - Januari 12, 2013

komen dolo ah….

4. ipanase - Januari 12, 2013

mapping, noken, dan lain2 :D

5. Mr. Zen - Januari 12, 2013

Pertamax

6. marga - Januari 12, 2013

down grade yang terlalu kata mbah dukun, eh kata bang haji, salah lagi kata gue aja lah :mrgreen: piss Y

7. pengkolandago - Januari 12, 2013

Namanya jg downgrade dr CBR150 atau bisa dikatakan ‘turun kasta’ klan CB.. Padahal udh pake 6 speed , ban cungkring. Ah yg penting bagi ahm sih MS nomor satu ga peduli konsumen puas or not

8. marga - Januari 12, 2013

SEMAKIN JELAS mana yang harus dipilih

9. c0c0by YMJET FI - Januari 12, 2013

ikut

10. rickyy93 - Januari 12, 2013

siiipppp juragan

11. Rudy SouL - Januari 12, 2013

motor opo kui….DOHC abal-abal…bakar aja… :mrgreen:
#lempar LPG 3kg.

12. juraganneon - Januari 12, 2013

oh ternyata gara2 seting ECU dan tidak adanya O2 sensor ya gus.. pantesan New Vixion dan CBR 150R powernya lebih nampol.. ternyata O2 sensor penting juga ya

13. Dreadlock - Januari 12, 2013

Intinya downgrade abis2an dari cbr150 just like vario 125 dari pcx 125

14. bangfuadz - Januari 12, 2013

panaz….

15. go - Januari 12, 2013

berarti emang abal2, gus?

16. zul fauzi - Januari 12, 2013

ah gampang, tinggal porting ulang, kepras blok silinder, panjangin durasi noken as, insya Allah CB150 akan tembus 16 dk on wheel :)

beres, gitu aja koq repost,, ekh repot…

17. mbah wondo - Januari 12, 2013

harga gak bohong nih. yg punya cbr150 ceria deh.

18. triatmono - Januari 12, 2013

@go
bukan abal-abal… hanya salah strategy menerapkan… ketika membrojol CB150R …!!! Dilain waktu kita bahas mestinya gimana … ???

19. Gondrong - Januari 12, 2013

Kalo memang bagian transfer daya mulai dari kopling sampe gearbox sama persis dg cbr seharusnya persentase loss power cb lebih kecil dari cbr, lah cb malah lebih besar loss powernya padahal udah pake ban cingkrung eh cungkring, final gear ringan & bobot lebih enteng.
Kalo menurut sy data yg di welovehonda lebih logis dibanding ahm. Dari 16,3 hp menjadi 14,02 hp.

20. sapida - Januari 12, 2013

apakah demi mengejar aman minum premium???

21. bohay - Januari 12, 2013

coba kasih pertamak boss,,,

22. faiz aza - Januari 12, 2013

maklum, pengin nandingin nvl, apa aja dijabanin. yng penting merk H, pasti laku. Namanya juga orang udah suka, mau jelek kek, mau kagak kek yang penting H.

23. pengkolandago - Januari 12, 2013

Masih penasaran, kita review dokumentasi yg lalu nih cekidot. Power DOHC CBR150 yg sesunguhnya : http://tmcblog.com/2008/11/14/hasil-dyno-cbr-150rvixion-dan-pulsar-180/
Ada kemiripan peak power CBR150 14,34 HP dgn NVL 14,32 HP. Itupun power CBR150 didapat direntang RPM tinggi antara 10.000 s/d 11.500. Problem is, dijalanan kota sekalipun di luar kota apakah kita bisa dapat RPM sebesar itu ?? Plus borosnya minta ampun deh, kecuali di sirkuit gw pegang CBR & bukan CBsf

24. nawirotom - Januari 12, 2013

sebenernya ya nggak salah juga strategi AHM gus tri, karena kalo kita juga mau menerima hasil tes otomotive, performance cb150r nggak jelek dibandingkan nvl. Sayangnya kita nggak bisa adil, hanya mau terima salah satu saja, dengan kecurigaan yang sangat. Kalo mau adil, hasil pengetesan diterima semua atau ditolak semua, dengan cara tes sendiri dua2nya, baru fair.
Masalah turunnya power cb dibandingkan cbr, yah sudah pasti disengaja AHM, dengan harapan masih bisa minum premium bagi peminat cb di pedesaan, dengan tetap bisa bangga (nggak bisa diremehin oleh nvl), dengan harga lebih terjangkau (minus sensor o2, twinspar, fairing dll).
Seandainya baik cbsf maupun nvl bisa ditampilkan grafik perubahan daya vs rpm, maka kita bisa menghitung berapa daya totalnya dengan mengintegralkan grafik tersebut (mencari luas yang dibatasi grafik daya tersebut, rentang rpm-nya/ 0- rpm max, dan garis sumbu horizontal/rpm), jadi bener2 keliatan mana yang powernya lebih besar.
Kita juga bisa menghitung performasi lainnya dengan simulasi yang sederhana.
Dan lagi bagi rider berpengalaman macam gus tri dah tau mana yang bakalan lincah diperkotaan dan mana yang bakalan ngacir di jalan antar kota (kan seneng juga kalo bisa turing naik motor??)

25. anak_kecil - Januari 12, 2013

woww…woowww…wooooowww…

peak power didapet setelah mesin berkitir 2000 kali lebih kenceng dari NVL, itupun masih di bawah NVL ?…

wajarlah, AHM gitu loh, gak pernah ikhlas nglempar barang bagus ke pasar….

26. sok - Januari 12, 2013

sayang NVL gak fotogenik….. gak bisa nampang dong, buat gaya difoto… mau pamer klo punya NVL?,hik hik

27. dimas - Januari 12, 2013

maklum konsumen di sini mintanya motor kencang tapi tetep harus masih bisa minum premium…
kasian rekan2 pemilik cb150r yang dah niatan mau selalu ngasih minum pertamax jadi kena imbasnya settingan pengapian yang retarded ini, jadi kurang maksimal deh tenaganya…

28. nawirotom - Januari 12, 2013

ane dah nyobain kemaren cbsf isi premium, tarikan awalnya lebih beringas dari CS1 maupun p180ug4 yg biasa ane pake.
Jadi ….cobain aja deh…
Apalagi bisa dibawa seharian, mungkin kita bisa mendapat review yang komplit dari, agan2, terutama yang underestimet pd cbsf

29. ngetes aja - Januari 12, 2013

Yg ai heran mastri, si nvl yg katanya jago akselerasi (SOHC overstroke) malah kalah tarikan awal, ai liat data itu di otomotif. Jadi ai rasa, topspeed cb150r jadi korban utk ngejar aksel. Alasannya satu, utk ngejar aksel vixy, toh topspeed ai rasa masih lebih kencang cb walopun beda tipis,

sekaligus sbg pembeda dgn DOHC cbr,
cb bawah menengah mantap, topspeed kurang (walopun tetep menang dibanding nvl)CMIIW
cbr bawah kurang, menengah atas mantap,…

30. Cah Nganjuk - Januari 12, 2013

DOCH ABAL2 wkwkkwwk :mrgreen:

31. Bitch Please - Januari 12, 2013

bruakakakakakakakaakkakakakakaka!!!!!
malu sama iklan

32. kimYUnoW - Januari 12, 2013

makan tuh tagline “Riding more faster than lightning” wkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkw

33. suharyadi - Januari 12, 2013

Value for money, menang NVL, tinggal modif koyo di jidatnya aja..kecuali yang memang ngejar DOHC CB150R, mesti modif ECU, ganti ban lebar, modif engine dikit,..total2 duit modif bisa buat beli CBR150R..

34. endosiah - Januari 12, 2013

Dongred se dongred nya biar seharga ma nvl, padahal kalo gak di dongred harga asli kemungkinan 25 keatas, jadinya gak laku

35. jaos_konsumen biasa - Januari 12, 2013

@29 ngencer saja
weleh2………bahkan lagi bacot yg tampak serius pun, sampeyan masih tetap jualan sambil keblinger.

*hahahahahahahahah

36. Johan - Januari 12, 2013

Gak seberapa jauhlah…fakta biasa yg luarbiasa lg cs1 vs vixion lama…padahal cs1 11,90 hp di dyno vs vixion 13,5 di dyno nyatanya masih bisa di jejerin cs1…… Kadang2 di salip sama cs1….

37. Raden Mas Kian Kencang - Januari 12, 2013

Mantabs artikel mas Tri…..

38. hi hi hi - Januari 12, 2013

ditunggu pemodif yg bikin paketan upgrade cbsf biar performa tidak kalah dg cbr150. salah satu kunci sukses model bisa populer adalah aftermarket partsnya, semakin mudah dan murah dioprek, makin laris.

39. mulyanto - Januari 12, 2013

hitung integral? integral terhadap ban RPM? wakakakaka. (int) power d(rpm) :D . Yang ada mah integral power terhadap waktu = daya. (int) power d(waktu). Ngga tahu kalau (int) power d(rpm) :D .. hasilnya apa yah?

40. oyo - Januari 13, 2013

wow

41. reza - Januari 13, 2013

sejak kapan CS1 bisa ngalain vixion?
kalo ridernya sama, ya ngga bisa lah..

CS1 itu gigi 4 @11000 rpm cuma 114 kmh on speedo, gigi 5, paling naik jadi sekitar 125-127

kalo cs1 ngalahin vixion itu yang jago ridernya,.. bukan cs1 nya yang kenceng..

42. casper - Januari 13, 2013

pembaca blog alangkah baiknya jika menyadari bahwa sebagian yg komen disini adalah sales yg punya kepentingan. jd wajar apapun yg trjadi tetap bela daganganya.

masukan buat mas tri,
saya tidak heran jika mesin cb150 yg identik dg cbr150 itu beda power. hal it memang ditujukan pada reability. motor harus bisa minum premium.

yg jadi masalah adalah adanya indikasi penipuan dari pabrik.

jika kita lihat seperti data dari mas tri,
cbr150 claim power 17,5ps. kenyataan di dyno on whee 15,22 hp
sedangkan cb150 claim power 17ps. kenyataan di dyno tes 14,02hp

beda power cb150 dan cbr150 cuma 0,5 ps
tapi pada dyno tes bedanya hampir 1,5 ps

apakah pabrikan melakukan pembohongan spek power cb150?

43. jaos_konsumen biasa - Januari 13, 2013

kalo memang sdh diretarded pengapiannya, ya mau diisi fuel yg RON di atas 88 tetap aja lemott….

sama dgn fbh yg jarang melatih otak mereka, mau dikasi bahan2 yg bisa bikin cerdas pun, kalo settingannya ‘terbelakang’ tetap aja bloon dan menularkan kebloonan.

*hahahaahahahahah

44. casper - Januari 13, 2013

@mulyanto

hai bro,
jangan sampe anda menertawakan orang, kenyataanya anda yg ditertawakan

45. ●○ qwerty ○● - Januari 13, 2013

musim hujan enaknya pake mobil honda jazz, biar masih sohc tapi lumayan dijalanan bisa nabokin si toyota yaris yang udah dohc.

tapi gue akuin dohc emang kuat buat ngangkut beban berat, lah itu contohnya angkot granmax dohc bisa bawa penumpang sekampung….

tau kan kalo mesin angkot granmax 1500cc dohc itu downgrade dari mesin dohc yaris/vios/rush/terios/avanza 1.5 veloz….

ada juga angkot granmax yang 1300cc dohc yang downgrade dari mesin dohc avanza/xenia/sirion….

nahh barangkali aja dohc si CeBong150kaRat ini kelasnya angkot….?
kalo sohc si ganteng nvl kelasnya jazz lohh….!
:-D

wkwk….

46. ●○ qwerty ○● - Januari 13, 2013

coba yg bahas cs1 minggir dulu deh..
fbh pekok larinya ke cs1 ?

47. ●○ qwerty ○● - Januari 13, 2013

buat bang hansip yang pentingkan laku, motor banyak masalah kek waria125 aja tetep laku kan ?

http://ridertua.com/2013/01/10/special-artikel-bro-eko-analisa-vario-125-brebet-ganti-busi-vixion/

hansip mode_bloon

48. ●○ qwerty ○● - Januari 13, 2013

jgn lari ke cs1 lah…., gak level tuh mtr cengengeswan banci…., kek gue dong larinya ke waria ngorok!
:-D

http://ridertua.com/2013/01/10/special-artikel-bro-eko-analisa-vario-125-brebet-ganti-busi-vixion/

49. ●○ qwerty ○● - Januari 13, 2013

dohc cebong kelas angkot…., tariiiik maaaang!

50. rusmanjay - Januari 13, 2013

mantap analisanya

51. D14L - Januari 13, 2013

CS1 Vs Vixion… HAHAHA
Lah wonglawan astrea Prima aja kalah tuh Vixion…
ya kalah lah wong vixionnya Masih standart……………2, ama sepeda ontel jg pasti lewat….

52. jtxtop - Januari 13, 2013

Terima kasih atas konten dan info yg menarik dan menginspirasi….thk u

53. Hey Dude - Januari 13, 2013

cs1 cs1 everywhere :mrgreen: bisa sampe 160km/kosa kata tuyul

yg bilang power CB naik terus sampe rpm optimum

coba lihat lg grafik CB loe bilang tenaga naik terus sampe rpm optimum?? mau ngibul orang awam lagi??
>>power cb juga turun setelah lewatin peak power di 10410rpm :mrgreen:

kalo power NVL turun setelah 8224rpm ya wajar dong , kan karakter overstroke NVL peak powernya emang di 8000rpm :mrgreen:

mau gimana pun power CB tetep kalah dar NVL gak usah ngeles bahasa inggris :mrgreen:

54. joko - Januari 13, 2013

kalo barongsay klaim 142 di tanjakan ntar ane klaim cb bisa 180kpj.
hebat gak tuh…
taktik jualan ala sales ngahaem

55. bunciskentang - Januari 13, 2013

juragan mantep ulasannya..
cb payah power 17ps overbore kalah sama satria 16.5ps kalah juga sm nvl..hadeuh
bener-bener downgrade
masih pengen optimalin power dohc overbore? siapin duit banyak modif sana sini..

56. Yanda - Januari 13, 2013

mungkin CBSF mmg di komparasi dgn old vixion, terlihat dari data AHM komparasinya dgn old vixion, ternyata New vixion brojol dgn tambahan sensor2 yang mempengaruhi powernya.imho

57. ●○ qwerty ○● - Januari 13, 2013
58. gunawanspurs - Januari 13, 2013

Analisa pribadi ane:

1. AHM memutuskan pake mesin berbasis CBR150 R, lebih krn mengejar fitur penjualan (wii keren mesinnya gede & montok), dan kemudahan manufakturing (krn ga usah R&D mesin SOHC overstroke watercooled).

2. Tapi masalahnya, karakter mesin ori CBR 150R mesti dipermak agar lebih bersahabat utk pemakaian harian komuter (suatu hal yg kurang OK pd mesin DOHC overbore, apalagi dgn kubikasi kecil). Otomatis remapping & redesign dilakukan, dan sesuai hukum fisika, dgn kubikasi & level teknologi yg sama, kalo torsi digedein, tenaga yg terpaksa mesin turun max nya.

3. Eh, kok setelah diitung2, cost produksi klo PLEG pake level quality ori Thai ex CBR, ga bakalan ketemu sm target harga jualnya ya ? Wajarlah motor 35 jt mau dijual 22 jt, emangnya harga fairing 13 jt, lol ?? Juga mesti menyesuaikan harga spareparts nya nanti, bisa mencret klo pake list harga CBR. Mau ga mau, kualitas material yg digunakan juga harus “DISESUAIKAN” alias downgrade.

4. Ya kalo mesin udah didowngrade, mau ga mau tuning mesin jg harus menyesuaikan donk, ga mungkin maksa setara dgn yg kualitas material lebih tinggi ? So strike two, makin mencret deh max power na.

5. Eh pas mau diterapkan, ternyata bagian sales ngotot klo mesin DOHC overbore high compression mesti bisa minum bensin subsidi ?? Strike threee, you’re OUT !! Tuning mesin semakin melorot dr level yg sesungguhnya bisa dicapai.

So, inilah jadinya, mesin DOHC gadungan yg ternyata downgrade dr ori Thai nya, max power masih KALAH sama mesin SOHC overstroke yg katanya turunan bebek itoe. :lol:

Mana yg kemarin teriak2 superioritas DOHC overbore ? Liat2 dulu om kasusnya, jangan main gebyah uyah sama rata sama rasa, ada harga ada barang. :lol:

59. brigade jalan raya - Januari 13, 2013

Nice info :)

60. belalang tempur - Januari 13, 2013

Sing tuku meneng sing gak tuku malah nyocot..

61. satriamotor - Januari 13, 2013

emang mau ngebut dimana tho??? wkwkwkwkwkk

ijin nitip lapak
http://satriamtr.blogspot.com/2013/01/serasa-naik-ninja-zx6r-636-beneran.html

62. ron -www.dietsimpel.com- - Januari 13, 2013

mungkin loses CBSF dr engine ke roda besar.
dr crank–front gear –rantai–rear gear–rear axle–ban…
masing2 bagian punya level of loses. makin besar loses, makin turun power terukur di ban..
(IMHO)

- http://www.dietsimpel.com -

63. komeng - Januari 13, 2013

yang lain jelas makin ketinggalan….
hahahaha….

64. komeng - Januari 13, 2013

dimana2 motor recing menang, lawan motor bwt pergi kpasar….
hahahahahahaaa……
#motorkw2kokberani2nyalawanadiknyaYZRR1

65. lovemybike - Januari 13, 2013

mas tri mau tanya nih,,, sebenernya kalo ganti ukuran ban,,,, apa iya hasil dyno bisa berubah? kog selama ini yang ane baca2 ya… ukuran ban itu ga berpengaruh ke dyno… tapi lebih berpengaruh secara real di lapangan,,, emang kerasa sih kalo ganti ukuran ban lebih gede akselerasi bakal berkurang, karena momen awal buat narik motor biar jalan itu yang bikin akselerasi menurun (tau sendiri kan di rpm bawah itu tenaga motor masih rendah, jadi pastilah ban lebih gede efek ke akselerasi awal)

kalo ini bisa terjawab sebenernya logis juga hasil yang dipaparkan otomotif… yang jelas dari hasil otomotif, ketika mencapai di jarak tertentu,,, selisih waktu antara cb ama vixy ini konstan bahkan ada yang berkurang,,, membuktikan bahwa vixy cuma kalah di momen awal tarikan aja, setelah sama-sama jalan,,, gap nya ga melebar, tapi cenderung berkurang (IMHO lowh)

cuma mungkin ane agak kurang ilmu aja, jadi ga bisa membahasnya lebih detail :D

66. star kid - Januari 13, 2013

tes dyno ini motor dalam kondisi statis ya, alias diam dan digas doank……
maybe kalo tes nya dinamis alias bergerak bin jalan beda lagi…..

67. lovemybike - Januari 13, 2013

ralat^

bukan cenderung menurun tapi cenderung konstan

ntar dak disangka ga fakta,,, karena di 0-200 gap nya naik, sementara di 0-400 gapnya menurun, faktor kondisi ini mah, hihihi

0-100 selisih 0,1 detik
0-200m selisih 0,3 detik
0-400 m selisih 0,2 detik

gap nya ga melebar, intinya seperti itu :D

68. ajie - Januari 13, 2013

cbsf dirancang utk ngalahin old vixion, eh taunya yimm ngeluarin nvl..

69. pemerhati - Januari 13, 2013

Wis dijajal langsung saja selepas lampu merah di jalan-jalan kota yang masih mayan sepi, siapa yang bakal unggul. Kalau saya masih pegang CB. Silakan yang sudah pada punya segera diadu, semakin banyak fakta lapangan, itu nanti yang akan jadi patokan konsumen.

70. tob4to - Januari 13, 2013

Wis… Mongtor bujuk2an iki..
Ojo d tuku, gak keren, karat, boyos..

71. telezz - Januari 13, 2013

nvl emang juos

72. bohay - Januari 13, 2013

pada ribut2 ngapain she,,, untungnya bwat kalian ape???

73. akang - Januari 13, 2013

Kalau mau menghancurkan pimimpin pasar… Jangan setengah2… Salam tutup jendol…

74. den bagus - Januari 13, 2013

Dohc abal-abal

75. sean - Januari 13, 2013

Dengan power yang sama, overbore akanmendapatkan speed lebih tinggi dari overstroke. Hal ini terjadi karena powerband yang didapatkan jauh lebih luas.

Analisa ringannya. Power NVL didapatkan pada RPM 8200an. Di angka tersebut sulit rasanya untuk mesin berkonfigurasi oberstroke untuk mengail RPM lebih tinggi. Dapat dilihat di video mas iwan.

Namun Overbore akan mudah mendaparkan kitiran RPM lebih tinggi walaupun power maksimal sudah didadpatkan di RPM 10200an. Apalagi kalau CB150R dengan long ratio gear sudah shifting gigi 6 yang notabene bukan overdrive. Speed yang akan didapatkan menjadi lebih tinggi.

76. Semoet Woyo Woyo - Januari 13, 2013

sek apik nvl coyyyyy ,

77. jaos_konsumen biasa - Januari 13, 2013

@75
sempakat………….dgn speedo ngaco si dohc abal2 dapat topspeed JAUH lebih tinggi drpd si overstroke, sekitar 2-3 kpj.

*hahahahahahahah

78. embuh - Januari 13, 2013

wow ,,,, alamat di jalan bakalan betot-betotan gas antara nvl dan cb sf …… cape dech

*salam ojek

79. Daratrisna Aja - Januari 13, 2013

75. sean – Januari 13, 2013
Apalagi kalau CB150R dengan long ratio gear sudah shifting gigi 6 yang notabene bukan overdrive. Speed yang akan didapatkan menjadi lebih tinggi.
——————————-

Berarti mesti diedit yaa artikel otomotif
http://motorplus.otomotifnet.com/read/2013/01/04/337373/38/13/Test-Ride-Honda-CB150R-StreetFire-Tetap-Responsif-
——————————-
Oiya, gigi 6 pada motor ini lebih diperuntukan sebagai over drive saja. Nafasnya sangat panjang diperuntukan untuk menghemat BBM pada kecepatan tinggi.
——————————-

Mesti dihapus tuh kalimat… xixixi… speed dah ga naek2 lagi

80. gunawanspurs - Januari 13, 2013

67. lovemybike – Januari 13, 2013

ralat^

bukan cenderung menurun tapi cenderung konstan

ntar dak disangka ga fakta,,, karena di 0-200 gap nya naik, sementara di 0-400 gapnya menurun, faktor kondisi ini mah, hihihi

0-100 selisih 0,1 detik
0-200m selisih 0,3 detik
0-400 m selisih 0,2 detik

gap nya ga melebar, intinya seperti itu

==========================

mmg banyak yg mempertanyakan, kok mesin DOHC gadungan yg terbukti kalah powerful vs SOHC na bebek, fakta lapangan membuktikan klo tarikannya lebih ganas dibanding si mesin overstroke yg lebih dahsyat torsi nya ?

IMHO, itu bisa dijelaskan dgn penjelasan sbb:

1. Mesin DOHC ovebore ini mmg sudah disetting agar lebih torquey (terbukti max torque lebih tinggi dibanding si ori CBR 150R), wlwpun mmg max power jauh lebih drop dbanding kakaknya tsb.

2. Ban cungkring yg sangat menolong mengurangi power loss gesekan k permukaan jalan.

3. Dan yg menurut ane paling signifikan, gearbox 6 speed dgn konfigurasi gear ratio & sproket ratio yg dibikin close alias rapat serta ENTENG.

Itu tergambar cukup jelas pada data yg sampeyan sampaikan:

1. 0-100 m, torsi dahsyat SOHC keliatan, tp shifting NVL cuma 1-2, sedangkan si Cibie bisa 1-2-3, shg bisa menggapai speed lebih tinggi pd jarak tsb

2. 0-200 m, torsi udah semakin imbang, tapi rasio Cibie masih lebih enteng dan tinggi shg jarak malah semakin unggul

3. 0-400 m, nah di sinilah NVL balik mulai mengejar, krn udah sama2 mentok top gear, final gear ratio nya seimbang, maka max power lah yg bicara. Sesuai data dr facebook tester otomotif, top speed NVL 132 KPJ, Cibie 135 KPJ, dgn penyimpangan speedo Cibie yg lebih gede (sesuai data bbrapa blogger), bisa dikatakan top speed nya sama aja, shg jarak malah MEMENDEK alias jadi SEIMBANG.

Inilah efek mesih DOHC gadungan spekdown & tuned down, jadinya cuma gahar dari sisi tampilan doank, tp ternyata performa top end bisa diimbangi sama si SOHC overstroke turunan bebek. :lol:

81. yonas - Januari 13, 2013

penyesuaian kualitas bbm dalam negri. itu sebabnya yamaha ogah dohc, di klas 150cc mayoritas konsumen masih pakai bbm subsidi dan spbu di kampung2 masih ada yg nakal2 serta jarang bersiin tangki sehingga bbm tercemar. bisa bikin mesin dohc penyakitan, service nya jadi mahal. gak cocoklah buat klas 150cc ekonomi. udah bener sohc + upgrade fitur daripada dohc + downgrade fitur.

82. Daratrisna Aja - Januari 13, 2013

@80. gunawanspurs – Januari 13, 2013
Setuju.. banyak faktor tuh… apalagi hari pengujian juga beda… cuaca juga ngaruh kan….
Tuh data kan ntar ama tabloid otomotif juga ga dipake ,,, Semua motor bakal di test ulang lagi di akhir tahun di Sentul buat MPAA…
hari yg sama, tempat yg sama dan tester yg sama..

83. lugupol - Januari 13, 2013

mantebs,sebaiknya sales minggir dulu…,khusus bagi yang punya ilmu permesinan…

84. Motorseo - Januari 13, 2013

NVL keren ternyata… hmmm gimana nih AHM,, moga di edisi CB150R part2 bisa lebih baik.. semoga :-)

85. Trisna Ariwibawa - Januari 13, 2013

Downgrade dr cbr mungkin..
http://trexton.wordpress.com

86. thole - Januari 13, 2013

DOHC mang cool, tapi kalo dohc nya cb konde ya mikir2 lagi deh

87. edi - Januari 13, 2013

Bila pemakaian ban pd cibi & NVL sama ukurannya… maka dipastikan mulai dr akselerasi smp top speed NVL unggul dibanding cibi150…..

88. FB YH - Januari 13, 2013

Lagi pula kalau mau kenceng kenapa engga ambil Kawasaki Ninja 150R aja sih daripada Honda CB150R? Cuma kalah di speedometer masih analog dan nambah 1 jutaan (beda sejuta gak begitu terasa kok, apalagi kredit). Tampang ganteng ninin jauh. Dijamin anda paling kenceng dan keren se-kecamatan.

Kalau kekeuh pada pilihan NVL atau CB, ya mending cari yang paling gantenglah. Secara mesin sudah sama kemampuannya. Jangan nyari yang kenceng kalau pilihannya NVL atau CB! Gak ada! Ninja kalau mau kencang!

“Ninja tapi kan boros..” Boros? lihat mas power yang dihasilkannya. 30 PS kalau 4 tak itu butuh >250cc. Kubrikasi sebesar itu boros juga gak? Jadi ya selaras alias podo wae.

“Ninja ngebul, gak ramah lingkungan” Lihat brosur mas, Ninja sudah euro 2. Banyak kok motor 4 tak yang aslinya ramah lingkungan tapi di oprek dan malah bisa2 jadi gak lolos euro. Kalau knalpot masih standar, Ninja suaranya kalem dan gak ngebul

Simple toh?

Ganteng —> NVL, Ninja
Kenceng —> Ninja
Korban iklan —> CB
:D

Sorry guys, saya hanya bicara fakta dan uneg2 dari hati nurani terdalam karena melihat ocehan FB-FB koplak

89. cronos - Januari 13, 2013

Prediksi : cbsf Dohc spek down abis2an, rangka karatan, ban std, buyernya kmungkinan bsar newbie di segmen motorsport, pasti seru nih nanti yg pada nafsu betot2an d jalan raya vs nvl, fu, old vixi byson, nmp, pulsar, dan pasukan matic 125cc..tetep safety ilegal racing ya bro2 sekalian..he3

90. Haji Muhidin as known as 'psy' - Januari 13, 2013

betul

91. uJang_Ga2HH - Januari 13, 2013

Forged piston + diasyl cylinder vs dohc secara value seharusnya draw, tp power dohc kalah… wah operpret lg kah?…..

92. dewadieja - Januari 13, 2013

Jangankan cs1,lha wong vega zr milikku aja bisa ngalahin old vixion standar kok…..

(tapi kalo vixion standarnya dah dinaikkan…gantian vega zr.ku yang tak standarin :mrgreen: )

93. joko - Januari 13, 2013

88. FB YH – Januari 13, 2013
——–
mantep komentarnya…
kenceng –> ninja
keren dan irit –>new Vixion
korban iklan dan doktrin nenek moyang –> cb150 :D

94. dewadieja - Januari 13, 2013

Jangankan NVL n CB 150R…..lha ki demang n tumenggung milik gus tri berani tak jabanin kok pake vega zr miliku,asal masih sama2 standar…

lha nek standar.e dah sama2 dinaikkan…yo aku mung tinggal ndlongop…mloweh…mlongo… :mrgreen:

95. marshall - Januari 13, 2013

Mantab diskusinya, hal yg ga akan pernah terjadi kalo mayoritas yg komen adalah sales, apalagi fbh, sekali lg fbh loh yah, bukan berarti yg punya honda termasuk fbh….

Dohc mmang lebih advance dan superior, tp dohc batangan 150cc 22,3 juta ????

lah yg 33 jt lebih aja dr segi performa ga terlalu wow koq, ini yg cm 22,3 jt masak mau WOW….

96. Bias_72 - Januari 13, 2013

Juossss…nambah pengetahuan nich…Suwun Mas Tri…., Lanjuuuuuttt….

97. gogo - Januari 13, 2013

pernah coba2 rubah mapping cdi di CBR old modif ane, hasilnya beda map bisa beda sampai 1,3 dk di mesin dyno.

98. tolet teblum - Januari 13, 2013

mau nanya bin ngawur…
CS1 itu masuk ke segmen sport atau ngga sih?
soalnya katanya cross over tapi kok masuknya ke sport ya?

99. firman - Januari 13, 2013

Data Akselerasi CB150R (Tabloid OTOMOTIF)
0-60 km/jam: 3,8 detik
0-80 km/jam: 6,8 detik
0-100 km/jam: 11,7 detik
0-100 meter: 7 detik
0-201 meter: 11 detik
0-402 meter: 18,2 detik

Data Akselerasi Vixion Lightning (Tabloid OTOMOTIF)
0-60 km/jam: 4,1 detik
0-80 km/jam: 7,1 detik
0-100 km/jam: 13,1 detik
0-100 meter: 7,1 detik
0-201 meter: 11,3 detik
0-402 meter: 18,4 detik

kalo diteruskan apa cb terkejar? ini kebalikan teori overbored. sungguh terlalu AHM, kenapa torsinya malah naek tp powernya turun, AHM PAYAHHHHH

100. erick - Januari 13, 2013

Data Akselerasi CB150R (Tabloid OTOMOTIF)
0-60 km/jam: 3,8 detik
0-80 km/jam: 6,8 detik
0-100 km/jam: 11,7 detik
0-100 meter: 7 detik
0-201 meter: 11 detik
0-402 meter: 18,2 detik

Data Akselerasi Vixion Lightning (Tabloid OTOMOTIF)
0-60 km/jam: 4,1 detik
0-80 km/jam: 7,1 detik
0-100 km/jam: 13,1 detik
0-100 meter: 7,1 detik
0-201 meter: 11,3 detik
0-402 meter: 18,4 detik
kalo tu vixion pakek sama ama cibi pasti menang…..

101. ivan - Januari 13, 2013

yow inti.e onok rego onok rup0. . . . .

102. ivan - Januari 13, 2013

jadi keinget dulu pernah baca artikel salah satu blogger. . .

”jangan mengharapkn yg berlebih dr DOHC teralis”

dlu ane kira bloggernya mengada-ada krn mungkin dy diphak kompetitor. . .

Y0w inti 0n0k reg0 0n0k rup0. . .cz reg0 0ra mbujuk.i

103. Zizhou - Januari 13, 2013

Kalo ada artikel CB150 kalah ma NVL pada hebohnya minta ampun, pdhl sebaliknya kalo ada artikel NVL kalah ma CB150 paling cm pada bilang “wajar lah SOHC psti kalah ma DOHC…” pdhl harganya aja mahalan NVL overprett. Kasian org2 di negara kita cm dibodohi ma org2 jepang..

104. ngetes aja - Januari 13, 2013

@Jaos

Kalo debat jgan disini, selain ai bisa dikeroyok sm komentator yg kebanyakan fby, ai bisa dikeroyok sm yg punya blogger jg. Main ke tempat yg netral yu ah, udah lama nih ai ga skakmat ente.xixixi,…

105. aduh kena - Januari 13, 2013

@ ngetes aja . hahah yg punya warung kaca nya mata nya cuma 1 seh wkwkkw

106. d361 - Januari 13, 2013

@Atas gw
yg pnya warung ngmg pk data n video masih aja disalahin
dasar sales katro!!!

107. Kenapa kok CB150R on dyno… kalah dari NVL …??? Kok jauh dibandingkan CBR150R …??? « solehan hans - Januari 14, 2013
108. Mbelgedhess - Januari 14, 2013

104. aduh kena – Januari 13, 2013

@ ngetes aja . hahah yg punya warung kaca nya mata nya cuma 1 seh wkwkkw
========================================================

HAYYAAAHHHHHH SING DUWE WARUNG DI BECE…….EMANGNYE ADA YANG SALAH AMA WARUNG INI? NGUNGKAP FAKTA YO GA PAPA, KLO GAK SEPENDAPAT SAMA ISI ARTIKEL YO RA USAH BECE WARUNG…..SAMPAIKAN PENDAPAT…..ANE KADANG JUGA BERSEBERANGAN FINE2 AJE KOK……..

MEMANG ADA JUGA SIH DI SUATU WARUNG TETANGGA YANG SENSI…….ISI ARTIKEL NGELEDEKIN SESUATU TAPI KLO ADU ARGUMEN N DISINDIR NGAMBEK…..ALESAN ANE PAKE KEPSLOK :mrgreen:

109. dona - Januari 14, 2013

Kalah jamu juragan… krn dipaksa minum PREMIUM

110. Roy (X-Road Wannabe - Trellis Edition) - Januari 14, 2013

43. jaos_konsumen biasa – Januari 13, 2013
kalo memang sdh diretarded pengapiannya, ya mau diisi fuel yg RON di atas 88 tetap aja lemott….

sama dgn fbh yg jarang melatih otak mereka, mau dikasi bahan2 yg bisa bikin cerdas pun, kalo settingannya ‘terbelakang’ tetap aja bloon dan menularkan kebloonan.

*hahahaahahahahah
————————————————————————————
bloon itu setting by default… mw di oprek biar pinter jadi overheat n kepala geter2 hebat… rambut2 nya pada rontok…

dari pada otak meleleh karena overheat makanya pake setting default… bloon gak ketulungan…

*hahahahahahahaah

111. Ortega - Januari 14, 2013

104. aduh kena – Januari 13, 2013

@ ngetes aja . hahah yg punya warung kaca nya mata nya cuma 1 seh wkwkkw

====
Dasar sales katrok. Takut jualanya ga laku apa ya?????

112. mariodevan - Januari 14, 2013

aneh bin ajaib….awas ntr muncul teori konspirasi dynonya di bajak FBY :D

http://mariodevan.wordpress.com/2013/01/14/analisis-strategi-mio-gt-menggoyang-kedigdayaan-beat/

113. jaos_konsumen biasa - Januari 14, 2013

@109 roy
seharusnya timing pengapian si cocotbacot jgn dirubah2, tapi yg namanya pembloonan otomotif……..ya harus spy bisa bacot “premium ready”.

seperti yg selalu saya sampaikan di lain tempat (para fbh harap baca ini) penjualan honprett HARUS ditopang dgn pengibulan dan pembloonan………apapun itu (cnth sdh terlalu buanyakk). Dgn demikian…konsumen2 yg masih bloon tetap di’proteksi’ sebagai zona pengaman MS terbesar yg SUKAR dijamah pabrikan non honprett yg SELALU INGIN MEMBERI EDUKASI soal otomotif.

sekarang apakah konsumen2 cerdas di segmen ini mampu ditipu sama si honprett? Kita lihat saja, semua HARUS DIUJI, biar semakin matang dan kuat.

*hahahahahahhaah

114. Cuda Barac - Januari 14, 2013

Gaung DOHC punya Honda bakal redup nih, pindah ke Gaungnya DOHC pabrikan laen

115. Roy (X-Road Wannabe - Trellis Edition) - Januari 14, 2013

@jaos

yups… sama seperti para kutang yang koar2 Cast Piston sama canggih nya dengan Forged Piston, beberapa karena saking pintarnya koar2 kalo piston nya lebih kuat dari Forged Piston…

paling pintar… pintar ngibul…

eniwei… para kutang bloon by default… hey… I like that…
:lol: :mrgreen:

116. survey - Januari 14, 2013
117. wiwiadiwibowo - Januari 14, 2013
118. jibrut - Januari 14, 2013

mencret dah tuh mesin DOHC abal-abal

119. my sun - Januari 14, 2013

uda di uji yaa? mungkin ada beberapa hal yang menjadi perhitungan kenapa hrs kalah dari NVL.. jelas CBR150r lebih dasyatt toh beda harga kali yaa.. jd tergantung pengguna aja. pas di test mana yang lebih baik.. gampang toh.. jadi gak takut beli motor kalau kita sendiri yang buktiin.

120. Neo - Januari 14, 2013

Dibeberapa video youtube (dibahas juga di blog mana yah… lupa), diadaain drag beberapa motor sport di India, temasuk NVL versi sport, yaitu R15 & CBR150R. Beberapa kali drag, CBR kalah ama R15 (yang masih SOHC). Nggak tau mana yang SOMETHING-WRONG, jokinya atau CBR-nya.

121. har - Januari 14, 2013

kang3, saya kok jadi bingung; jika posisi pengapian semakin retard nilai RON bahan bakar kok malah turun????
Saya asumsikan begini: misal motor mempunyai Compressed Ratio 11:1, idealnya memakai RON 95, jika memakai bahan bakar RON kurang dari 95 maka pengapian harus advanced untuk menghindari ledakan liar akibat over high compressed ( semakin rendah nilai RON maka kompresi titik ledak juga semakin rendah atau RON 88 lebih rendah titik ledaknya dibanding RON 89).
Maka umumnya CR tinggi agar bisa minum premium disiasati dengan memajukan pengapian ( tetapi efek domino-nya power yang keluar akan rendah akibat energi tendangan ledakan bahan bakar sebagian dilawan oleh gerakan piston yang harus TMA dulu)

122. gunawanspurs - Januari 15, 2013

118. har – Januari 14, 2013

kang3, saya kok jadi bingung; jika posisi pengapian semakin retard nilai RON bahan bakar kok malah turun????
Saya asumsikan begini: misal motor mempunyai Compressed Ratio 11:1, idealnya memakai RON 95, jika memakai bahan bakar RON kurang dari 95 maka pengapian harus advanced untuk menghindari ledakan liar akibat over high compressed ( semakin rendah nilai RON maka kompresi titik ledak juga semakin rendah atau RON 88 lebih rendah titik ledaknya dibanding RON 89).
Maka umumnya CR tinggi agar bisa minum premium disiasati dengan memajukan pengapian ( tetapi efek domino-nya power yang keluar akan rendah akibat energi tendangan ledakan bahan bakar sebagian dilawan oleh gerakan piston yang harus TMA dulu)

=========================

Logika sy jg begitu kang, mungkin yg lebih faham ttg mesin/engineering bisa bantu menjelaskan ? :)

Timing pengapian mesti MAJU alias advanced, tapi efeknya mesin jadi RETARDED alias melempem tenaganya, trade off aja dr setting pengapian menyiasati tingkat kompresi mesin vs RON bbm yg digunakan, CMIIW.

123. doni - Januari 15, 2013

FAKTA DILAPANGAN

VIXION SOHC 120 KPJ ON SPEEDO MENTOK BODY GETER

CB150SF DOHC KEREN 185KPJ BELUM MENTOK

HARI GINI MASIH PAKE SOHC?

DOHC = KEREN

SOHC = PAYAH

124. Raito yagami - Januari 15, 2013

Kompresi tinggi, performa segitu aja,rangka pgr.wesi juelek trun harga ae 15 jotu ben kepayu SALAM DONUT

125. wiwin - Januari 15, 2013

atas gw…SALES KALAP….wkkwkwkwkkwkwk , sabar koh tar dapat sakit jantung..

126. samber nyowo - Januari 15, 2013
127. qwerty - Januari 15, 2013

Semakin jelas jadinya…!

128. 24 Juta! Memang Old CBR 150 Lebih Reralistis Ketimbang New CB 150R Bagi Para Spped Lovers « Bonsai Biker - Januari 16, 2013

[...] HP di Dyno,sementara di angka ini juga bercokol HPnya V-ixion baru aka NVL seperti diulas diwarung juragan Rondo ini. Jelasanya bagi para speed lover ternyata mebeli CB 150 R belumlah begitu memuaskan untuk [...]

129. z.munji - Januari 16, 2013

bapa2 ,aparat ,wong ndeso yg suka ngebut silakan pake CB dan siap2 part pasti lebih mahal
,kalo anak muda ,intelek,n suka modif, irit dan keren pake NVL ,gitu aj ko repot

130. initialD - Januari 16, 2013

ehem menang berapa dk sih :) , 0, sekian , wajar aja kan downgrade , tp yakin di jalan bisa ngebuli cbst ? , powerband cb yg panjang akan membuat kerepotan setelah nvl melewati 8000 rpm :D

131. masdiisya - Januari 16, 2013

payah deh..sudah disuguhin data masih aja ngeyel….pada sekolah gak sih!?…
dari data terlihat …pada 402 m..selisih waktu cuma 0,2 detik…tau gak arti 0,2 detik itu secapat apa? Kalo anda pembalap drag professional, sudah jual sawah dan rumah buat balap drag, beda 0,2 detik sudah pasti dinyatakan menang. Lah ini buat konsumsi harian???
Jadi, dohc emang keren…teknologi terkini dari sohc…tapi penerapan teknologi juga punya batasan tersendiri. Kalo bicara teknologi iya. Tapi bicara dohc di Cbr150 sama sohc di NVL? Sama aja lah…
Mau kemana sih beda 0,2 detik???? Meleng dikit aja sudah sama waktunya…hadeh….anak muda-anak muda…darahnya selalu bergejolak….jadi ingat bung Rhoma :mrgreen:

132. Anto - Januari 16, 2013

Ini yang pada ribut paling juga ga beli :D

133. Waw - Januari 17, 2013

yang biasa hilir mudik di kota, pilih NVL, tarikan ringan(apalagi pake throte assint,) bensin juga irit
yg biasa jalan 80kpj++ lintas kota lintas provinsi pilih cb150r, rpm atas enak, bensin rada boros
ok sip

134. mr B - Januari 18, 2013

wah dah boros pelan lg… wah milih yg irit banter ahhhh… ^^v

135. andi75 - Januari 21, 2013

iklan CB 150 selalu menonjolkan DOHC dan 6 speednya,ternyata mesin DOHC nya juga gak beda jauh kemampuannya dengan SOHC,yah mending pilih SOHC.skrg konsumen udh pinter gak bisa lagi dibodoh -bodohin pabrik.
memang AHM kelewatan cbr 150 di india dan thailand di banderol 25 jt ,masuk ke indonesia jd 35 jt.kl jaman belum ada internet ,konsumen bisa dibodohin tp jaman sekarang info gampang didapet.kl AHM harga jual produknya tinggi jangan jual ke indonesia,jual aja ke kutub utara sana.

136. mr.black - Januari 21, 2013

motor sport keluaran honda kenapa yah modelnya gak eye catching.mega pro,tiger,verza dll cocok untuk ngojek!!apalagi DOHC rombengan tuh
makanya jualan tuh harga jngn tinggi-tinggi.

137. andie mksr - Januari 22, 2013

sales2 skrg pda gak waras x ea…brsaing hrs yg sehat. jgn saling ngejatuhkn bgtu,

138. amelju - Januari 24, 2013

kalo comster nvl masih oblag ga yah, ky vixie kk gue baru 2 tahun dah 2 kali ganti comster and 1 kali shockbreaker depan.

139. dueh - Januari 28, 2013

dohc tetap DOHC bukan Sohc… jadi double lebih mantaff dibanding single,, NVL mah ganti baju doankk

140. MARTIN - Maret 12, 2013

dohc lebih powerfull dari sohc….kalau ngak percaya buktikan sendiri kalau punya motornya……kiblat motor asia di THAILAND bukan di INDIEE …

141. mantab - April 29, 2013

Cma kaLah dr Scorpio kok..

142. tian - Mei 5, 2013

kenapa harga new honda cbr 150 lebih mahal di banding new honda cb 150r…..

143. bugzghost - Mei 16, 2013

gak usah pake banding dino, yang real komparasinya :) monggo di baca artikelnya hasil komparasi tabloid otomotif
http://andypierre.wordpress.com/2013/01/15/komparasi-akselerasi-honda-cb150r-vs-yamaha-new-vixion-revealed-tabloid-otomotif/


Tinggalkan Balasan

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 2.560 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: