jump to navigation

Compression Ratio tinggi,… dikasih premium… kurang gaweeean …!!! Desember 31, 2012

Posted by triatmono in Otomotif, Parts.
Tags:
trackback

compressionratio

Well,.. cukup menarik di bahas mengenai fenomena yang menyatakan bahwa engine compression tinggi bisa ‘minum’ premium aka BBM bersubsidi …!!! Dulu juragan sudah pernah membahas tentang compression ratio dikaitkan dengan asupan bensin yang sesuai …!!! Compression Ratio disini diukur dengan membandingkan posisi volume pada keadaan Titik Mati Bawah (TMB) aka total volume  dengan posisi volume pada keadaan Titik Mati Atas (TMA) …!!! Untuk membatasi masalah… hanya dibahas hubungan compression ratio … dan  bagaimana hubungannya dengan persoalan octane …??? Mari kita bahas … !!! :D

Monggo dilihat tabel berikut, korelasi antara compression ratio dikaitkan dengan octane yang dibutuhkan dengan asumsi sudah menggunakan engine management system …!!!

Compression ratio = Octane (with engine management system)
5:1 =66
6:1 =74
7:1=80
8:1=85
9:1=89
10:1=93
11:1=97
12:1=101

Jadi dalam kondisi normal dalam artian pengapian dilakukan pada 0 derajat TMA dibutuhkan octane level seperti tabel diatas …!!! Octane level yang tinggi mencegah terjadi nya pembakaran sebelum waktunya… !!! Lha kalau digunakan octane level yang rendah maka akan terjadi ‘pembakaran premature’ alias knocking aka ngelitik kata orang Indonesia …!!!

The pros of using premium (maksudnya disini pertamax plus, mid-grade = pertamax, regular=premium red.) are that you don’t have to worry about engine knock, it says so in your manual, and you’ll have no issues with warranty claims if need be. If you drive aggressively all the time or even just on occasion when you need to let loose and have the engine in high RPM’s, using premium would be the best choice.

Lhaaa kalau diisi premium aka BBM Subsidi … gimana mas tri …??? Yaaagh bakalan terjadinya knocking… apalagi jika digunakan pada RPM tinggi … lama-lama engine bakalan cepat jeboool …!!! Lhaaa kalau timing pengapian nya dimajukan (detail dibahas terpisah red.)…??? Bisa saja… namun perlu diingat nggak boleh geber aka memaksimalkan power itu engine …!!! Monggo dilihat yang ahli ngomong … dibawah ini :D

The pros of using regular are that it is cheaper than premium and is usable. You can use regular if you don’t drive aggressively and/or have the engine under high loads and RPM’s. If you drive like a chauffeur who drives politely and doesn’t use all the power available, you can just allow the ECU to retard the timing to allow the use of regular.

Last,… terlihat bahwa jika compression ratio tinggi diberikan minum premium aka BBM subsidi dengan octane yang tidak sesuai aka rendah… maka kemungkinan akan timbul 2 kerugian …!!! Pertama, engine cepat jeboool terutama piston… so siap-siap duit tambahan buat ganti parts engine ….!!! Kedua,… jika konsumen yang menggunakan premium… orang yang mampu membeli pertamax.. yaaagh kerugian kedua… sama aza ‘ngambil’ hak orang lain …!!! Jadi kerugian nya dunia dan akhirat…  cakeeep beneeer …!!! So,.. kesimpulannya adalah… engine compression tinggi dikasih premium… sama aza kurang gawean alias kurang kerjaan … betulll …??? :mrgreen:

About these ads

Komentar»

1. Gondrong - Desember 31, 2012

Biar domfet ga cefet tongfes :D

2. ipanase - Desember 31, 2012

vixion sama cb gimana gan

3. nbsusanto - Desember 31, 2012

nah lho..yang motor-motor baru..

4. nbsusanto - Desember 31, 2012

vixion, mx, cs1, cbr, cb150r, fu, vario, xeon, fxr, ninja250r..apalagi? :D

5. bagas29ps - Desember 31, 2012
6. bennythegreat - Desember 31, 2012

sebentar lagi ada yg komen..motor aing, duit aing kumaha aing

7. triatmono - Desember 31, 2012

@bennythegreat
Dijawab saja… blog aing, artikel aing, kumaha aing… !!! :mrgreen:

8. aspl - Desember 31, 2012

Kalo old vixion boleh ga minum premium

9. aspl - Desember 31, 2012

Ipanse.. Blog mu knapa ko ra iso di buka

10. oyo - Desember 31, 2012

xexe..

11. triatmono - Desember 31, 2012

@aspl
Old Vixion itu compression ratio nya 10.4 : 1,… ini tinggi bro …!!! Jika dilihat tabel… minimum banget itu pertamax bro …!!!

12. Roy (X-Road Wannabe - Trellis Edition) - Desember 31, 2012

7. triatmono – Desember 31, 2012
@bennythegreat
Dijawab saja… blog aing, artikel aing, kumaha aing… !!!
—————————————————————————
:lol:

13. sontoloyo - Desember 31, 2012

“kurang gawean alias kurang kerjaan” menjadikan penghasilan terbatas sehingga beli yg masih bisa terjangkau …

14. mudagrafika - Desember 31, 2012

kesimpulannya adalah… engine compression tinggi dikasih premium… sama aza kurang gawean alias kurang kerjaan … betulll …???
—————————-
Sing betul ki jane kurang duik’e.,kang. Emoh ngempooos,ning pengin gaya..lha opo tumon? :D

15. new vixion - Desember 31, 2012

alhamdulillah old vixionku (kompresi 10,40 : 1) selalu minum pertamax mas tri :D
jadi inget cb150r yg katanya premium ready, pabrikan malah bilang gpp pke bbm subsidi yg notabennya untuk golongan bawah, hdehhh tepok jidat :lol: kan udh jelas2 kompresi tinggi 11 : 1 (turunan cbr dan DOHC lagi :lol: ) wjib bbm oktan 92 keatas aka pertamax dkk, gitu mw powernya keluar tp ngisinya pake bbm subsidi, jangka panjangnya jebol tu engine DOHC abal2, gengsi dong,,,apa kata mbak2 petugas pom :lol: :mrgreen:

16. sontoloyo - Desember 31, 2012

kalau merujuk ke tabel, NVL masih bisa pertamax, CB150R musti pertamax plus … kecuali mau jalan santai max 50kpj ya..

17. piobeat - Desember 31, 2012

alhamd..saya dri dulu pake satria fu 05..sampai skg pake scorpio z 11 selalu pake pertamax plus,,selain sayang motor..ya malu aja..bisa beli motor sport masa pake premium..trims mas tri buat ilmu nya..

18. yudi - Desember 31, 2012

betul..stuju..akuur..siip..smoga membuka mata konsumen utk beralih ke bbm non subsidi, jg membuat produsen punya moral utk tdk membodohi konsumen asal dagangannya laris..

19. mr.black - Desember 31, 2012

kalo nga mampu beli bbm non subsidi,jangan beli motor2 dengan rasio tinggi.beli aja bebek-bebekan.week..week..week.

20. aruna hayata nikimura - Desember 31, 2012

hayate vs vario125
9,..:1 vs 11,..:1

hayate masih layak minum premium wlo itung2anya wajib pertamax

21. ojan - Desember 31, 2012

Kang, kalo ninja 250fi pertamax apa pertamax plus? Trus kalo pake shell yang super apa super extra? Trims

22. Ortega - Desember 31, 2012

Jadi jika ada motor yg Compression ratio nya >10:1 masih make premium brarti yg punya OON. N klo ada marketing yg koar2 motor yg dijual bisa minum premium pdhal rationya >10:1 itu pembodohan namanya.

23. triatmono - Desember 31, 2012

@ojan
Oalaaagh… Ninja 250Fi itu compression rationya 11.3:1… itu tinggi banget… sudah harus pertamax plus …!!! :D

24. yudha depp - Desember 31, 2012

Kesimpulannya
NEW VIXION maupun CB150R itu minumnya pertamax
http://yudhadepp.blogspot.com/2012/12/tindakan-yg-harus-di-ambil-ahm-pada.html?m=1

25. marga - Desember 31, 2012

lebih cerdas memilih motor sesuai kebutuhan

http://kphmph.wordpress.com/2012/12/18/pengetahuan-bensin/

26. andi_liani - Desember 31, 2012

Pasti banyak komentar tidak setuju dari para oportunis.

Mengambil yg bukan haknya = maling.
As simple as that.

27. sabdho guparman - Desember 31, 2012

lha kalau ditambah aditif penambah oktan pripun Gus? banyak banget octan booster dipasaran

kalau kerugian kedua ane gak berani komen dah. . . . kelas berat soale ane juga masih pake premium. . . .

keep brotherhood,

salam,

28. RDY - Desember 31, 2012

Hi bro,

Untung Jupiter MX dan Vixion sudah pakai teknologi
Dyasiil Cylinder dan Forged Piston

29. HirRo - Desember 31, 2012

Jooss juragan ..^^

30. fa74 - Desember 31, 2012

lha kasus vega r 102cc ane yg kompresi rendah dah bbrp taun kasih minum pertamax gmn mas?

31. andhika - Desember 31, 2012

Itulah orang Indonesia.
maunya mesin ok tapi ga mau modal.
hahahah

32. Dr.Feelgood - Desember 31, 2012

juragan mas tri, terus gimana dengan pernyataan-pernyaatan dari berbagai pihak, salah satunya ya pihak pabrikan. yang menyatakan bahwa, ECU bisa menyesuaikan secara otomatis timming pengapian di mesin apabila bahan bakar yang dipake tidak sesuai dengan kebutuhan kompresi mesin. ???

33. fa74 - Desember 31, 2012

inget anak2 dsini yg skrg pd kapok beli fu. mesin mudah rusak, kata mrk :D

34. thole - Desember 31, 2012

fine2 aja. .vario 110 yg kompresinya 10.7:1 tuh digarasi tiap hari ditenggakin bbm kismin, ngisi nya di eceran pulak, maklum dipake srabutan orang se rumah, hah ha ha h hahah
besok kalo vario nya jebol, gw beli pertamax deh, disiram ke vario trus dibakarr :mrgreen:

35. neorider - Desember 31, 2012

Betul juragan….kan kalu dah mampu beli montor level tengah atas harusnya pemikirannya jg dah tengah atas dung ya….
Yg pasti gunakan bahan bakar yg memang sesuai spec ajalah kalu ingin motor performanya tetap ok….jgn krn penggunaan yg tdk sesuai spec kmdn performa motor tdk maksimal pabrikan yg jd disalahkan

36. Rony - Desember 31, 2012

artikel pencerahan..hehehe…
emang kalo mampu yah sebaiknya beli bbm yang seharusnya…n sesuai spek mesin…

37. triatmono - Desember 31, 2012

@sabdho
Dikasih octane booster ya nggak apa-apa… lha wong octane level nya naik …!!! Tinggal berapa besar naiknya… komposisi jumlah yang dituangkan… harus sesuai agar octane nya meningkat sesuai kebutuhan …!!! Misalnya motor gede touring… biasanya bawa octane booster… jika terpaksa ngisi premium karena nggak ada… dituangkan octane booster… jadi engine aman …!!!

@Dr. Feelgood
nggak ngerti maksudnya …??? Apa ada engine bisa punya sensor tentang octane level …??? Setahu juragan yaaa nggak bisa… secara otomatis… dikasih premium misalnya pengapian berubah… diisi pertamax langsung berubah secara otomatis …!!! :D

38. hiulscm - Desember 31, 2012

Kesimpulannnya…bbm yg ktny subsidi itu,bukan untuk org yg tdak mmpu…tapi buat mesin brkompresi rendah…
Balik lagi ke motorny ap…

39. Dreadlock - Desember 31, 2012

Pernah denger katanya compression ratio tinggi gak harus memakai bensin oktan tinggi juga untuk mesin mesin modern dengan sistem radiator dan cpu mesin yang canggih. Itu bener gak ya? Oiya kalo misal mesin turbo itu gimana ya? CR nya rata2 8-9:1 aja.

40. Dreadlock - Desember 31, 2012

Oiya untuk kasus mazda cx5 itu yang kompresi 13:1 tapi bisa minum bensin oktan 92 dengan aman katanya gara gara cpu sama radiatornya canggih. Ada yang tau gimana tuh cara kerjanya.

41. bms wetan - Desember 31, 2012

masih pd premium,,,,,,ap kt dunia.cetho pengin ndugal kurang modal
kang

42. kommotor.com - Desember 31, 2012
43. Pengguna Mio J - Premium - Desember 31, 2012

berarti Mio J saya di ambang batas antara pakai Premium apa Pertamax y gan… compression ratio Mio J kan 9,30:1 = 89,22 lebih kurang….

Premium = 88
Pertamax = 92

mending pakai mana gan? hehehehe……

44. ●○ qwerty ○● - Desember 31, 2012

nvl ada tombol stop engine.

kalo si CulunBoyos livery karat edition gak ada engine stopnya, makanya karatan, coz matiin mesinnya disiram bensin terus di baakkaarr!

45. Daratrisna Aja - Desember 31, 2012

9. aspl – Desember 31, 2012
Ipanse.. Blog mu knapa ko ra iso di buka
——————————-
Artikel om ipan terserang karat….xixixi
semua berubah ketika negara api menyerang…. avatar mode On..

BTT……..
Yeep atpm mesti kasi saran yang bener… konsumen mesti pilih bbm yg bener..

Semua senang semua hepi

46. kommotor.com - Desember 31, 2012

Udah slse bacanya gan, kalau kompresi ninja RR yang hanya 6,9:1 berarti boleh minum premium ya gan?? Dan ga masuk kategori ngambil hak orang lain??? Mohon jawaban yang bijaksana… ;)

47. Novian Agung - Desember 31, 2012

Maaf tidak setuju dengan pernyataan: “Kedua,… jika konsumen yang menggunakan premium… orang yang mampu membeli pertamax.. yaaagh kerugian kedua… sama aza ‘ngambil’ hak orang lain …!!! Jadi kerugian nya dunia dan akhirat… ”

http://katabaru.wordpress.com/2012/02/23/subsidi-bbm-oh-ya/

48. hi hi hi - Desember 31, 2012

38. Dreadlock
CR segitu turbo sdh jalan apa nggak, kalau dah jalan yakin lebih gede dari itu.

49. FB YH - Desember 31, 2012

Saya punya mio th 2006 saja tak kasih pertamax terus. Efeknya memang nyata, selain tarikan lebih enteng, pas servis besar 25000 km mesinnya bersih keraknya sedikit tok

Nitip perpustakaan mas

50. wasisimmortal - Desember 31, 2012

Supra lawas ku (Honda, bukan Toyota).hehe. 9:1, di kasih pertamax malah mbrebet2 kalo dingin, juga perasaan panas bgt (kasar). Padahal niat pake Non-Subsidi.
Mau tanya Juragan, Kenapa pertamina gak ngadain Premium Non subsidi ya ?

51. bapakeVALKYLA - Desember 31, 2012

lha kok ada pabrikan yg “mengijinkan” produknya yg berkompresi tinggi minum premium.
itu gimana mas tri?

52. Gondrong - Desember 31, 2012

Oiya sy ikut nambahin ya mas tri. Secara teori memang sih perbandingan kompresi mempengaruhi penggunaan jenis bbm. Kalo sy perhatiin mesin turbo (bensin) rata2 memakai perbandingan kompresi yg sangat rendah & bisa hampir sama dg mesin 2 tak, 6,5-8 : 1 diharuskan memakai bensin oktan tinggi. Kalo diukur pake compresion tester baru ketahuan kalo tekanan kompresi yang sebenarnya.(sangat tinggi)
Jadi kesimpulannya yg sangat mempengaruhi penggunaan jenis
bbm adalah tekanan kompresi.
Sekedar opini sy ya mas… kalo ada kekurangan mohon dikoreksi.

53. gundamzz - Desember 31, 2012

Meski udah diterangin dengan dasar ilmu fisika mekanikal, tetep kalah ama alasan sales aka logika lambejaraners…..dianggap sesat yo benz, yg penting dagangane payu…..Mesin jebol yo benz, tuku maneh sing anyar…kalo dah sesat ya sesat….

54. z1rider - Desember 31, 2012

Simpang siur dah… Kembali ke si empunya saza :D

55. bysonAlbino - Desember 31, 2012

buethulll….

56. flash - Desember 31, 2012

nah mas tri… vario125 kan kompresinya 11:1 seharusnya kan pake BBM oktan 95 ke atas yaitu pertamax plus ato shell super extra, tapi kok mas tri varionya pake shell super yang punya oktan 92 ? kan ga cocok jadi kurang gawean juga … ? :)

57. bysonAlbino - Desember 31, 2012

udah gini aja….
yang kuat beli pertamax diperbolehkan beli motor semprot…
kalo cuman mau beli premium ya tuku smash titan aja…sumpah enak n bandel tu motor…raja dikelasnya…syang gak pada tauu..

58. flash - Desember 31, 2012

iya kan mas tri sudah menjelaskan ke orang lain jadi apa yang dijelaskan mas tri juga harus dipraktekkan sama mas tri juga… kalo vario125 kompresi 11:1 harus pake oktan 95 yaitu pertamax plus ato shell super extra.

jangan sampai bisa menjelaskan ke orang lain tapi mas tri sendiri tidak melakukannya… kalo seperti itu dalam agama Islam apa namanya hayoo …. ?

59. triatmono - Desember 31, 2012

@flash
Setuju mas… !!! Dalam rangka pengujian… agar komparable dengan motor lain yang diuji… semuanya diterapkan menggunakan shell super aka pertamax …!!! Setelah selesai pengujian akan pake pertamax plus …!!! Okey …???

60. jaos_konsumen biasa - Desember 31, 2012

@flash
kalo dalam pemikiran konsumen biasa, sampeyan itu macam orang agamawi munafik……..krn gemar mencari2 ‘kesalahan’ gak penting.
Padahal itu wtf sdh aman make pertamax sbg bbm minimalnya……..
Tapi premium itu apa? selain bensin subsidi….oktannya jauh dibawah standar kompresi si wtf.

Ada toleransi kecil (pertamax) bila yg ideal (p.plus) belum sempat/bisa dilakukan, asal jgn SELALU make dalih/alasan (premium) padahal sanggup beli dgn semestinya.

saya kira sampeyan ini macam kuburan………hanya menerima orang mati total. Kagak bisa yg setengah mati. Benar2 radikal……tapi apa sampeyan udah lakukan apa yg sampeyan tuduh tadi?

*hahahahahahahah

61. jaos_konsumen biasa - Desember 31, 2012

hahahahah ahhahahahahah………udah dijawab duluan tuh soal bbm, biar std bbm semua test sami.

62. Dr.Feelgood - Desember 31, 2012

woh berarti bohong dong yah, aduh, trik marketing lagi neh. makasih banyak juragan atas penjelasannya. mantap dah. :D

63. Mbelgedhess - Desember 31, 2012

58. flash – Desember 31, 2012

iya kan mas tri sudah menjelaskan ke orang lain jadi apa yang dijelaskan mas tri juga harus dipraktekkan sama mas tri juga… kalo vario125 kompresi 11:1 harus pake oktan 95 yaitu pertamax plus ato shell super extra.

jangan sampai bisa menjelaskan ke orang lain tapi mas tri sendiri tidak melakukannya… kalo seperti itu dalam agama Islam apa namanya hayoo …. ?
======================================================

UDAH2x MUNGKIN JURAGAN KHILAF….TAPI MUNGKIN JUGA BIAR PENGETESAN VARIABEL BBM SAMA DENGAN PENGETESAN YANG DULU2x…..BIAR APPLE TO APPLE…..

INTINE YANG BISA DISIMPULKEN ….WARIO 125 BOROS BENSIN DAN HARUS PAKE PETROMAK PLUS PLUS :mrgreen:

64. ardiantoyugo - Desember 31, 2012

ora dong boso inggris…

65. Mbelgedhess - Desember 31, 2012

WAH UDAH DIJAWAB AMA JURAGAN, GARA2x INET ANE LEMOT PFFTT…..MANTEBS GAN…..MEMANG TEST HARUS APPLE TO APPLE……NTAR KLO GAK SAMA F-Bh PADA PROTES NTAR :mrgreen:

66. bitlow - Desember 31, 2012
67. yonk - Desember 31, 2012

menurut petikan ahli yang kedua, dijelaskan kalau mesin kompresi tinggi masih menoleransi pemberian bbm premium jika dan hanya jika timing pengapian dimundurkan, tidak membawa beban berat dan tidak menggunakan rpm terlampau tinggi.

68. blogkuncibusi - Desember 31, 2012
69. Bocah_Ugal - Desember 31, 2012

hidup pertamax

70. flash - Desember 31, 2012

@jaos_konsumen biasa
kalo dalam pemikiran konsumen biasa, sampeyan itu macam orang agamawi munafik……..krn gemar mencari2 ‘kesalahan’ gak penting.

cuma sekedar mengingatkan mas tri bahwa sesuatu itu diamalkan dulu sendiri sebelum disampaikan ke orang lain. kan dari posting mas tri sebelumnya mas tri melakukan ga sesuai seperti yang dijelaskan mas tri sendiri seperti di atas.

dan ternyata ada penjelasan lanjutan dari mas tri seperti ini :
Dalam rangka pengujian… agar komparable dengan motor lain yang diuji… semuanya diterapkan menggunakan shell super aka pertamax …!!!

nah jadi saya ngerti dech alasannya kenapa…..

@jaos_konsumen biasa
Padahal itu wtf sdh aman make pertamax sbg bbm minimalnya……..

sebagai orang awam saya ambil kesimpulan aja dari penjelasan mas tri yaitu kompresi 11:1= oktan 97. jadi ga perlu ribet-ribet mikirin yang lain. mas tri kan uda pakarnya untuk hal yang ginian …

@jaos_konsumen biasa
saya kira sampeyan ini macam kuburan………hanya menerima orang mati total. Kagak bisa yg setengah mati. Benar2 radikal……

ya uda ga pa pa seperti kuburan, coz kita kan calon-calon mayat dan entar juga masuk kuburan tinggal tunggu antrian aja … :)

@jaos_konsumen biasa
tapi apa sampeyan udah lakukan apa yg sampeyan tuduh tadi?

capa yang nuduh ? kan uda jelas dari postingan mas tri sebelumnya dan sekarang …. kalo saya Alhamdullilah dikasih rejeki lebih supaya ga ambil hak orang yang punya jatah premium…..

71. Mbelgedhess - Desember 31, 2012

67. yonk – Desember 31, 2012

menurut petikan ahli yang kedua, dijelaskan kalau mesin kompresi tinggi masih menoleransi pemberian bbm premium jika dan hanya jika timing pengapian dimundurkan, tidak membawa beban berat dan tidak menggunakan rpm terlampau tinggi.
========================================================

JADI YANG TERALIS KARATAN……DIKASIH PREMINUM JADI LUEEMMOTT YE GAN…KEUNGGULAN DOHC-NYA GAK DE, LHA WONG GAK BOLEH RPM TERLAMPAU TINGGI :mrgreen:

72. demit rio - Desember 31, 2012

ura gumun mas. kalo jebol knapa fu yg kbnykan yg make alay yg msh minta duit sama ortu awet2 aja. halah gdabrus pean lah.

73. ahong - Desember 31, 2012

Sepeda motor 1 liter bisa untuk 40 km….
Kalo sepeda ontel utk jarak 40 km bisa 50rb lebih tu bbm nya.. (ayam bakar 2 porsi + nasi uduk + jus anggur 4 gelas + cemilan2..)
tapi naik sepeda jelas lebih sehat drpn naik spd mtor…

74. Josh - Desember 31, 2012

Tolong diartikan perbandingan kompresi dgn oktan yg diperlukan mas bro. http://en.m.wikipedia.org/wiki/Compression_ratio

75. Nofgi - Desember 31, 2012
76. D14L - Desember 31, 2012

jd inget iklan motor metik HONDUT si BAUT.. 1 Liter bisa untuk 70an Km.. skarang consumen mau dibodohi lg dgn pelek cungkring boleh pake ban gambot OR Compresi tinggi (11.1) boleh minum Premium… cape deh… tuh untuk para penggila motor HONDUT, selamat dibegoin terus… FAKTA loh bukan BC.
trima kasih untuk semua bloger yg netral ngasih INFO produk Otomotif R2. makin pinter n ga mudah lg di BEGOin

77. brigade jalan raya - Desember 31, 2012

Apa harus saya yang bicara :( nih buat ahm dan honda global, BISA GAK PASTIKANNNN cb150r ITU BISA MINUM BENSIN OKTAN RENDAH alias premium DENGAN tidak menimbulkan kerusakan (knockling, dan mesin jebol) pada setiap unitnya. Nahhhhh :) :) :) :) :) simple kan. kok repot.

Kesal mode on :(

78. marshall - Desember 31, 2012

Ortega pada Desember 31, 2012
pada 1:29 pm
Jadi jika ada motor yg Compression
ratio nya >10:1 masih make
premium brarti yg punya OON. N klo
ada marketing yg koar2 motor yg
dijual bisa minum premium pdhal
rationya >10:1 itu pembodohan
namanya.

==============================

“”klo ada marketing yg koar2 motor yg
dijual bisa minum premium pdhal
rationya >10:1 itu pembodohan
namanya”"

ngga pembodohan jg sih mas, karna poinnya kan bisa atau tidak bisa = ya bisa, namun berefek negatif…….

kecuali poinnya tentang “kompresi > 10 : 1 aman pakai premium” nah ini jelas sangat sebuah pembodohan…..

imho loh ya…..

79. casper, - Desember 31, 2012

topik yang menggelitik, jadi kepengen bikin blog

ini yg benar
fakta :
kompresi tinggi benar bisa minum premium

penjelasanya?
percuma kl d tulis dkolom komentar

80. gunawanspurs - Desember 31, 2012

Krn ekonomi mmg masih relatif lemah, saia pilih motor & mobil smwnya yg rasio kompresi di bawah 10:1 kang, dan utk menjamin sistem pengabutan BBM bandel dikasih premium, belom berani pake mesin injeksi, hehehe. :mrgreen:

81. ayoi - Desember 31, 2012

klo gak kuat beli petromax ya mending campur aja (petromax/ petromax plus campur premium) beres, murah lagi….:D

82. gunawanspurs - Desember 31, 2012

52. Gondrong – Desember 31, 2012

Oiya sy ikut nambahin ya mas tri. Secara teori memang sih perbandingan kompresi mempengaruhi penggunaan jenis bbm. Kalo sy perhatiin mesin turbo (bensin) rata2 memakai perbandingan kompresi yg sangat rendah & bisa hampir sama dg mesin 2 tak, 6,5-8 : 1 diharuskan memakai bensin oktan tinggi. Kalo diukur pake compresion tester baru ketahuan kalo tekanan kompresi yang sebenarnya.(sangat tinggi)
Jadi kesimpulannya yg sangat mempengaruhi penggunaan jenis
bbm adalah tekanan kompresi.
Sekedar opini sy ya mas… kalo ada kekurangan mohon dikoreksi.

=================================

Mas bro, rasio kompresi kan cma membandingkan volume mesin vs ruang kubah pembakaran, adapun mesin turbo itu “forced induction” alias gak “normally aspirated” asupan campuran udara + BBM nya, karena dipaksa masuk oleh kitiran bilah2 kompresor.

Sy rasa utk sepeda motor kubikasi kecil, membicarakan rasio kompresi terhitung masih relevan (tp mmg benar, tekanan kompresi adalah bilangan yg paling tepat klo membicarakan mesin scr umum).

Regards. :)

83. Vyzex - Desember 31, 2012

Fakta

jazz dari 2008 dikasih premium
Awal 2012 ganti crv, masih diisi premium

Kalo ketemu tol, tancap gas.
Kadang-kadang sampai red line.
Gak papa tuh.
Mesin masih halus.

Fakta

Kang edo motornya pake pertamax terus
Servis teratur.
Setelah setahun, ring piston jebol.

84. gunawanspurs - Desember 31, 2012

LOL, bicara ttg subsidi yg salah sasaran, mobil 400 jt dikasih minum premium. :lol:

85. kasamago - Januari 1, 2013

ngikut sesuai bku manual aj dah.. pertamax y pertamax..

86. blackok - Januari 1, 2013

huahahahahaha…
ngakak gua kalo baca coment2nya FBY, katanya” fb smart ga taunya guoblok semua!
Vixion memang d rancang minum premium padahal harusnya pertamax, ternyata nie motor sport yang paling banyak minum bbm bersubsidi…hahahahahaha
masih mending ahm ngasih tau klo si cb bisa minum premium tp tetap menyarankan pakai pertamax.

87. bening689 - Januari 1, 2013

Gasoline (petrol) engine

the compression ratio in a gasoline or petrol-powered engine will usually not be much higher than 10:1 due to potential engine knocking (detonation). Some production automotive engines built for high-performance from 1955–1972, with compression ratios as high as 13.0:1, could run safely on the high-octane leaded gasoline then available.

A technique used to prevent the onset of knock is the high “swirl” engine that forces the intake charge to adopt a very fast circular rotation in the cylinder during compression that provides quicker and more complete combustion. It is possible to manufacture gasoline engines with compression ratios of over 11:1 that can use 87 (MON + RON)/2 (octane rating) fuel with the addition of variable valve timing and knock sensors to delay ignition timing. Such engines may not produce their full rated power using 87 octane gasoline under all circumstances due to the delayed ignition timing. Direct fuel injection which can inject fuel only at the time of fuel ignition (similar to a diesel engine) is another recent development which also allows for higher compression ratios on gasoline engines.

The CR can be as high as 13:1 (2005 BMW K1200S) in engines with a ‘ping’ or ‘knock’ sensor and an electronic control unit. In 1981 Jaguar released a cylinder head that allowed up to 14:1 compression; but settled for 12.5:1 in production cars. The cylinder head design was known as the “May Fireball” head; it was developed by a Swiss engineer Michael May.

Mazda is in 2012 releasing new petrol engines under the brand name SkyActiv with 14:1 compression ratio, to be used in all Mazda vehicles by 2015.[2][3][4]

88. bening689 - Januari 1, 2013
89. bening689 - Januari 1, 2013

Honda pake cara ini kali: It is possible to manufacture gasoline engines with compression ratios of over 11:1 that can use 87 (MON + RON)/2 (octane rating) fuel with the addition of variable valve timing and knock sensors to delay ignition timing. Such engines may not produce their full rated power using 87 octane gasoline under all circumstances due to the delayed ignition timing

Paham? Saya sendiri nggak paham…. tanya om QWERTAY atau om Jaos dan MBELGEDESH

90. t163r3v0 - Januari 1, 2013

ahli motor sing ngomong kuwi sopo?

91. kimimaki - Januari 1, 2013

Malam all,..
motor saya CBR150r fi, yang katanya masih bisa nerima premium and akhirnya saya coba. Memang bisa tapi larinya endut-endutan di rpm 6000-7000. apalagi di tanjakan, kata bengkel harus pake pertamax. tapi sama saja masih ndut-endutan. Saya bawa lagi ke bengkel katanya perlu ganti BUSI dingin (iridium)
Keneapa nggak dari awal dibekali busi ini??

92. c33b - Januari 1, 2013

turut prihatin dengan omongan petinggi pabrikan.kalau pun bisa premium asal ga dimaksimalkan ya percuma donk beli yg gituan

93. Virus - Januari 1, 2013

@kimimaki
TEPOK JIDAT ALAMAT KASUS MESIN NDUT-NDUTan YG JUGA TERJADI DI vario 125 KEMBAR SIAM dengan CB150R APEEEESSSSSSS…
*SALAM SETTING TUSUK KONDE SELALU (OBENG) KEMANAPUN ANDA PERGI AGAR GAK NDUT-NDUTAN JALANNYA…

94. Gondrong - Januari 1, 2013

@guspur (disingkat yak) :D
siiiip masbro… thanx atas pencerahannya!

95. jaos_konsumen biasa - Januari 1, 2013

@86 bening
itu vvti dan knocking sensor emang ada, …tapi tidak ada di barang murah macam di cb, bahkan jg tidak ada di cbr150r…itu terlalu mewah dan canggih buat barang beginian….

terima aja kenyataan, kalo barang berkompresi tinggi…….pake la bbm ber oktan tinggi……….dan kalo barang berkompresi rendah pake la bbm ber oktan biasa tanpa perduli soal isu subsidi, krn pemborosan scr pribadi jg adalah keliru.

artinya jg jgn terlalu mengandalkan bacotan timing yg udah disesuaikan………krn kalo sdh disesuaikan buat ron88 maka buat apalagi di isi ron91 ke atas? selain pemborosan uang jg tenaga tetap udah down dan boros bbm.
Tapi kalo kompresi memang tinggi…….maka bacotan premium ready adalah sesat, krn sampeyan yg merasakan langsung efeknya……….power tetap drop, boros, makan busi (saya sndr alami di mtr lain), dlm jangka panjang……….saya belum pernah alami, tapi kabarnya piston berkerak dsb.

96. afan - Januari 1, 2013

produsenya yg banci, kalau memang spek bbm nya hrs pertamax ya harus pertamax. jangan dibilang aman minum subsidi.

lalu pemerintah kalau memang mau memabatasi bbm subsidi ya bisa mengharuskan produsen menseting mobil yg speknya minum pertamax ya cuma bisa pertamax.

tapi btw, avanza xenia livina tetap aja laris manis dan kalau di tol umumnya tukang kebut. diisi bensin subsidi ga ada masalah berarti.

so… insinyur toyota daihatsu kreatif dan hebat

97. tolet teblum - Januari 1, 2013

kebanyakan orang itu ga pernah sampai kepada pemikiran pada perawatan, beli motor mahal dengan kompresi tinggi,minumnya premium.itu artinya ga sayang dengan motornya alias kalo rusak beli baru lagi ( :D ) tajir tenan kuwi

kalo orang yang sayang motornya apalagi tau tunggangannya musti minum pertamax, maka pasti dikasih pertamax. itu motor udah mau nemenin, nganter ke tmpt tujuan walaupun panas2an, ujan2an. masa dikasihnya premium. :D

98. orang gila - Januari 1, 2013

juragan, mau tanya. kan vario 110 MC ane kompresinya 10-an:1. kan dijelasin, kalo kompresi 10:1 oktan minimal 93. tapi kalo ane seringnya ngisi Shell super extra yang oktannya 95, ada efek minusnya enggak? (selain duit tipis).

99. Trisna Ariwibawa - Januari 1, 2013
100. irfan - Januari 1, 2013

betul mas….

101. ben piss - Januari 1, 2013

95. afan,
Waduh…jangan samakan teknologi yang disematkan di engine mobil dan motor Bro.
Pabrikan motor bukannya gak bisa terapkan teknologi yang sejenis, tapi harga dan space yang tersedia tidak memungkinkan menerapkan variable valve timing di mesin sepeda motor ber-cc kecil.
Penerapan variable valve & timing membutuhkan space untuk menempatkan mekanisme hydraulic-nya.

Kalau dipaksakan ke motor ber-cc kecil, bobot akan bertambah dan akan berimbas pada power to weight rasio yang lebih rendah. Belum lagi akan tersunatnya power mesin sebagai prime mover sistem hidraulic variable valve timingnya.

Penggunaan variable valve timing + knocking sensor akan sangat membantu ECU dalam mengkompensasi efek pemakaian premium beroktan rendah.
ECU punya ruang yang lebih luas bukan hanya pada pengaturan waktu penyalaan busi, tapi juga pada pengaturan rasio compresinya.

Kita tahu bahwa rasio kompresi real bukan pada volume ruanga bakar saat TMB berbanding TMA tapi juga memperhitungkan waktu buka tutup valve inlet & outletnya.
Jadi dengan mengatur waktu bukaan valve, ECU bisa mengurangi rasio kompresi kalau terpaksa menggunakan bensin beroktan rendah.

102. aldi - Januari 1, 2013

Meski Kompresi Tinggi, Honda CB150R Masih Bisa Minum Premium

Seperti setting ECM (Electronic Control Module) pada sistem pengapian dan bahan bakarnya sudah disesuaikan. “Timing pengapiannya berbeda dengan CBR150R, CB150R lebih mundur sehingga masih bisa menggunakan premium,” jelas Sarwono Edhi, Technical Training Development PT AHM.

“Pada CB150R, timing pengapian ketika stasioner ada di 7,15 derajat sebelum titik mati atas (TMA), sedang CBR150R ada di 9 derajat. Ketika advance, CB150R ada di 69 derajat sebelum TMA sedang CBR150R ada di 60 derajat sebelum TMA,” sambungnya panjang lebar.

Dapat diambil kesimpulan meskipun kompresi tinggi, jika timing pengapian dimundurkan bisa menggunakan premium. dan kayaknya ada kemungkinan kalo pake pertamax ga bisa optimal coz timing pengapiannya uda dimundurkan.

mungkin ada yang bisa jelasin secara teknis masalah ini ?

103. stevant novanto - Januari 1, 2013

Mangsalahnya premium yang dijual di Indonesia itu sebenarnya RON a.k.a Octane-nya bukan 88 loh tapi 90 karena di kilang luar sudah gak ada bensin a.k.a petrol dengan RON 88 lagi. Jadi yg benar bensin subsidi itu RON 90, Pertamax RON 92 dan Pertamax Plus RON 98. Makanya kalau pun jebol lama terjadinya, yg lebih mengancam justru karena Premium a.k.a Premix itu tinggi kandungan sulfurnya yg sudah pake Injection siap2 aja modar fuel pump/filternya kalau nekat pake Premium terus. CMIIW

104. Afif Cerdas - Januari 1, 2013

Kalo air minum RON88 itu bisa dipake ga juragan?

105. salamno14 - Januari 1, 2013

mungkin kalo buat nyibir subsidi okelah, tapi coba perhatikeun, itu AVANZA sama taxi LIMO -DOHC 4 silinder 16 valve VVTI , kompresi tinggi tapi kbanyakan pemakan premium, dari 2004 jarang si yang jebol gara gara nenggak premium kalo bicara fakta paling jebol gara gara di premium nya ada aer jadi ngrusak pompa bensin

106. aeeagle - Januari 2, 2013

Yoi tandanya Supra X 125 paling cocok pake premium apik lahh!

107. mydasign - Januari 2, 2013

woww… ini gara-gara harga BBM disini yang jomplang abis…. jadinya kayak gini. kenapa tidak disubsidi silang. separo subsidi premium dialokasikan untuk pretamax atau pertamax plus ? ibarat premium naek jadi 6.500 trus pertamax turun jadi 7.500 apa ga bisa ?

108. DION - Januari 2, 2013

saya pemilik vario125 bulan ke 4, ada yang menarik,,meskipun berkompresi 11:1, kayaknya vario 125 saya justru lebih cocok pakai oktan 92 daripada oktan 95. ketika menggunakan pertamax plus 95 top speed hanya 105 km/ jam, tapi dengan pertamax 92 top speed mencapai 110 km/jam. mungkin ada hubungannya dengan settingan pengapian dari pabrik untuk disesuaikan dengan bensin miskin oktan88,, dan jangan lupa, acara peluncuruan Vario 125 ULIMATE JOURNEY JAWA-BALI seluruh peserta menggunakan BBM Pertamax 92 (warna biru). nih buktinya: http://motorplus.otomotifnet.com/touringvario125jakartabali/honda/read_image/303/Galeri-Pengukuran-BBM-Turing-Vario-125/3/1/3536..tapi mungkin juga oli mesin juga berpengaruh, entahlah,,,berikut datanya:

lokasi: jalan raya solo-jogja (sekitar gondang. klaten)

bbm: pertamax plus 95
oli: federal flick 10w-40
top speed: 105km/jam

bbm: pertamax 92
oli: shell ax7 10w-40
top speed: 110km/j

*top speed berdasarkan speedometer

109. wiwi - Januari 3, 2013
110. Mx Music - Maret 12, 2013

Numpang tanya ane mau beli Ninja 250 fuel injection untuk 1 liter Pertamax Plus ato 1 liter Super Extra Shell itu sanggup berapa kilometer apabila masih knalpot standar lalu kalo pake Knalpot Racing Macam R9 ? Thx…mohon dijawab secepatnya lagi Galau Alias Gila Layau…

111. aldi - Juni 7, 2013

kang, saya punya motor vixion tahun 2012 nh… harus pake pertamax atau premium?


Tinggalkan Balasan

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 2.612 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: