Oalaaagh,… komparasi ngene wae kok podo ribuuut …??? Mei 30, 2012
Posted by triatmono in Test Ride Anak Jalanan.Tags: Honda CS1, Honda Supra X-125, Jupiter MX
trackback
Wkwkwkwk,… blogsphere memang aneeeh… pokoke kalau sudah menyangkut montor Honda atau Yamaha pasti gegeran sak jagad …!!! Apalagi kalau sudah bicara komparasi… terkait dengan akselerasi atau top speed… dunyo neee pasti gegeeer …!!! Sebagaimana tabel diatas… yang sudah ada sejak tahun 2008… opini pribadi juragan simple saza… kalau juragan nggak ngetest sendiri dengan race logic… juragan nggak percoyo …!!! Mengapa juragan bisa punya opini seperti ini …???


Juragan memang belum pernah ngetest tentang motor bebek… namun sebagai perbandingan adalah skutik 125cc tercepat yang pernah juragan test dengan race logic adalah Suzuki Hayate, dimana 0 – 60 km/h ditempuh dalam 7.2 detik …!!! Sebut saja laaagh Honda Supra X-125 (monggo saja dianalisa untuk Jupi MX dan CS1) bisa menempuh 5.25 detik untuk 0 – 60 km/h… juragan nggak comment daagh… hanya gumun wae… !!! Kegumunan juragan didasari (i) skutik pasti lebih cepat, penelitian di luar negeri (monggo digolek artikelnya) 30% lebih cepat ketimbang motor pake gigi untuk displacement yang sama. (ii) Dari hasil penelitian pada point i, motor bebek butuh ngoper gigi… bagaimana bisa lebih cepat dari skutik …??? (iii) Pengukuran diatas menggunakan apa… juragan juga nggak tahu… apa pake race logic atau alat lain …!!! Last,… nggak usah podo gegeraaan… mungkin cukup diberi komentar… ooooooooo ngaploooo …!!!
















Pertamax
bakarrr
jadi inget klo dulu pernah samping2an sama temen ngetes topspeed. dia naik mx, aku shogun sp. pas sebelahan jejeran, 120 kmh di speedometerku, tapi di speedo dia?? OMG 132 kmh bo’!
jadi bisa disimpulkan klo mx itu emang kenceng.
ga ada yang ngalahin deh.
*kabur numpak shogun sp*
LPG 3KG siap melayang…
Biasalah mas… ga moge ga mbebek sama saja..
New Ninja 250
http://motoroda.wordpress.com/2012/05/30/new-ninja-250-segera-hadir-takut-lawan-cbr-atau-menurunnya-image/
setuju mas tri, perlu mas tri turun tangan utk test anak jalanan !!
wkwkkw, manut juragane wae lah, realistis bin valid, ya to?
http://pertamax7.wordpress.com/2012/05/30/jaket-touring-contin-biar-safety-riding-belinya-di-dab-hobiesshop/
Komparasi ngawur
Kata Rossi : Jupiter MX very fast …..!!!!! Betul khan juragan ??
Blogger nya cerdas, tidak lsng percaya pada hasil yg menurut saya pun ngga masuk akal. Secara logis pun NMP dan Byson yg notabene cc nya 150 top speednya paling 120 an on speedo, mosok mx 135 bisa 130, aneh…
Ajibh..
mas 3 bisa test ki demang, trus share disini. ok gan ?
Like this
bner juragan..
G’ ada untungnya jd fb fanatik smpe menghujat orang laen,..
Dpt apa dr yg di bela coba…?
Dpt dosa iya ya…!!
oleh karena itu, sepertinya mas Tri penting untuk menge test motor2 bebek Suzuki, Yamaha dan Honda dengan tes anak jalanan. biar masyarakat punya referensi independen bukan dri info “ternakan”
siap2 pemadam kebakaran
buenar…skutik lebih cepat daripada unggas untuk displacement yg sama.
dan unggas paling konyol adalah yg pake stiker risol, ini udah luemot tapi mau ngasi aura kencang.
juga….kagak perlu la bakar2an soal top speed…emang penting top speed? itu cuma kerjaan pembual si fbhongkong aja….
bye bye sampah
salam one heart
disinyalir kecepatan diukur pk speedometer tuh !
wah nunggu juragan ngetest ala anak jalanan jupiter burhan kyak punya ane, kira2 bisa nggak juragan??
http://kenthoetboreup.wordpress.com/2012/05/30/menghilangkan-suara-starter-kasar-di-yamaha-mio/
Baru kali ini saya tulis komentar di blog ini, dan jarang mampir ke sini, karena memang blom tahu. Ngga dimana2 ada provokator di setiap komentar, seperti jaos one heart. Ngga usah lah nuduh macam2 pada fb fb baik yg H,Y,S,K,B atau yg lainnya, kaya merasa situ paling benar saja.
namanya juga fansgirl rumpi, apa juga dibikin rame kek emak2 diwarung sayuran pada nggosip.
ya itu,bloger yang ngejar postingan,biar trafic d blog rame…..jadi ngabaikan kualitas,astul jadinya
warungnya mas iwanbeneran kobong, ada jg fansgirl rumpi yg mulai nyerang bloggernya.
tukang fitness emang buruk rupa n buruk sangka, hati busuk kek beruk.
*selain fansgirl rumpi n tukang fitness jgn marah ya!
santai…..
oooo Bunder…
@zidane
selain si jaos juga bnyk yg lbh parah..
si jaos mah mnrt gue mending lah tukang kompor mleduk yg suka bakarin sampah, kek gue jg demen bikin mangkel fansgirl..
tp msh mending loh, dari pada sekelompok fansgirl rumpi banci kaleng n tukang fisness itu, nyerang personal n bloggernya pake kata2 ragunan.. pdhl ngakunya cerdas n ber iq tinggi tp sifat iblisnya dipelihara.
sorry ye gue gak sok suci, krn gue jg suka yg hot2, tp anti sama fitness mem fitness kek sekelompok fansgirl itu..
*yg merasa fansgirl boleh nyolot
wkwkwk..
ku..obong, ku..obong, ku..obong
ngapain sih dibuat ribut ? toh kalau naik motor paling ppuuooolllll hanya 80 kpj…. ingat pepatah orang kampung bilang NGEBUT BENJUT
gak semua orang punya nyali pacu motornya sampe topspeed makanya di hasil komparsi pada ngotot karena hubungannya dengan gengsi dan pride xixixi..
apa aja bole
eh lupa permisi….
salam kenal mas tri, gue juga baru kali ini *baca n komentar di blognya mas tri….
*baca n komentarnya sambil boker nih. (sorry ye gan)
wkwkwkwk….
Gini lho kita sadari kalo blogg memang dijadikan ajang TARUNG
PARA PABRIKAN diantaranya adu SPY SHOT yg sy yakini infos SPY SHOT
sebetulnya sebagian besar dr org pabrikan sendiri..
namun kajian IWB diatas maupun Otomotif ada tidak akuratnya..
Kenapa krn PENGUJIAN TIDAK DILAKUKAN PABRIKAN RESMI BERSAMA SAMA,
Kredibilitas tester, kondisi track!
jadi hasil diatas adalah HASIL TIDAK RESMI DAN TIDAK ILMIAH!
sy pun ngga mau GOBLOK memperdebatkan kasus ini,
lebih SOTOY lagi sy buka torsi dan daya 3 MOTOR ini !:
1. DAYA :
- CS1 = 12,8 PS / 10.000 rpm = 11,8 HP = 1,18HP/1000rpm
- PGMFI=9,63 PS / 7.500 rpm = 8,8 HP = 1,17HP/1000rpm
- MX =9.21 kW / 8.500 rpm = 12,07 HP = 1,42HP/1000rpm
2. TORSI/TORQUE :
- CS1 = 1.04 kgf.m / 7.500 rpm = 10,20 Nm = 1.36Nm/1000rpm
- PGMFI= 1,08 kgf.m / 5.500 rpm = 10.59 Nm = 1,92Nm/1000rpm
- MX = 12.14 Nm / 6.000 rpm = 1,22 kgf.m = 2,02Nm/1000rpm7,5
KESIMPULANNYA :
1. Daya MX lebih cepat dari yang lainnya pada 1000 rpm.
2. Akselerasi CS1 Lebih Unggul dari yang lainya pada 1000rpm.
3. pada kondisi tester yg berat maka MX lebih cepat dr yg lain
namun pada tester yg kurus cs1 lebih cepat dari mx!.
4. Lintasan lurus maka MX lebih cepat, kalo lintasan sirkuit CS1 lebih cepat.
oleh karena itu kesimpulan pada blog ini :
http://tmcblog.com/2009/02/11/milih-motor-berdasarkan-torsi/
adalah SALAH KAPRAH! mengartikan torsi maksimum pada rpm rendah itu kesalahan
fatal tidak berdasar
silahkan dicek :
yang benar sadalah torsi itu lift power, daya itu fast power!
kasihan mas iwb di unyeng-unyeng fbh,. ,
gak ada kerjaan makanya ribut, hehe..
nitip
http://gafuri46.wordpress.com/2012/05/30/perilaku-yang-dapat-merusak-otak/
sayangnya mas iwb hanya testimoni bukan coba sendiri! Tp kayaknya mas iwb itu emang masih lugu ea..
komparasi ra umum, kebenarane sangat diiragukan yo pantes akeh sing dho protes..ora fbh ora sby mesti protese..
piss
http://areeya2.wordpress.com/2012/05/30/konsep-modif-n250-red-spoke-wheels/
kalo judulnya gak bikin panas sih gak bakaln kyk gitu.
judul thread iwb aja yg lebay…meskipun ambil dari data lama milik orang yg gak jelas, mestinya blogger punya pengetahuan sblm posting ke blognya meskipun blog pribadi dan terserah pemiliknya ..tp harus punya otak dong..masak gak ada filternya..
absen aja
http://areeya2.wordpress.com/2012/05/30/konsep-modif-n250-red-spoke-wheels/
blogger dikatakan netral n independent itu yg selalu posting ngebagusin honda n ngejelekin selain honda.
Tanya aja fbh
Gitu aja diributin. Paling top speednya beda tipis
39. koplak – Mei 30, 2012
blogger dikatakan netral n independent itu yg selalu posting ngebagusin honda n ngejelekin selain honda.
Tanya aja fbh
——————————————————————
Yg jumlahnya mayoritas pasti selalu benar. Udah agan manut aja apa kata mayoritas.
Di dunia ini jumlah ilmuwan lebih dikit daripada jumlah orang bodoh, makanya orang bodoh selalu benar*
Kalo top speed test yg dilakukan siapa saja pasti ada yang nanyain obyektifnya….. Gitu aja koq repot….
blogger yg berani menulis negatif produk honda, akan dihujat oleh fbh. siap siap konsumen jadi bodo ..!!
[...] soal mau kenceng kencengan di jalan itu BUAT APA??????? cuma gara2 komparasi kayak gitu aja ribut ( kata juragan rondo [...]
Br pertama komen di mari..
Slm kenal mas tri..
Mbok yo podho sing sareh..
ya gimana ga panas mas tri…. para FBH merasa ga terima kalo CS1 kalah dari mx. ya kalo mau dapat realnya silahkan tes sendiri-sendiri saja..
ngukurnya pake perasaan kaleeee…
nitip mas ben gak eyel2an:
vixion vs tiger… :
http://umarabuihsan.wordpress.com/2012/05/31/vixion-vs-tiger-kita-prediksi-akselerasi-tanpa-eyel2an-yo/
kalo standar ga mungkin ntu mx bisa 130, kalo udah mixion + BRT aka 150 ane percaya coz menthok di 135, ga ada lawan selain ninja ma fu.
logika dari mas tri sangat masuk akal…komparasi di tabloid macam gitu kok masih dipercaya…coba tuch tips2 tabloid itu diikuti dijamin mesin jebluk wkwkwkwk
cs1 montor banter ning ora payu. (kenyataan)
mx montor lemot ning laris
suprax montor lemot bin irit ning laris buanget.
lempar minyak tanah ++ sak derigen ke qwerty dan juraganneon …mabul mabul
mx emang top speed dr temen2 ad yg blng 125 km/jam juga ada yg blng 130 km/jam tp katanya diborosin dikit tanpa ganti apapun. Tp ane prnh ngetes sm ninja 250r gw jejerin terus ampe top speed mx ternyata di spedometer ninin 120 km/jam krng dikit, kl hsx ma mlh ga nyampe 110 km/jam. Kl cs1 dl prnah coba kebut dg pulsar 200 dan cs1 cm bisa bertahan 114 km/jam dan diatas itu dah lewat. Berarti top speed cs1 aslinya malah cm 110 km/jam. Pdhl ninin ane gps garmin tembus 156 km/jam, gps blackberry malah 170an km/jam
pengukurannya menggunakan jam matahari kali Om
http://juragansinyal.blogspot.com
kalo speedometernya masi analog..cara mudah n murah meriah meningkatkan topspeed on speedo adalah dngan mengikis roda gi2 speedometer..wkwkwk
*piss
yg aneh dr komparasi d atas adalah perbedaan cc..tidak pake alat pengukur khusus..n mengkomparasi bebek murni yg mesinnya selonjoran n tanpa radiator dngan bebek semi sport..
yang bakar2 bsa dpastiken it org yg berkpentingan dngan branding produk n pnjualan..
sy yg sehari-hari nunggang supra pgmfi aja biasa aja krna sy juga user awam..hehe
wahaha… mas tri jug gak percoyo…
mosok media online kok gak punya race logic… kalah sama blogger, ngisin-ngisini…
ngasi data mentah ala kadarnya seperti itu bisa dicurigai ada udang di balik peyek…
spido supra x 125 lari 115 km/h di spido skywave baru 90 km/h buktikan sendiri….
@abang (no 3)
pegimana crita’a bang?kecepatan ente 120 km/jam trs ngintip k spido mx’a gmn kcepatan sgitu?pasti ngaraang
MX’a 132?tau drmn lg?mang spido MX tu digital?bisa ngliat ada angka 2′a?ngaraang
130 ky nya wkt msh cdi unlimit atau speedo nya ngaco apa gw kurang paham..
Tp mx skrg paling barter 120kph,, dng akurasi speedo 10%an..
Di gps paling 105-108kph..
Cs1 115kph dng penyimpangan lbh sedikit,, y paling di 110kph..
Intinya tiap motor punya kelebihan dan kekurangan..
Gitu aja pada ribut..
intinya ga ada motor yg unggul mutlak..stdknya dr 3 motor di atas..
Ada yg unggul akselerasi, top speed, fuel consuption..
Ada yg murah ada yg mahal..
3 motor di atas pngn unggul mutlak? NGIMPI..!
jadi ribut krn honda kalah pdhl motor dewa, jd apapun harus menang even mbohongin.
saya sudah buktikan sendiri .kebetulan pernah punya karisma,tiger,& cs1 di lampu merah pasti kalah dari matik.meski beat sekalipun yang ccnya lbh kecil.baru sekitar 200-300meter bisa sejajar
apapun motornya kalo minumnya premium tetep ae lemot
kalo udah bicara soal data harus pakai data yg bisa dipertanggung jawabkan validitasnya, bukan nemu data dari loakan koran trus dijadikan acuan, bukan gt gan?
yang percaya monggo..
cs1 saya topspeed tembus 128 kmpj yang cuma ganti knalpot racing pinggir jalan
mastri sendiri ikutan ribut…. nih buktinya sampe buat artikel kayak gini…
31. ANONYMOUSE
[quote]oleh karena itu kesimpulan pada blog ini :
http://tmcblog.com/2009/02/11/milih-motor-berdasarkan-torsi/
adalah SALAH KAPRAH! mengartikan torsi maksimum pada rpm rendah itu kesalahan
fatal tidak berdasar
silahkan dicek :
yang benar sadalah torsi itu lift power, daya itu fast power! [quote]
…………………………
Cek TKP, kirain kang topik yang pekok ternyata ….
Thread-e mbahas kemana, sampeyan komen-e kemana…. Mbok dibaca lagi, biar ndak asal mbengok tiwas salah
Yang kayak gitu kok diributkan…kita gak butuh data-data kayak gitu…bosen…yang kita butuh bagaimana kita bisa unjuk gigi di MotoGP…iya khan Mas Tri….bebek lagi…bebek lagi…
hehe juragan disinyalir mantau buka2 warung sebelah…
skutik emang lebih joss akselerasinya..kalo lepas dr lapu merah perlu jarak buat nyelip matic..
apa kira2 128kmpj ini bohong ya
http://madmalin.wordpress.com/2011/08/11/top-speed-honda-cs1-standar-vs-jupiter-mx-standar/
klo yg dicomparasi itu mobil, kenapa ngak kobong yach..:D
apa karena banyak nya penggemar bebekers atau apa..?
Piss
kurang setuju sih kl bebek n metik sama2 displacement, bebek nya kalah akselerasi, ane pernah pake vega R 110cc vs Mio 113cc akselerasi juga masi menang koq ( catatan : oper gigi nya ga lelet n tepat RPM nya) …pengalaman pribadi nii…
Ciri kas orang indonesia banyak protes ga bisa bikin….termasuk saya
@pio..yah kan beda rider bro..secara ideal pasti lebih cepet skutik..saya sendiri yang kadang pake king 125 cc sering kedodoran di lampu merah kalo ketemu beat/mio…
ralat
maksud saya rx king 2 tak 135 cc
Sepertinya Mas Tri kudu meluangkna waktu buat compare ketiga produk di atas sekaligus mematahkan hasil test tabloid Otomotif bila ternyata hasilnya uji dari tabloid tersebut tidak valid.
Obyektif saja ngulasnya..sekalian ajak blogger2 roda dua buat partisipasi..itung2 buat pembelajaran fans boy agar lebih dewasa dalam bersikap.
Piye gan?
Saya fans nya “ayam sabana” wenak tenan wehehehehehe, mau yg kenceng yg manakek ngk penting, yg penting wenak dipakai hahayyyyy
ora melu ribut…
Seperti kalau saya bikin artikel komparasi canon vs nikon, pasti rame
wkkwkwkkwk…..
http://tovavanjava.wordpress.com/2012/05/31/upgrade-wordpress-for-blackberry/
Heran… ckckck masih mikirin kenceng kencengan juga… DIjalanan mau 150cc atau 125cc gak bakal ngaruh… Cuman diatas kertasi doang lebih kencengnya, atau kenceng kencengan gini cuma memberikan efek bangga kepada pemilik motor yang menang komparasi tersebut..
wkwkwkwk…..
Iya mas tri kayanya perlu tes kidemang pake racelogic please mas tri.
Wkwkwkwk… komentar di warung IWB sampai >500 utk artikel komparasi itu doang… sama kayak artikel spacy di warung TMC
saya pernah ngetest mio saya dg mx, ternyata sama speedonya kok 120km/jam dikeduanya
Hari gini ko’ pada ngeributin komparasi…. Lha wong nang dalan mengko ketemune karo kemacetan je….., Udan-udan enakan ngopi+ududan karo icip_icip telo goreng jiannnn polll enake
emang para FBH pada koplak…otak udang
ane liat, emang ada sedikit yg aneh. top speed sampe 130 kpj? itu penyimpangannya brp kpj? masa 135 cc (klo kondisi std) bisa nyampe 130 kpj? lah, klo gt yg 150 topspeed bisa 150an kpj donk? gmn dgn yg 250?
@roni….wah merendah nii…masak king lawannya mio…hehehe(jenggutan setan tuu king)…emang kl pake gigi human error brlaku lebi banyak bandingin metik….hehehe
Punya emex miyo dan supri
Emex 100-110
Miyu 105-120
Supri 105-115
Accel,topspeed menang miyo
Kedua emex, ketiga supri
Gitu aja repot beda motor (satu tipe)kencangnya beda, beda motor (satu tipe) speedonya beda
Jangan ngaku lebih kencang atau lebih akurat, produk massal pasti ada penyimpangan, ambil rata2 saja
Supri teman ada 1:25-30an, punya adik 1:40-50an podo2 standar sak umuran kok bedo salah siapa?
Maka buat apa dibuat rame?
Memang manusia hobby keramaian
Wong tabrakan wae kanggo tontonan jan jan mbok nulungi yen ra iso ojo ngebaki dalan
terus terang saya fans berat suzuki, motor selalu suzuki, terakhir pake hayate
, kalau agan2 semua tau gimana nyamannya mengendarai hayate, gak bakalan deh kepincut sama yang lain :p
mx standart saya tahun 2008 sanggup 130 kpj ketika motor baru 8 bulan mengaspal di jalan raya, gigi 3 sanggup di 110kpj, gigi 4 ya sisanya…. kalo belum nyaba di jalan jangan pada so tau ya friends, katanya org sekolahan, hahahaa…….
Komparasinya harus di tes dulu nieh baiknya ,.
biar kagak pada ribut ,.
kalo kobong telpon blanwir gus.. hehehehehe….
http://jawawakan.wordpress.com/
kesimpulan jupi mx menang segala2nya,akselerasi,top speed,konsumsi bbm,model,harga lebih murah,/best value for money pantesan jualanya paling laris,bgtu kesimpulanya dari tabel pengetesan di atas,
80. mas Gaptek – Mei 31, 2012
Seperti kalau saya bikin artikel komparasi canon vs nikon, pasti rame
==============================
Liat donk, kayak gimana beradunya?
adu komen motor bebek udah, adu komen android vs winphone juga udah hehehe
Masing2 punya kelebihan & kekurangannya. Jd disyukuri aja yg sdh kita punya. Qona’ah saja lah
hahahaha speedometer pabrikan kok di percaya.
ane aja pernah ngetes new shogun rr modifnya cuma cdi double ( standart + megapro) and karbu megapro lawannya athlete dua2nya motor ane jadi ane gak bakal boong balapan di jalan lintas timur tau sendiri sekalinya lurus sepanjang 2km ane bawa athlete temen ane bawa shogun dan akhirnya dari start sampe finis si athlete gak bisa nguber sampe bergeter2 geter tapi ane kaget di speedo mentok 130 km/jam pas finis dalam hati berkata brarti tadi shogun ane nyampe brapa km/jam wah sukses nih setingan pas nanya teman katanya cuma 110 km/jam kok do. lah makin bingung gwnya hahahaa
pemberitahuan si athlete masih ting-ting yak kaya si ayu ting-ting
setuju mas tri, perlu mas tri turun tangan utk test anak jalanan !!
Honda sich maen difitur, irit, safety n enjoy.
Yamaha maen speed n desain.
tergntung konsumennya bertype apa, hehehe
ini sih bukan arus lautan api ( kobong) namanya… tapi arus lautan asmara fbh & fby…
Udah lah.. itu cuman dari satu sisi aja.. performa mesin…
Sementara masih banyak fitur laen yg bisa menjadi kelebihan/kekurangan suatu produk..
Tapi yg pasti dan tak terbantahkan..
MX atau CS1, kompresi tinggi.. sama2 kudu minum Pertamax!
HSX 125? BBM subsidi masih berani..
BTW, kenapa komparasi koq selalu soal mesin ya?
Padahal bisa jadi satu produk, punya kekurangan di mesin, tapi punya kelebihan di ergonomi, fitur, kenyamanan atau keamanan..
Ibarat punya duit 5M.. bisa buat beli Ferrari/Porsche/Lamborghini.. atau mo beli Mercedez, RR atau Maybach..
mana si jaos, thole dan kawan kawan si penyembah berhala yamaha yang selalu memutar balikkan kata-kata untuk mencari sesuap nasi. kasihan manusia munafik, mencari makan dengan kata kata busuk untuk mencari keuntungan persis potret sebagian besar masyarakat kita saat ini. menghalalkan segala cara. (hedonis)
susah masbro,kalo udah pada fanatik mah,…..
)……
trus komenya pada ngaco semua,….
nek aku yo simpel wae mas,sing penting nduwe motor,minerva ke,bajaj ke,suzuki ke,ducati ke,honda ke,yamaha ke,bmw ke,kawasaki ke,ra peduli brandnya apa,masalah power,torsi,opo opo lah itu istilahe mah no 2,sing penting tuku/beli dari duit sendiri bukan dari korupsi ato warisan,itu wis bahagia luar biaza,(sekarang masih pake suzuki smash 2005 warizan
nuwunsewu,…..
“djohnsarkembe @blikuthuq”
sink penting jo pdo jotos2an eo mas eo….
Cinta damai..
[...] sudah mulai merambah kekolom kometator blog r2. coba kalau anda membaca kolom kometar diblognya masRuitriatmono, disitu ada komentator legendaris bernama Jaos yang sering menulis kata fansboyhongkong entah apa [...]
MX apa nih skrng??..mx kompling ato MX manual?….kalo punya ane dulu CS1 tak jual karna giginya kadang turun sendiri, kalo mau jujur CS1 ane pake dulu larinya cuma 110km/jam itupun mesinnya udah ribut banget, dan kalo mau jujur CS1 harga jual sangat jatuh, CS1 kalo harga baru lebih mahal dari MX tapi kalo harga SECOND MX lebih mahal dari CS1…gak percaya???..cari aja di dialer motor second….skrng ane pake MX kompling baru ngerasa puas..larinya bisa 130km/jam kalo dipaksa bisa 135km/jam, prnah gw bawa pulang kampung ACEH sampai LAMPUNG..dulu ane trtarik sama satria FU tapi cukup duit…hehehehehe…yg bisa lawan MX cuma satria FU menurut ane, kalo menurut teman ane VIXION aja kalah sama MX…katanya uda beberapa kali dicoba…yg gw heran ko bisa VIXION kalah sama MX???…padaha VIXION ccnya 150…ada yg bisa jawab?
Saya sudah 2,5 tahun mengendarai CS1. Pengalaman saya pribadi selama 2,5 tahun mengendarai CS1 memang utk jarak 201m agak susah utk mencapai speed lebih dr 115 kpj. Jarak 201m adalah area unjuk gigi dr torsi mesin, bukan power apalagi topspeed. Pada jarak 0-201m torsi mesin lebih berperan utk membantu motor meraih speed. Torsi mesin MX sudah besar sejak putaran RPM bawah. Sedangkan torsi mesin CS1 baru muncul di putaran RPM menengah hingga atas. Makanya di jarak 0-201m CS1 kalah kencang dr MX.
Torsi mesin ditentukan oleh panjang/pendeknya stroke piston. Stroke (langkah) piston CS1 adalah 47,2mm, terpendek dibanding kompetitor. Oleh karena itu tdk heran jika motor kompetitor yg spek mesinnya memiliki stroke piston lebih panjang (MX 58,7mm) unggul dlm meraih speed utk jarak 0-201m. Jarak dr 0-201m utk CS One baru mencapai gigi 4 (93-118kpj). Masih tersisa 1 gigi lagi (gigi 5) utk mencapai topspeed.
Konsekuensi dr penggunaan stroke piston pendek pada mesin CS1 adalah membutuhkan jarak & waktu yg lebih panjang utk dpt mencapai topspeed. Jarak yg dibutuhkan CS1 utk mencapai topspeed adalah minimal 800m. Oleh karena itu, MX lebih enak utk dikendarai di dlm kota. Sedangkan CS1 lebih enak dikendarai utk ke luar kota yg jalanannya lurus panjang.
CS1 saya kondisi standar pabrikan topspeednya 140kpj. Bensin pake Pertamax Plus & oli Motul. Shifting tiap gigi pada RPM mesin 11250 (sesuai limiter CDI standarnya). Mudah utk CS1 mencapai kecepatan di atas 120kpj. Namun utk mampu melaju 130-140kpj butuh jalanan yg agak menurun & riding style harus merunduk. Jika tau triknya, maka tdk susah utk CS1 meraih topspeed di atas 130kpj.
Sebenarnya saya ingin merekam topspeed CS1 saya, tapi bingung mau nempatin kamera di mana. Lagian saat melaju di atas 130kpj butuh konsentrasi ekstra tinggi. Riskan utk membagi konsentrasi antara melihat jalanan ke depan & merekam speedometer pake camdig.
Berikut ini kecepatan max tiap gigi CS1 dg CDI standar jika shifting di RPM 11250 (sesuai limiter CDI standar CS1) :
gigi 1 max 43 kpj
gigi 2 max 68 kpj
gigi 3 max 93 kpj
gigi 4 max 118 kpj
gigi 5 max 140 kpj
NB : saya mencapai kecepatan segitu pake bensin Pertamax Plus & oli Motul. Hasil dpt berbeda utk tiap rider.
Maaf, hanya sekedar sharing pengalaman saya pribadi saja.
No offense
TVS Tormax 150CC (59.5×53.5)
- 4T SOHC 3 Valve
- Power: 13.2BHP@8000RPM
- Torsi : 12.5Nm//5500RPM
- 5 Speed Maju Semua
- kompresi 11.3:1
- Kopling manual
- Pengapian TCI ( Transistor Controler ignition )
- Top Speed ( tiap motor dan Pengendara Berbeda Punya ane Tembus 130Km/jam di RPM 9000 Kondisi Standar BBM Pertamax test Mulai Jembatan Suramadu Ampek mentog.
- Full Digital Spedo Meter. Bisa record Top Speed
HARGA MOTOR 15.6 Jt.
Tapi kan ada faktor lainnya mas tri?
Kalau matic pasti lebih cepet dari gigi….berarti jupi z1 kalah geber dong sama soul gt atau mio j?
Tapi kan nyatanya ngga….ada faktor power torsi
yg beda signifikan. Torsi nya jupi z kan gigit bgt..pasti 0-60kpj singkat banget
Kecuali 2 spek motor yg persis sama tp cuma beda tipe transmisi…sy stuju hasil penelitian itu bisa diterapkan. Pasti lah…tranamisi otomatis dibuat dengan kaidah optimalisasi…perpindahan gear dibuat seoptimal mungkin…ga kaya manual yg kadang over rev atau under rev…
Maap klo so tau
wes manut ahlinya aj