Ket mbiyeeen,… wanita numpak jaran yooo ngangkaaang …!!! Januari 7, 2013
Posted by triatmono in Riding Skills.Tags: Khaulah binti Azur
trackback
Oalaaagh,… ket mbiyeeen aka dari dulu… yooo kalau mau numpak kuda… wanita arab yaaa kudu ngangkang …!!! Monggo saza dilihat photo diatas… yaaa seperti itu …!!! Sampeyan bisa bayangkan… lha wong kuda kuwi… lebar ‘jok’ nya… lebih lebar ketimbang misalnya jok motor bebek supra fit… sooo luwih ngangkang maneeegh …!!! Inget zaman Rasulullah SAW … seng jenenge pahlawan wanita Khaulah binti Azur yang piawai numpak kuda… sewaktu perang dengan kekaisaran Romawi… dengan tangkas sambil berkuda 3 orang musuh sekali kebas… yo kelengeeer …!!! Numpak nya yaaa wajar… opo numpak’e duduk nyamping thaaa … ???
Kalau yang numpak nyamping… yooo Valentino Rossi wae… itupun cuma celebration … mung kalau bawa skutik besok-besok … nunggang nya nyamping gini… bakalan ketilang nggak yaaagh …??? Anyway,… balik lageee ke bahasan… lha kalau wanita numpak jaran… di depan yoooo ngangkang… apa bedanya dengan duduk dibelakang ngangkang juga …??? Last,… bahasan ini fokus ke duduk ngangkang… bukan soal baju nya… yang nutup aurat… bukan juga soal muhrim atau nggak muhrim… !!!

















Pertamax
Petromax..
hi5. Bener om. .
Aturan yg aneh. .
betul..
Terima kasih atas konten dan info yg menarik dan menginspirasi….thk u
Sebaiknya yo ngangkang. Itu hal yang paling mendasar di saat kita naik kendaraan macam kuda dan motor.
Naik kuda pakai duduk menyamping, walah! Itu freestyle namanya. Wong kuda anjrut anjrutan jalannya. Bisa jingkrak lagi. Meski power hanya 1 HP doang. xixi
Kalau naik sepeda motor sport alias kuda besi istilahnya, bahaya
motor bisa anjrutan dan jingkrak juga. Malah powernya bisa sampai 10 HP. Tambah bahaya kan
Naik bebek besi alias motor underbone juga sama. Naik sepeda ontel dkk… juga sama
Cuma baik mobil gak masalah duduk menyamping
Berarti naik kendraan roda 2 (bukan roda 3, 4, & seterusnya) dan kendraan kaki 4 harus ngangkang pada dasarnya.
Jadi aturan yang menertibkan duduk agar menyamping jika naik motor roda 2 ya membahayakan pengendara, bukan freestyle GADUNGAN seperty saya
yang sudah terlatih bawa ibu ke pasar dan pengajian pakai duduk menyamping. wkwkwkwkwkwkwk
rosi josssssssssssssssss
Yang jelas peraturan ngeyel tersebut GAK ADA hubungannya dengan SYARIAT ISLAM …. Sepanjang perempuannya berpakaian sesuai syariat dan boncengan dengan muhrimnya…. ya gak apa-apa. Demi keselamatan ! (Trus kalo ada yang pake rok mini boncengan menyamping itu sesuai syari’at ya xi xi … Bukannya malah berpotensi “kliatan”) … Di zaman Rasulullah saw, perempuan naik onta atau kuda itu ngangkang ato nyamping hayo ???)
lihat gmbar duduk ngangkang ilustrasinya lekuk tubuh tertutupi dg gamis longgar …
sebaiknya ya gangkang aja , bencenger ane alias istri jga ngangkang padahal doi gak pernah lepas pakai gamis, harus disiasati doble pakai celana panjang & perlu diingat usahakaen jilbab/hijab gak nutupi stoplamp n lampu seind. KEEP SAFETY N NO AUROT in PUBLIC ……
(bener ra yo nulise piss gus)
Baca aja deh
Dibanding rider2 dibelakangnya, motor dan wearpack Rossi lebih rame akan tempelan sponsor
aneh2 wae indo iku kang
Ngangkang atau tidak ngangkang tergantung kebutuhan …..
buat yang belakang aza yang miring
yang depan tetap ngangkang
http://yudhadepp.blogspot.com/2013/01/motor-loe-konsumsi-premiummiskin.html?m=1
46 livery repsol…tahun ini livery nya apaan ya??
http://kommotor.com/video-valentino-rossi-welcome-home-vale/
yen iki yo jan bodo tenan. ojo gowo gowo jeneng islam lah.
Ini pernah gua tnya ke mbah duku dlm artikel’a ..
Zaman dlu itu cewe kalo dbonceng naik kuda/Onta duduk’a nyamping atau ngangkakng??
Cz ga mungkin juga lah atau mustahil juga waktu zaman Nabi Muhammad SAW cewe g pernah d bonceng naik itu hewan ..
yang penting tetap menutup aurat
maklum sing nggawe aturan tdk pernah pake motor… jdinya ya asal njeplak aj kalo ngmong.. intinya g safety lah.
ane vote tdk s7 dgn aturan tsb..
yang penting nutup aurat untuk muslim… selain dari itu ya monggo wae pake CD aja…
Ini adab etika sopan santun dari jaman victoria… Asalnya dari eropa…Coba di cek cara berkendara perempuan di eropa jaman itu
emang nyamping
http://www.angelpig.net/victorian/riding_sidesaddle1.jpg
Timur tengah, apalagi asia tengah yaa beda lagi…
India juga dulu ternyata beda … khusus mengendarai kuda juga ngangkang…
etika adab sopan santun peninggalan negara2 eropa
bukan masalah agama sih, dimana mana gamis panjang duduknya ngangkang kok, ini masalah norma kesopanan di sana
katanya ngangkang jelek, termasuk pengaruh feodalisasi, sama kek raja raja di tanah jawa, yang dulunya cinta rakyat, sekarang pake kasta kastaan, jadilah pengaruh feodalisasi
jadi patut di catet, budaya aneh aneh bukan asli dari indonesia, tapi dari negara penjajah, dulu bangsa kita sangat open sama budaya dan peradaban dari luar, sejak pengaruh penjajahan yang ratusan tahun, jadi lah pengaruh feodal melalui raja raja, cendekiawan, sesepuh, dsb di rasuki pikiranya agar menutup pengaruh asing dan pemikiran kritis, ujung ujungnya kaya gini, bukan budaya asli di klaim budaya leluhur, mana sih yang masih pake bahasa jawa kuno? rata rata pake kromo ingil, mana sih yang pake budaya leluhur asli? hampir hilang, yang punya budaya asli ya suku suku pedalaman yang bener bener masi menjaga, dan mereka lebih baik, dari penjaga budaya asling yang di klaim budaya leluhur
sekali lagi, indonesia uda kena jajahan, bahkan sampe sekarang, bukinya, kerja pake rog, sama celana kain, ga pedulu dia bikers, atau pekerja keras, harus rapih,dari sapa? dari bule lah
makanya bro, kita harus mengalli kearifan lokal murni indonesia kembali, jadi yang uda kesentuh budaya feodal, pantas di tinggalkan, demi apa? demi negara kita, kearifan budaya kita, dsb
sekarang jaman lelucon pake bahasa daerah kan? contoh bahasa jawa, sunda, batak, dll, di klaim sebagai bahasa katrok, malah bahasa dari bahasa daerah, di anggap paling katrok dan pantas di ketawain,
liat masa lalu 20-30 tahunan lah, bahasa ginian di pake buat lelucon juga, tapi bukan memberikan cirikhas kesan katrok, udik, dll, justru ada kesan bahasa ini cuma cirikhas mereka, bahan ketawaan ya tetep pake otak
kaya warkop DKI
dono dengan logat jawa yang kental waktu jadi slamet
kasino tetep ngota, waktu jadi sarwani
indro sebagai paijo pake bahasa khas banyumasan
nanu pake bahasa batak
mereka ga jadin bahasa mereka sebagai sarana lelucon, cuma sebagai identitas mereka selaku seseorang yang asalnya dari betawi, klaten, batak, dan purbalingga
nah loh
atau di era warkop baru
indro pake bahasa dan logat apa aja,
kasini pake logat sok gaul, tapi tetep kasih cirikhas kebumen
dono pake logat jawa kental khas klaten
tapi apa coba? apa ada bahan lelucon di bahasa mereka? hampir ga ada, dan omongan mereka bukan bahan lelucon, justru leluconya di kisah banyolan mereka sendiri
balik lagi
paling tuh yang bikin peraturan lagi mau ada pemilihan bupati atau gubernur, jadi bikin peraturan demi cari kontrovesi
Yang buat aturan biasa naik mobil. . .
Lagian latah,ikut”an Aceh Barat,wanita dilarang pake celana. . .
woh… iyo… pinter juragan iki…
kwkwkwkwkw……..kayaknya mas Tri gregetan banget neh sama yg buat peraturan itu……gini aja yg buat peraturan itu(mbonceng miring) mas Tri ajak touring terus suruh mboceng miring dia sekali2 diajak ngebut….hehe… mungkin dengan cara ini dia bakalan ngerti apa itu aman berkendara…!!!!
baru semalem ane bincang2 sama keluarga tentang perda yang satu ini dan kaitannya dengan wanita arab yang jadi pejuang di zaman nabi, eh pagi ini dh ada artikelnya. mantaab~
yg jd masalah kan bukan ngangkangnyah, tp hrsnya pakaian yg ngangkang tsb..
lagian aturan islam itu diliat dr manfaat ama mudorotnya..
kl diliat n di telaah, boncengan miring itu banyak sekali mudorotnya dibanding manfaatnya..
wallahua’alm……
istri saya juga slalu saya suruh duduk ngangkang walopun tiap hari slalu pake gamis/rok panjang n slalu pake double clana panjang, karna klo duduk nyamping rasanya motor jadi gak balance
lama2 nanti di negara aceh, wanita gak boleh naik kendaraan sendiri (niru pada kebijakan diluar sono noohh…)
lha wong sekarang di negara aceh gak boleh pake jin…..eh salah…bukan jin….tp celana jeans (kalo pake jin dimana aja juga gak boleh…xixixixix)
owh…..
BUKANYA DARI DULU JUGA KALO NAIK KUDA BERDUA JG PADA NGANGKANG SMUA..EMANGNYA 1 NGANGKANG YG SATUNYA DUDUK NYAMPING????…..
ngangkang itu enak tapi haram..
makanya dilarang.. hehehe
KLO NUMPAK JARAN NGANGKANG TAPI PAKE PAKEAN HIJAB PUANJANG YA GAK NYALAHIN SYAR’I…TAPI KLO PAKAIAN BEGITU DITERAPKAN MAKE SKUTIK ATO MOTOR YA JADI FAIL…
PERASAAN BEDA KASUS… KAN KASUSNYA CEWEK DIBONCENG NGANGKANG BUKAN JADI RIDER NGANGKANG……..KLO CEWEK MO PAKE HIJAB N NAIK MOTOR YA PILIH SKUTIK ATO BEBEK YANG UKURANNYA SESUAI AMA UKURAN BADANNYA, BADAN 140CM MO NAIK WARIO ATU JUPIE MX…..YO NGANGKAAANGGGG…FAILL,,,,PILIH YG SEUKURAN
YANG UDAH HAJI ATO UMROH ATO WISATA JALAN2x KE ARAB ADA YANG PERNAH LIAT CEWEK NAIK ONTA PAKE GINI? MO NGANGKANG MO SILA MO NYAMPING SEMUA KETUTUP
KLO JAMAN DULU KEMBANG2x YA DULUNYA PAKE KAIN
http://3.bp.blogspot.com/_HPdGhbcvpHQ/SfiV3qn6LAI/AAAAAAAABkc/QY6OWjTCq7Y/s320/DSC01466.jpg
KLO PAKE SKUTIK ATO VESPA BONCENGER CEWEKNYA DUDUK NYAMPING BERLAWANAN AMA MESIN ATO GIRBOX JUGA LEBIH IMBANG JADINYA, LEBIH SAFE YA THOO
YANG BEBEK ATO MOTOR COWOK, HARUS BIKIN DUDUKAN BOX YANG ADA ENGSELNYA, JADI BOX BARANG KLO DIPAKE SINGLE, LETAKNYA NORMAL DIBELAKANG RIDER, KLO ADA BONCENGER CEWEK, BOXNYA DIGESER KE SAMPING, CEWEK BONCENGER DUDUK NYAMPING BERLAWANAN BOX YANG DIGESR KESAMPING….JADI BALANCE THO
aturan kebablasan…..cuman wong pekok sing gawe aturan koyo kuwi
handling kudanya mantab… pake satu tangan, tangan yang satunya libaz musuh… oye…
http://wawwiwiwaw.blogspot.com/2013/01/riding-feeling-mio-fino-test-ride-review.html
jane intinya pakaian mesti menutup aurat
mo nyamping, mo ngangkang, dah gak ada hubungannya dengan aturan agama
justru daripada mbonceng ngangkang, lebih keliatan aurat kalo naik becak ngangkang
iki salahe mio sporty, soale cewek kalo dibonceng motor iki ngangkange diliat dari belakang bikin piktor (pikiran kotor)
mungkin ben susu ne ora nempel nang punggunge tukang ojeg angger ngerem ndadag.. rapopo lah sakkarepe wong aceh ae, ra urus!
Ahihihiiiii…geli juga baca artkelna om 3 (three), ngebayangin jg klo naik motor semua pd nyamping baik driver ma boncenger…Indonesia bakal banyak Free-Stylerist….:-D.
Sing penting klambi e yo kudu sopan biarpun ngangkang SALAM DET NOT
CERDAS!!
aceh aneh2 ae
Mantabs, artikel yang cerdas dari Mas 3
perasaaan di daerah ane dari jaman 45 orang bonceng ngangkang hampir jarang bin “gak pernah” ane lihat adanya tindakan pelecehan sumbernya dari cara boncengan ngangkang,, ane kira sifat laki-laki di sini sama sono gak jauh beda, apa perlu meninggalkan fator keselamatan cuman demi “mendidik” masalah yang erkaitan dengan norma kesopanan??..
bonceng ngangk4ng pake jubah superman. gak bakal ditilang, kan gak bikin x
kudanya merangsang tuh….
http://blogsiluman.wordpress.com/2013/01/07/ibu-ini-adalah-jin-islam-wanita-yang-menjadi-ratu-pada-alam-jin-di-pantai-selatan/
opo enggane kon deke’i sari guard yen mbonceng nyamping jadi kewajiban? xixixi….
ayak ayak ae aturane…pelecehan kok diliat dari cara duduk di sepeda motor….itu mah dasar pikiran mesum
nggak jelasss
http://belitong.wordpress.com/2013/01/07/opini-harga-new-xeon-fi-vario-125-makanan-empuk-vario-125-iss/
muannnntabssssss, juempuooooolllllll, yang buat aturan ngangkang d QISOSH aja bila sampai ada yang bonceng jatuh ngeblak, smp kepala pecah/ gegar otaknya…., beranii…..!!!!
Ngangkang meneh..
yang dipermasalahkan itu kan boncengan dan jg bukan sama muhrim nya, klo bawa mtr sendiri ya ngangkang lah, masa nyamping, ada 2 aja, lagian orang aceh diri ngak masalah tuch, toh dia sendiri yg jalanin, kenapa kita yg ribut?
Wkwk ajib..
http://trexton.wordpress.com/
Motor yg duduk ngangkang itu MIO Sporty dan Beat
Sadis ngangkangnya..
Kalo org yg pikiran mesum sdh pasti gelisah
Kalo org yg beriman, pasti ga ngeliatin trus didepannya yg lg ngangkang (haram
)
qlo ngebut dg membawa penumpang yang ngangkang akan mudah kehilangan keseimbangan…,, mngkin dengan peraturan tsb,,, pengendara yang sedang memboncengi perempuan/wanita yang ngangkang akan memperlambat laju motornya, jd bisa mengurangi angka kecelakaan…
apakah ada data atau apalah yang menyatakan bahwa kecelakaan akibat dari pembonceng yang duduk menyamping lebih besar dari duduk ‘ngangkang’..??
apakah ada rider dengan pembonceng menyamping yang melaju dengan kecepatan lebih tinggi dibanding rider dengan pembonceng ‘ngangkang’..??
kalo kita bicara dalam beberapa hal, suatu perasaan tanpa bukti tidak bisa dijadikan landasan. apalagi memaksakan ‘perasaan’ tersebut, hadeh…..
ini adalah urusan mereka, bukan urusan kita. mengkritik gak masalah asal tidak menghujat….
Pak Tri saya memerlukan pendapat
Bapak dalam artikel yang baru saja saya tulis.
buat sobat-sobat yang lain
DISKUSI YUUUUUUK!!!!!! »»»»
http://yudhadepp.blogspot.com/2013/01/fakta-ketika-wanita-duduk-menyamping.html?m=1
nyetir ya kudu ngangkang, yang diatur itu kan boncenger….
kan giring nidji udah bilang pake absolut repo hehehe
menurut ai bonceng duduk miring tu lbh byk mudharat nya:
1. kurang safety
2. ga seimbang
3. pembonceng cpet pgel krn pinggang tpaksa untuk menengok trus slma prjalanan
4. boncenger g safety krn berpegangan cuma dgn satu tngan ke rider..tngan 1 na mgkn unk megang tas sukur2 bs pgangan behel tp posisi jd g bs liat dpan
5. tas yg dipegang boncenger lbh rawan di jambret + jatuh
6. rider cpet pgel ngimbangin motor yg brat sblh
7. jd g bs buru2 ngejar wktu aka ngebut
8. kaki boncenger jd rawan nyangkut..udh liat artikel pa rete?? ada tuh kasus na
9. yg pake rok pnjg resiko nyangkut ke rntai ato jari2..solusi saree-guard
10. rok berkibar resiko kliatan daleman..#ceritatemen
11. tambahin lg sndiri..
kelebihan bonceng miring
1. jln lbh pelan krn mikir kselamatan n motor yg g balance
2. bgi wnita payudara na g nempel di punggung rider..tp ni bs disiasati klo mw bonceng ngangkang dgn duduk lbh kblkng, klo bw tas taro di antara boncenger-rider lbh bgus tas ransel, dan pegangan di pundak jgn dipinggang krn tgn menghalangi sntuhan lgsung pyudra dgn punggung..kcuali kalo rmg cwe na yg gatel pengen gesek2..wkwkwk
3. klo sm tukang ojek c disarankn miring, klo sama pasangan ttp ngangkang.
4. tambahin sndri..
jd mnurut saya imho..ngangkang recomend bgt bgi pasangan miring klo am tukang ojek..!!!
51. arifudin – Januari 7, 2013
muannnntabssssss, juempuooooolllllll, yang buat aturan ngangkang d QISOSH aja bila sampai ada yang bonceng jatuh ngeblak, smp kepala pecah/ gegar otaknya…., beranii…..!!!!
====================================================
INI NICKNAME NAMANYA ARIF, TAPI JALAN PIKIRANNYA GAK ARIF BLAS……..KLO GAK PAKE HELM YA MO DIBONCENG NGANGKANG, DIBONCENG JONGKOk, DIBONCENG SAMPING YA PETJAH KEPALANE
PANTES ENDONESA GAK MAJU2x LHA WONG MUSLIMNYA ALERGI TERHADAP SYAR’I……CUMAN MASALAH BALANCE AJA DIJADIIN ALASAN GAK MENERAPKAN SYAR’I…..KAYAK GAK PUNYA 4K4L PIKIRAN AJA
57. vario125 – Januari 8, 2013
apakah ada data atau apalah yang menyatakan bahwa kecelakaan akibat dari pembonceng yang duduk menyamping lebih besar dari duduk ‘ngangkang’..??
apakah ada rider dengan pembonceng menyamping yang melaju dengan kecepatan lebih tinggi dibanding rider dengan pembonceng ‘ngangkang’..??
kalo kita bicara dalam beberapa hal, suatu perasaan tanpa bukti tidak bisa dijadikan landasan. apalagi memaksakan ‘perasaan’ tersebut, hadeh…..
ini adalah urusan mereka, bukan urusan kita. mengkritik gak masalah asal tidak menghujat….
=======================================================
BENER SEKALI,,,,,KLO GAK ADA DATA YA NAMANYA BERBURUK SANGKA ALIAS SUUDZON…..TUMBEN ADA F-Bh CERDAS…ANE DEMEN YANG GINIAN
terlalu dibesar2kan., belum jadi aturan ko.,
lagian ngangkang tu yang membonceng..,bukan mengendarai.,ko yang nunggang kuda mah sama dengan mengendarai namanya..,piss..
nag wanita boncengan mbi lanang mlah smakin ngangkang gk ??????
Jika berbicara safety, kalau secara teori ya yang ngangkang lebih safety, tapi ntar dulu, secara fakta memang harus ada penelitian, dari banyaknya kecelakaan roda 2 berapa persen yang terjadi secara singgel rider, berboncengan dengan ngangkang, dan berboncengan dengan tidak ngangkang.
Ayo siapa yang mau menjadikanya bahan skripsi….?
63. Yo – Januari 8, 2013
Jika berbicara safety, kalau secara teori ya yang ngangkang lebih safety, tapi ntar dulu, secara fakta memang harus ada penelitian, dari banyaknya kecelakaan roda 2 berapa persen yang terjadi secara singgel rider, berboncengan dengan ngangkang, dan berboncengan dengan tidak ngangkang.
Ayo siapa yang mau menjadikanya bahan skripsi….?
========================================================
BRUBUNG DAH LULUS MALES BIKIN SKRIPSI ATO TESIS
BUKANE ENDONESA JAGONE NGAKALIN SESUATU……MESIN GL DITAMBAH TURBO…..NGAKALIN HUKUM N KORUPSI……MASAK SOAL BALANCE MOTOR AJE GAK ADA YANG BISA NGAKALIN
SOLUSI ANE SOAL NAIK MATIC ATO PASANG BOX YANG ADA ENGSEL U BISA GESER BOX KIRI/KANAN BIAR BISA BONCENG NYAMPING ANY COMMENT ATO BANTAHAN?
bener banget, ibarat pilot pesawat, apa bisa ngendaliin dg dudk menyamping..
65. kasamago – Januari 8, 2013
bener banget, ibarat pilot pesawat, apa bisa ngendaliin dg dudk menyamping..
===================================================
PILOT ITU NYETIR ATO DIBONCENG? BEDA KASUS OM…..FAILL
Mungkin Ӌǡŋǥ jadi masalah bkn ngangkangnya mas.
Tapi pakeannya mas.
Month crita ya : 1 taun wingi kenal ma cwe pake sama bosse kerja (parte tertentu) ƍªќ boleh dibonceng Ӌǡŋǥ bkan mukhrim (apalagi ngangkang) eh ternyata kalo sama bose boleh2 saja…
“ƗƗɐƗƗɐƗƗɐƗƗɐ”
Mungkin peraturan ƍªќ boleh ngangkang tu cuma akal2an org2 Ӌǡŋǥ mengatasnamakan muslim adja…
Bagi saya Ӌǡŋǥ ptg tu pakean sg sopan alias baju muslim panjang…(Cmiw)
numpak ditumpaki kaet biyen yo ngangkang
Yang penting etika sopan dan baju sopan bro. Bukan masalah ngangkangnya. Naik motor juga buat keselamatan.
Re visit me yah. verhaalenopinie.wordpress.com
Hehehe…. inilah lucunya negeri ini.
karna mas triatmono suka ngaji, apa ayat ini pernah terlewat tak terbaca mas? “Hai orang-orang yang beriman taatilah Allah dan taatilah Rasul (Nya), dan ulil amri di antara kamu. kemudian jika kamu berlainan pendapat tentang sesuatu, maka kembalikanlah ia kepada Allah (al- Qur’an) dan Rasul (Sunnahnya), jika kamu benar2 beriman kepada Allah dan hari kemudian. Yang demikian itu lebih utama (bagimu) dan lebih baik akibatnya. (QS. an-Nisa:59). Di aceh, sikap dalam beragama terasa kental melekat didada masyarakat. saya ga tau mas paham atau tidak makna ayat diatas, bahwa alquran memerintahkan umat muslim harus taat pada pemimpin (ulil amri), dan dari sudut pandang saya, artikel ini memprovokasi agar masyarakat tidak patuh pada pemimpin (ulil amri). Istigfar mas..
ane setuju dgn pendapat bp. Din: ‘masalah ngangkang tdk ada kaitannya dengan agama’,liat d detik mengatasnamakan agama biar mendapat kata wah paling sopan, hati2 tergelincir….
mblegedes yang paling lurus fikirannya, mo buat skrpsi lg ttg ngangkang silahkan mungkin saudara wanita, istri/ ibu / nenek / anak wanita kerabat anda sendiri buat percobaan, naik turun gunung , tikungan curam silahkan d bonceng nyamping!! Apakah anda tega?? Sudah lebih mampukah menjaga keseimbangan ?? Cba fikir dng nurani, amalkan yang wajib dulu silahkan bicara syari
@tian prayoga
monggo digolek makna taat kepada Ulil Amri pada Qs. An-Nisa : 59. Taat kepada pemimpin bukan berarti taat absolute… taat kepada pemimpin hanya dalam hal yang ma’ruf… !!!
Imam Ahmad meriwayatkan dari ‘Ali, ia berkata: “Rasulullah SAW mengutus satu pasukan khusus dan mengangkat salah seorang Anshar menjadi komandan mereka. Tatkala mereka telah keluar, maka ia marah kepada mereka dalam suatu masalah, lalu ia berkata, ‘Bukanlah Rasulullah SAW memerintahkan kalian untuk mentaatiku?’ Mereka menjawab, ‘Betul.’ Dia berkata lagi, ‘Kumpulkanlah untukku kayu bakar oleh kalian.’ Kemudian ia meminta api, lalu ia membakrnya, dan ia berkata, ‘Aku berkeinginan keras agar kalian masuk ke dalamnya.’ Maka seorang pemuda diantara mereka berkata. ‘Sebaiknya kalian lari menuju Rasulullah SAW dari api ini. Maka jangan terburu-buru (mengambil keputusan) sampai kalian bertemu dengan Rasullah SAW. Jika beliau perintahkan kalian untuk masuk ke dalamnya, maka masuklah.’ Lalu mereka kembali kepada Rasulullah SAW dan mengabarkan tentang hal itu. Maka Rasulullah pun bersabda kepada mereka, ‘Seandainya kalian masuk ke dalam api itu, niscaya kalian tidak akan keluar lagi selama-lamanya. Ketaatan itu hanya pada yang ma’ruf.” (HR. Bukhari-Muslim dari hadits Al-A’masy)
Dalam hadits di atas, Rasulullah SAW sudah memberi batasan kepada kita, bahwasannya ketaatan hanya pada yang ma’ruf, dan bukannya pada yang tidak ma’ruf.
Artikel ini justru berusaha menerapkan Qs. Al’asr ayat 3,… dimana pada intinya adalah manusia itu dalam kerugian kecuali … orang yang saling menasehati dalam kebenaran. Dalam menulis artikel ini … diniatkan agar mengurangi resiko yang timbul dari bonceng menyamping apabila terjadi kecelakaan.
Last,… agama Islam itu begitu indah… jadi tidak ada pemimpin yang absolute .. jika salah ya diberitahu… !!! Contoh simple nya … jika imam salah bacaan nya juga … makmum mengingatkan …!!! So,… karena berusaha menyampaikan suatu kebenaran… dan jangan sampai ada yang celaka… makanya artikel ini muncul. Lebih kurang mohon dimaafkan…
The most I hate in this country , ” Terlalu banyak orang yg pandai ilmu agama, tetapi tidak betul-betul beragama” .
76. arifudin – Januari 8, 2013
mblegedes yang paling lurus fikirannya, mo buat skrpsi lg ttg ngangkang silahkan mungkin saudara wanita, istri/ ibu / nenek / anak wanita kerabat anda sendiri buat percobaan, naik turun gunung , tikungan curam silahkan d bonceng nyamping!! Apakah anda tega?? Sudah lebih mampukah menjaga keseimbangan ?? Cba fikir dng nurani, amalkan yang wajib dulu silahkan bicara syari
==================================================
SOAL KESEIMBANGAN SUDAH ANE SAMPAIKAN BEBERAPA SOLUSI DIATAS, MAKE SKUTIK BONCENG MIRING JADI IMBANG, ATO PAKE MOTOR YANG PAKE BOX YANG ADA ENGSEL BISA GESER KANAN KIRI UNTUK BALANCER BONCENG MIRING
…KLO NDAK MAU NERIMA YA ITU HAK MASING2x……BALANCE MOTOR DAH GAK JADI ISSUE
SINGAPUR AJA MEWAJIBKAN MOTOR PAKE BOX KLO BAWA BARANG BELANJAAN
KLO STANDAR PAKAIAN MENTUTP AURAT…WAJIB SESUAI SYARI….PAKE CELANA KETAT ALA RIDER LAKI GAK BOLEH BUAT CEWEK…..YANG PENTING YA TETEP PAKE HELM, JAKET RIDING…YANG TERPENTING SAFETY RIDING
KLO SOAL AMALAN YA INSYA’ALLAH ANE AMALKAN….
SENG PENTING SOAL SYAR’I HARUS POSITIVE THINKING……MOSOK NEGATIVE THINKING TERUS ALA SEKULER N LIBERAL
@74….. (Nambahin Mas3!)
Ulil Amri yang wajib ditaati ulil amri yang taat sama Allah dan rasul-Nya + CERDAS akalnya. Ulil Amri yang cerdas menerjemahkan Syari’at menjadi praturan atau undang-undang yang melindungi AGAMA, AKAL, JIWA, HARTA dan KETURUNAN manusia (sesuai dengan tujuan syari’at itu sendiri)
Kalau peraturan yang dibuat ternyata membahayakan JIWA/NYAWA manusia … maka itu bukan syari’at ! Kewajiban kita untuk menolak peraturannya atau mengganti Ulil Amrinya !!!
Cukup di atur masalah cara pakaian dan cara bergaul/bepergiannya saja. Pakaiannya sesuai syari’at dan boncengannya dengan MUHRIMNYA. Yang melanggar bolehlah dihukum. Soal cara boncengannya gak usah di atur-atur. Malah seharusnya masyarakat diwajibkan boncengan dengan cara ngangkang, Karena cara itu lebih “syar’i”…. Maksudnya lebih safety, lebih menyelamatkan jiwa kita.
Kalo dalam istilah kedokteran, “perda ngangkang” itu bisalah disebut.. MALPRAKTEK SYARI’AT. Resep mujarab dari Sang Maha Penyembuh ditukar ke apotik. “Apotekernya” yang masih amatiran, salah baca resep. Pasien dikasih obat yang tidak tepat. Akibatnya, pasien bukannya sembuh malah modyarrrr !!!
Wallaahu a’lam !
setuju…
mana ada duduk nyampin
itu cuman ada pas ibu2 mau ke kondangan
masa’ iya pahlawan nasional dari aceh, cut nyak dien dulu nunggang kudanya duduk menyamping.. hahaa.. ya ga’ mungkin laah..
perda yg aneh, bu walikotanya coba suruh naik motor duduk menyamping..
Tentunya kita harus banyak mengkaji islam secara lebih mendlam agar kita faham berbagai persoalan yang ada di sekeliling kita, so kit abisa komentar.
80. asshidayat – Januari 9, 2013
masa’ iya pahlawan nasional dari aceh, cut nyak dien dulu nunggang kudanya duduk menyamping.. hahaa.. ya ga’ mungkin laah..
perda yg aneh, bu walikotanya coba suruh naik motor duduk menyamping..
==================================================
YA KLO NAIK KUDA PAKEAN HIJAB PANJANG KETUTUP SEMUA GAK KLIATAN NGANGKANYA YA GA MASALAH SEPERTI FOTO DIATAS
TAPI APA PAKEAN KAYAK FOTO DIATAS BISA DITERAPKAN BAGI BONCENGER YANG NGANGKANG?
MASAK CUMAN SOAL BALANCE MOTOR AJE JADI BIKIN BINGUNG KAYAK KURANG IDE
mana ada pejabatnya yg naik motor lha wong pada bermobil semua kok jadi kurang berempati dgn yg punya motor ….
betul Mas 3, soalnya kalau mengkurep lak tambah ngglundung hahahaha onok2 ae
zaman para pahlawan wanita aceh, udah pasti ngangkang kalo naek kuda….dan gak ada yg protes dan bikin peraturan2 dan sanksi2……KNP? krn para pria SIBUK mikirin daerahnya , orang lain dan melawan penjajah…dan tetap beragama.
NAh, zaman edan sekarang, krn gak ada yg dilawan lg dan egois……syahwatnya pun otomatis naik semakin tinggi dan level self-control merosot dan kecerdasan menurun drastis……….so, dgn cerdas para pria aceh sono (lokhs.tepatnya) harus cari cara supaya tampak alim. Dicomotla adat2 dan dibumbui kalimat2 agamawi, dan diterapkan la di bidang otomotif acara pembodohan ini.
So. buat sampeyan2 yg bela2in, diam dan setuju, hanya karena bumbu agama dan adat………mgkn sampeyan ikut tertipu. Krn CUMA orang dewasa yg ngerti dan bisa bedain mana yg real dan berguna dari yg cuma lipstick agamawi hanya demi menutupi ‘kotoran tersembunyi yg gak sanggup dibersihkan’.
sebenernya masalah harus ngangkang atau duduk nyamping cuma tergantung pakaian yg digunakan saja, kalo pake rok ya duduk nyamping, masa harus ngangkang, ntar roknya sobek malahan, kalo pake celana ya terserah sih.
mblegedesht buat komparasi, pakai jilbab sesuai syari selain bikin cantik jg sesuai Islam; tapi jika sudah naik spda mtor tentu harus pakai helm buat sfty kepala, pakai kopiah tambah guanteng, bila naik kndraan pakai helm. Nah pakai baju yang sesui syari’nya mlegedes kaya ninja ya silahkan , tapi jk mbonceng lebih baik ngangkang pakai helm krn sfty nya sprti itu. Bayangkan naik sport jubah bisa masuk k gear/ rantai. Jadi mbonceng menyamping lebih bnyk mudharatnya d banding manfaatnya dgan alasan supaya lebih Islami, lebih anggun, lebih sopan dst:::…Islam itu luas & Dalam!!!
mas Tri sarankan pemda yang buat aturan mbonceng menyamping bikin kejurda BALAP / DRAG RACE :::DENGAN SYARAT BONCENGAN & HARUS DUDUK MENYAMPING:: dunia akan bilang Amazing, Wonderfull….! Rekor dunia terpecahkan.
“mengangkang” itu kata dasarnya “kangkang” bukan? ini masuk kata serapan dari bahasa apa
88. arifudin – Januari 9, 2013
mblegedesht buat komparasi, pakai jilbab sesuai syari selain bikin cantik jg sesuai Islam; tapi jika sudah naik spda mtor tentu harus pakai helm buat sfty kepala, pakai kopiah tambah guanteng, bila naik kndraan pakai helm. Nah pakai baju yang sesui syari’nya mlegedes kaya ninja ya silahkan , tapi jk mbonceng lebih baik ngangkang pakai helm krn sfty nya sprti itu. Bayangkan naik sport jubah bisa masuk k gear/ rantai. Jadi mbonceng menyamping lebih bnyk mudharatnya d banding manfaatnya dgan alasan supaya lebih Islami, lebih anggun, lebih sopan dst:::…Islam itu luas & Dalam!!!
===================================================
LHA INI BEDA KASKUS…INI CEWEK YANG JADI BONCENGER ATO JADI RIDER…MOHON DIBEDAKAN MAS…JANGAN MENCAMPURADUKKAN SESUATU
KLO CEWEK MO MAKE MOTOR YA PILIH YANFG SESUAI UKURAN BADANNYA…..JADI GAK NGANGKANG WAKTU BERHENTI ATO MO NAIK SEPEDA….
KLO SOAL PAKEAN HIJAB MASUK RANTE PAS BONCENG MOTOR SPOERT YA BISA MAKE SARI GUARD ALA INDIA….MASAK SAMA INDIA KALAH IDE, TAMPILAN EMANG JELEK…..KLO GAK MAU PAKE SARI GUARD ATO HIJAB GUARD YA DICOPOT TAPI GAK USAH BONCENG CEWEK…..KELUARGA YANG CEWEK DIBELIIN MOTOR SENDIRI AJA….. MO ALESAN APE LAGI NIH
87. jaos_konsumen biasa – Januari 9, 2013
zaman para pahlawan wanita aceh, udah pasti ngangkang kalo naek kuda….dan gak ada yg protes dan bikin peraturan2 dan sanksi2……KNP? krn para pria SIBUK mikirin daerahnya , orang lain dan melawan penjajah…dan tetap beragama.
NAh, zaman edan sekarang, krn gak ada yg dilawan lg dan egois……syahwatnya pun otomatis naik semakin tinggi dan level self-control merosot dan kecerdasan menurun drastis……….so, dgn cerdas para pria aceh sono (lokhs.tepatnya) harus cari cara supaya tampak alim. Dicomotla adat2 dan dibumbui kalimat2 agamawi, dan diterapkan la di bidang otomotif acara pembodohan ini.
So. buat sampeyan2 yg bela2in, diam dan setuju, hanya karena bumbu agama dan adat………mgkn sampeyan ikut tertipu. Krn CUMA orang dewasa yg ngerti dan bisa bedain mana yg real dan berguna dari yg cuma lipstick agamawi hanya demi menutupi ‘kotoran tersembunyi yg gak sanggup dibersihkan’.
========================================================
@OM JAOS
KLO KONDISI PERANG YA BEDAL LAGI MAS JAOS…….MASAK TIBA2 LAGI DISERANG MUSUH YA HARUS MAKE HIJAB DLL….LHA INI KONDISI DAMAI…….KONDISI KHUSUS/PERANG JANGAN DICAMPUR ADUKKAN DENGAN KONDISI DAMAI DONG MASBRO,,,,,,,MASA CUMAN MASALAH BALANCE MOTOR AJE DIGEDE2xIN DENGAN ALASAN ALIBI PEMBODOHAN OTOMOTIF ATO SAFETY RIDING YANG SLENDRO ALA ORANG LIBERAL N SEKULER …….
BALANCE YANG GA IMBANG BISA DIATASIN MAKE BALANCER MISAL PAKE BOX YNG ADA ENGSELNYA N HIJAB GUARD….KAYAK DI SINGAPUR N INDIA…..ENGINE CROSSPLANE YANG GAK BALANCE AJE DIPASANGIN ENGINE BALANCER…..MASAK MANUSIA DIKASIH 4KAL GAK BISA KASIH IDE CERDAS? ……..ATO YANG CEWEK PILIH MOTOR YANG SESUAI UKURAN BADANNYA…..MOSOK CEWEK MUNGIL PAKE MOTOR GAMBOT….YO NGANGKAN N JINJIT
MOHON CASE DIPILAH2x SATU2x AGAR MBAHASNYA TUNTAS GAK CAMPUR ADUK GAK JELAS…..
89. arifudin – Januari 9, 2013
mas Tri sarankan pemda yang buat aturan mbonceng menyamping bikin kejurda BALAP / DRAG RACE :::DENGAN SYARAT BONCENGAN & HARUS DUDUK MENYAMPING:: dunia akan bilang Amazing, Wonderfull….! Rekor dunia terpecahkan.
=======================================================
BALAP KEJURDA MAKE BONCENGER NGANGKAN EMANG ADA? JANGAN NGOMONG NYAMPING DULU…….
KLO HATI UDAH NEGATIVE THINKING YA BEGINILAH JADINYA….NGOMONGNYA GAK JELAS N WATON JEPLAK
91. Mbelgedhess – Januari 9, 2013
88. arifudin – Januari 9, 2013
mblegedesht buat komparasi, pakai jilbab sesuai syari selain bikin cantik jg sesuai Islam; tapi jika sudah naik spda mtor tentu harus pakai helm buat sfty kepala, pakai kopiah tambah guanteng, bila naik kndraan pakai helm. Nah pakai baju yang sesui syari’nya mlegedes kaya ninja ya silahkan , tapi jk mbonceng lebih baik ngangkang pakai helm krn sfty nya sprti itu.
=====================================================
EMANG ANE NGASIH STATEMENT KLO PAKE HIJAB ITU GAK USAH MAKE HELM? BUKANE SAMPEYA NYANG BILANG KLO NYAMPING KEPALANYA PECAH….SAMPEAN MEMANG PANDAI MLINTIR KALIMAT ORANG….SAMPEYAN SENDIRI YANG BILANG NUDUH ORANG LAIN BILANG WELEH2x
DARI KOMENG DIATAS ANE UDAH BILANG MESKI DUDUK NYAMPING, JONGKOK, NUNGGING, NGANGKANG YA HARUS PAKE HELM N JAKET RIDING, KLO CEWEK YA HARUS DITAMBAH HIJAB BAGI YANG MUSLIM N DUDUK NYAMPING BAGI ORANG LHOKSUM…..BALANCE MOTOR GAK JADI ISSUE KLO NAIK SKUTIK N PAKE BALANCER DI SEMPORT ATO BEBEK>>>JADI TETEP SAFETY
JANGAN MLINTIR PERNYATAAN/ KOMENG DEH….
Yuuuuk kita bongkar saja isi perdanya
http://yudhadepp.blogspot.com/2013/01/bongkar-perda-no-ngangkang.html?m=1
terlepas dari konteks syariat agama islam n soal kepatutan busana, terlepas pula nih dari PERDA LHOKSEUMAWE-nya.
dipikir secara logis aja deh, misal kita mau bonceng naik motor istri kita ato emak kita yang pakai rok panjang (semacam rok bu guru berjilbab) atau kebaya, apa iya boncenger kita ntu musti ngangkang ngangkat roknya ato kebayanya dulu baru naik motor, apa gak malah jd tontonan, apa iya musti pake celana pelapis dulu dan buang waktu lagi ato malah bikin penampilan boncenger kita (in case berkebaya) malah gak amburadul (self preference nih).
sebenernya soal ngangkang no ngangkang (bin nyamping) itu tergantung situasi dan kondisi dimana kita mau mbonceng orang, gak bisa jg dong kita harus SAKLEK dengan aturan SEPTI RAIDING musti ngangkang dan jaga keseimbangan rider-boncenger hanya untuk antar istri pergi kepasar yang cm berjarak mentok2nya 200 meter jalan cm 20an (meski kalo ngomongin takdir semua bisa aja trjadi).
memang bener mengutamakan septi raiding itu penting, tapi bukan hal yg salah jika kita BERKOMPROMI dengan sikon yg ada, toh dengan macu motor di kecepatan sesuai saat boncenger kita nyamping kita harusnya masih mampu menguasai keadaan dengan baik, lain cerita jika boncenger nyamping terus naiknya sruntulan plus ada campur tangan takdir.
@mbelgedhes
alasan saya komen begitu,krn sbnarnya krn syariat sdh ada sejak dulu aceh dimasuki islam. Jadi gak ada beda dan gak masalahin soal ngangkang boleh atau tidak boleh.
so….apa jadinya bila perang lalu semua wanita harus berubah kebiasaan duduk ngangkang, bila sebelumnya sdh biasa DUDUK NYAMPING? TErnyata saya belum temukan (krn belum nyari sih….hahahahahah….) catatan bhw para perempuan pejuang aceh dan para wanita biasa aceh zaman itu secara ADAT SELALU DUDUK NYAMPING KECUALI SITUASI KHUSUS.
nah jadi anehkaan, APA DASAR nya perempuan harus (kecuali situasi tertentu) duduk nyamping? Dalih2 pemerintah sono krn demi mengembalikan/menjaga adat istiadat aceh yg (sdh pasti dianggap identik dgn syari), demi perempuan marwah, demi …….
Mana cnth adat istiadat dulu yg duduk GAK BOLEH ngangkang tapi nyamping kalo lagi naek kuda/apa la yg lain?
Bukannya lbh baik bikin aturan harus usahakan tutup aurat walau duduk ngangkang demi nilai2 aceh. Ini kan lebih simple easy efektif…..bahkan kalo mau disahkan scr syarii pun.
so….jadi kalo ada yg duduk nyamping, udah pasti itu cases pengecualian. Ketimbang membuat duduk ngangkang sbg cases pengecualian….yg mana embel2 agamapun gak berhasil menipu akal sehat. Alasan pemerintah sono sdh terlalu kabur dan gak jelas dasar kuatnya.
Bagi saya, yg buat peraturan daerah itu cuma MANUSIA….. Dan manusia yg dalam kekuasaan khusus otonom yg belum siap melayani lbh baik lagi….
95. yudha depp – Januari 10, 2013
Yuuuuk kita bongkar saja isi perdanya
http://yudhadepp.blogspot.com/2013/01/bongkar-perda-no-ngangkang.html?m=
===================================================
KLO SOAL BUDAYA…..DI SEKOLAH DULU ANE DIAJARIN ACEH DISEBUT SERAMBI MEKAH KARENA DARI BUDAYANYA YANG SANGAT ISLAMI…..JADI SYAR’I SUDAH MENJADI KULTUR BUDAYA LELUHUR ORANG ACEH CMIIW
DI PERDA JUGA NO NGANGKANG BISA VOID KLO MEMANG ADA KONDISI KHUSUS ATO TERPAKSA…..KLO SOAL CUT NYAK DIEN, BELIAU HIDUP DI MASA PERANG DAN PERJUANGAN JADI YA ITU MENJADI KONDISI KHUSUS,….ATO MISAL LAGI SAKIT….. PERNAH LIAT ORANG ARAB CEWEK NAIK ONTA?
JADI JANGAN DICAMPUR ADUKKEN DONG……DAN YANG NGAKU SEBAGAI MUSLIM YA HARUS BERANI NGAKUIN SUATU ATURAN MESKI MISAL YANG NGELUARKAN NON MUSLIM, HARUS BISA MENILAI INI SESUAI SYAR’I DAN ITU YANG TIDAK SESUAI…….MASAK CUMAN BANYAK YANG NENTANG AJA ORANG2x MUSLIM BANYAK YANG GAK BERANI NGAKUI ITU BUKAN DARI SYAR’I…..SYAR’I MEMANG GAK MENDETIL SAMPE NAIK MOTOR ATO NAEK KUDA KARENA MEMANG SYAR’I MEMANG UNTUK SEGALA ZAMAN…..SIAPA TAU AKHIR ZAMAN ORANG2x DAH GAK PADA NAIK KUDA ONTA ATO MOTOR…YA THO….TAPI ADA RELASINYA DI BEBERAPA SISI KLO DITELAAH LEBIH LANJUT.
@OM JAOS…MARI OOOM BAHAS ATU2x BIAR JELASSS
alasan saya komen begitu,krn sbnarnya krn syariat sdh ada sejak dulu aceh dimasuki islam. Jadi gak ada beda dan gak masalahin soal ngangkang boleh atau tidak boleh.
so….apa jadinya bila perang lalu semua wanita harus berubah kebiasaan duduk ngangkang, bila sebelumnya sdh biasa DUDUK NYAMPING? TErnyata saya belum temukan (krn belum nyari sih….hahahahahah….) catatan bhw para perempuan pejuang aceh dan para wanita biasa aceh zaman itu secara ADAT SELALU DUDUK NYAMPING KECUALI SITUASI KHUSUS.
==================================================
NAH INI KAN SESUAI PERDA OMM……NGANGKANG GAK BOLEH…..TAPI KLO ADA KONDISI KHUSUS YA BISA VOID
LG SAKIT N PERLU DIANTER KERUMAH SAKIT MISAL, LAGI PERANG MISAL…DIKEJAR SAITON MISAL
nah jadi anehkaan, APA DASAR nya perempuan harus (kecuali situasi tertentu) duduk nyamping? Dalih2 pemerintah sono krn demi mengembalikan/menjaga adat istiadat aceh yg (sdh pasti dianggap identik dgn syari), demi perempuan marwah, demi …….
Mana cnth adat istiadat dulu yg duduk GAK BOLEH ngangkang tapi nyamping kalo lagi naek kuda/apa la yg lain?
===================================================
OM JAOS UDAH PERNAH LIAT CEWEK ARAB NAIK ONTA???
SYAR’I GAK CUMAN ALQURAN DAN HADIST….TAPI JUGA TERDAPAT IJMA DAN QIYAS…..PERDA TERSEBUT BISA MERUPAKAN BENTUK LAIN DARI IJMA ATO QIYAS DARI PARA ULAMA UNTUK MENGATASI PENYAKIT SOSIAL DI ZAMAN SEKARANG
HUKUM ADAT MEMANG KEBANYAKAN TIDAK TERTULIS KEBANYAKAN BERUPA ATURAN MORAL….JADI KLO DITANYA BUKTI TERTULIS PER PASAL KAYAK HUKUM PIDAN PERDATA YA GAK ADA…..TAPI DASARNYA SECARA UMUM YA ADA DIQURAN DAN HADITS……RINCIANNYA YA ADA DI IJMA ATO QUYAS PARA ULAMA….ADA YANG TERTULIS DAN ADA YANG BERUPA ATURAN MORAL.
Bukannya lbh baik bikin aturan harus usahakan tutup aurat walau duduk ngangkang demi nilai2 aceh. Ini kan lebih simple easy efektif…..bahkan kalo mau disahkan scr syarii pun.
so….jadi kalo ada yg duduk nyamping, udah pasti itu cases pengecualian. Ketimbang membuat duduk ngangkang sbg cases pengecualian….yg mana embel2 agamapun gak berhasil menipu akal sehat. Alasan pemerintah sono sdh terlalu kabur dan gak jelas dasar kuatnya.
==================================================
SAYA KOK BINGUN YANG MENIPU AKAL SEHAT YANG MANA YA? ALASAN DUDUK NYAMPING GAK SAFE? KARENA CUMAN GAK IMBANG?…KAN ADA SOLUSINYA PAKE BALANCER MAKE BOX YANG ADA ENGSEL GESER KIRI KANAN UNTUK BALANCER BONCENGER NYAMPING….PISTON ATO KOMPONEN MESIN YANG GAK IMBANG AJE ADA BALANCERNYA…..
ATO BONCENG NYAMPING MAKE METIK ATO VESPA BIAR IMBANG KIRI KANAN…..MASANG HIJAB GUARD ALA SARI GUARD INDIA BIAR GAK KESRIMPET…….SELAMA PAKEAN MUSLIM CEWEK YANG DIPAKE NORMAL YA GAK MUNGKIN KECANTOL KESRIMPET,,,,YANG TERLALU LEBAY MALAH SARI INDIA…ITUPUN BISA DIATASIN PAKE SARI GUARD…..
MANUSIA DIKASI AKAL PIKIRAN PASTI ADA SOLUSI KLO CUMAN MASALAH BALANCE DLL…….PERKARA GAK IMBANG NYAMPING AJE DIBIKIN BINGUNG N DIBIKIN LEBAY
BINGUNG ANE…MENIPU AKAL SEHAT DIMANENYA?
Bagi saya, yg buat peraturan daerah itu cuma MANUSIA….. Dan manusia yg dalam kekuasaan khusus otonom yg belum siap melayani lbh baik lagi….
=================================================
KLO INI SAYA GAK KOMENTAR…HAK MASING2x UNTUK MENILAI SESUATU
@mbelgedhes
monggo masbro…
OM J**S UDAH PERNAH LIAT CEWEK ARAB NAIK ONTA???
SYAR’I GAK CUMAN ALQURAN DAN HADIST….TAPI JUGA TERDAPAT IJMA DAN QIYAS…..PERDA TERSEBUT BISA MERUPAKAN BENTUK LAIN DARI IJMA ATO QIYAS DARI PARA ULAMA UNTUK MENGATASI PENYAKIT SOSIAL DI ZAMAN SEKARANG
HUKUM ADAT MEMANG KEBANYAKAN TIDAK TERTULIS KEBANYAKAN BERUPA ATURAN MORAL….JADI KLO DITANYA BUKTI TERTULIS PER PASAL KAYAK HUKUM PIDAN PERDATA YA GAK ADA…..TAPI DASARNYA SECARA UMUM YA ADA DIQURAN DAN HADITS……RINCIANNYA YA ADA DI IJMA ATO QUYAS PARA ULAMA….ADA YANG TERTULIS DAN ADA YANG BERUPA ATURAN MORAL.
====
belum pernah siih… nah itu dia problemnya,hal yg tidak tertulis yg berbau adat itu membuka ruang bagi peraturan yg tidak wajar. Soal itu bentuk ijma/qiyas dari para ulama, saya kira komen mr.tri @77 sdh menjelaskannya. Gak ada manusia yg absolute benar…
SAYA KOK BINGUN YANG MHAENIPU AKAL SEHAT YANG MANA YA? ALASAN DUDUK NYAMPING GAK SAFE? KARENA CUMAN GAK IMBANG?…KAN ADA SOLUSINYA PAKE BALANCER MAKE BOX YANG ADA ENGSEL GESER KIRI KANAN UNTUK BALANCER BONCENGER NYAMPING….PISTON ATO KOMPONEN MESIN YANG GAK IMBANG AJE ADA BALANCERNYA…..
ATO BONCENG NYAMPING MAKE METIK ATO VESPA BIAR IMBANG KIRI KANAN…..MASANG HIJAB GUARD ALA SARI GUARD INDIA BIAR GAK KESRIMPET…….SELAMA PAKEAN MUSLIM CEWEK YANG DIPAKE NORMAL YA GAK MUNGKIN KECANTOL KESRIMPET,,,,YANG TERLALU LEBAY MALAH SARI INDIA…ITUPUN BISA DIATASIN PAKE SARI GUARD…..
MANUSIA DIKASI AKAL PIKIRAN PASTI ADA SOLUSI KLO CUMAN MASALAH BALANCE DLL…….PERKARA GAK IMBANG NYAMPING AJE DIBIKIN BINGUNG N DIBIKIN LEBAY
BINGUNG ANE…MENIPU AKAL SEHAT DIMANENYA?
===
bro…matik2 sekarang ‘berat’ ke kanan…..keseimbangan hanya oleh rider….apalagi ditmbh duduk nyamping sbg “KEHARUsan”.
yg menipu akal sehatnya ada di USAHA membuat aturan dari hal2 yg tidak jelas dasarnya, ‘minoritas’ tidak mayoritas (krn hny situasi2 tertentu orang dibonceng duduk nyamping pada dasarnya),gak safety (bg rider), gak balance (semua yg diciptakan Tuhan pasti balance)….dan DIEMBEL2kan dgn itu sesuai adat (bhkan agama).
bahkan mengenai sari di india, saya BELUM membaca adanya aturan harus duduk samping….yg saya tau yg ada adanya ANTISIPASI dari pemakaian sari….dgn memasang sari guard.
nah, itu la saya komen tadi……malah lebih mudah membuat kebijakan/aturan spt ini: menjaga aurat, make pakaian sopan walau duduk ngangkang. Lebih mudah dan lebih menambah nilai, efektif.
Soal syahwat, itu tanggung jawab pemiliknya…..dan duduk ngangkang dgn pakaian sopan mudah2an bisa meredakan syahwat yg terlalu besar.
BTW, saya belum pernah menemukan cara di dunia ini di NEGARA MANAPUN (bhkan negara agama) yg efektif melawan penyakit sosial….terutama soal syahwat….krn ini hal yg berbeda yg gak bisa diatasi dgn aturan2 luar. Kalo soal korupsi masih bisa dgn aturan2 hukum dgn mudah dan efektif.
Sekjen Himpunan Ulama Dayah Aceh (HUDA) menilai, perempuan duduk mengangkang di atas sepeda motor dengan aurat terbuka atau tidak mengenakan pakaian muslimah, bisa meruntuhkan marwah seorang perempuan. “Kebijakan ini bisa mengembalikan marwah perempuan yang ada di Aceh, kalau yang di luar Aceh tidak ada problem. Berbicara marwah sangat tergantung pada daerah,” katanya, dilansir Okezone, Kamis (3/1)”
Dari sisi agama, perempuan tetap diperbolehkan duduk terbuka atau ngangkang di sepeda motor asal jangan sampai terbuka auratnya dan tidak menciderai marwah seorang perempuan. “Sah-sah saja, asal aurat tetap terjaga, pakaian tetap sopan tidak menyerupai laki-laki, dan tidak menciderai marwah perempuan itu sendiri,” ujar Faisal yang juga Ketua PW Nahdatul Ulama Aceh.
100. maltasimba – Januari 11, 2013
Sekjen Himpunan Ulama Dayah Aceh (HUDA) menilai, perempuan duduk mengangkang di atas sepeda motor dengan aurat terbuka atau tidak mengenakan pakaian muslimah, bisa meruntuhkan marwah seorang perempuan. “Kebijakan ini bisa mengembalikan marwah perempuan yang ada di Aceh, kalau yang di luar Aceh tidak ada problem. Berbicara marwah sangat tergantung pada daerah,” katanya, dilansir Okezone, Kamis (3/1)”
Dari sisi agama, perempuan tetap diperbolehkan duduk terbuka atau ngangkang di sepeda motor asal jangan sampai terbuka auratnya dan tidak menciderai marwah seorang perempuan. “Sah-sah saja, asal aurat tetap terjaga, pakaian tetap sopan tidak menyerupai laki-laki, dan tidak menciderai marwah perempuan itu sendiri,” ujar Faisal yang juga Ketua PW Nahdatul Ulama Aceh.
==============================================
NU YA? YA YA YA YA
JADI KESIMPULANE CEWEK PAKE CELANA PANJANG KAYAK LAKI TERUS DUDUK NGANGKANG BOLEH GAK?
belum pernah siih… nah itu dia problemnya,hal yg tidak tertulis yg berbau adat itu membuka ruang bagi peraturan yg tidak wajar. Soal itu bentuk ijma/qiyas dari para ulama, saya kira komen mr.tri @77 sdh menjelaskannya. Gak ada manusia yg absolute benar…
====================================================
YA UDAH YANG GAK BENERNYA DI SISI MANANYA
ijin copas gus…..suwun
dimana-mana naik apapun pasti ngangkang… :p