jump to navigation

Mengenal berbagai macam cara pengujian fuel consumption motor …!!! Februari 22, 2012

Posted by triatmono in Test Ride, Test Ride Anak Jalanan.
Tags:
trackback

well,… pasca juragan menguji konsumsi BBM Yamaha Mio J,… banyak pro and cons… ada yang bilang mestinya begini laaagh… begonooo laaagh … etc…!!! Naaagh,… juragan mencoba menshare… bagaimana seh metode / cara yang ada…  ntaaagh pabrikan ataupun pihak non-pabrikan dalam menguji konsumsi BBM pada motor …!!! Naaagh,… mungkin kita mulai dengan sistem pengujian pada lomba irit …!!!

Pada sistem lomba irit ini,… agak unik memang… dimana para peserta membawa motornya… kemudian dicatat odometer awal. Motor diberi bensin ‘infus’ dimana sebelumnya bensin itu ditimbang,… kemudian infus tersebut ditancep di carburator… dan mulailah motor itu dijalankan …!!! Selesai muter-muter biasanya nggak terlalu jauh… naaagh selesai itu botol infus ditimbang lageee… dikalikan berat jenis… dapat laaagh berapa ml konsumsinya…!!! Kemudian hasil nya dibuat satu literan… misalnya saza untuk menempuh 10 km, habis 100cc… maka berarti fuel consumption nya 100 km/liter …!!! Cara ini juga akan menimbulkan pro and cons… seperti   pengujian ini praktis… riderz nggak capeeek… lha wong cuma mubeng-mubeng 10 km… bayangin kalau riderznya harus menempuh 60 km….!!! Membutuhkan waktu yang singkat dalam pengujiannya… !!! Namu demikian,… timbul pertanyaan… lho kok nggak bener-bener habis 1 liter seeeh… ??? Apa iya bisa meng-ekstra polasilkan… dengan mengasumsikan bahwa keadaan jalan akan selalu sama untuk misalnya 90 km selebihnya …??? Bisa juga ditanyakan… apa iyaaa kecepatan yang dipelan-pelankan… apakah konsumen begitu cara bawa motornya …??? Atau muncul juga pertanyaan… bagaimana kalau motor nya injeksi… apa bisa di’infus’ juga… apa fuel pumpnya dimasukkan kedalam botol infus …???

Kemudian ada juga pengujian di circuit dengan kecepatan tertentu misalnya 30 km/h …!!! Lha … kembali akan ada pro and cons nya… pro nya… pengujian akan lebih mudah… di circuit tinggal pusing-pusing … tinggal diukur saja konsumsi BBM nya …!!! Namun juga ada cons nya… lhaaa kalau di jalan khan nggak bisa lengang gitu… !!! Pasti ada kendaraan lain… pasti ada polisi tidur… pasti ada ngerem… !!! Kemudian di jalan juga… nggak mungkin ada bikerz yang mau dalam hidupnya terus-menerus menggeber pada kecepatan 30 km/h … jikapun ada akan sangat minoritas sekali… !!!

Kemudian cara yang paling banyak digunakan oleh konsumen adalah… sebelum pengujian diisi fuel tank… kemudian digunakan di jalan raya…selesai riding kemudian ke pompa bensin…  kemudian habisnya berapa liter… dicatat hasilnya… dan fuel consumption bisa dicatat …!!! Metode ini gampang… karena mau pakai motor carbu kek… motor injeksi kek… bisa digunakan …!!! Praktis… nggak perlu bongkar-bongkar… dan metode ini paling gampang diterima konsumen … lha wong sejak jaman jebooot juga konsumen kalau ngukur yaaa pakai cara seperti itu …!!! Namun demikian… cons nya adalah sewaktu ngisi penuh lageee… bagaimana dengan SPBU nya… apa bisa dipercaya… ???

Naaaagh,… metode anak jalanan yang juragan gunakan… lebih kearah kepada mindset konsumen … dan menyesuaikan dengan kebiasaan konsumen dalam mengukur fuel consumption …!!! Jika konsumen mengukur di jalan raya… yaaagh juragan juga di jalan raya… !!! Jika konsumen menggunakan dengan mencatat odometer sebelum dan sesudah riding… yaaa juragan juga melakukan seperti itu …!!! Jika konsumen mengisi di SPBU untuk mengetahui konsumsi BBM… maka juragan menambahkan dengan standarisasi SPBU dan jenis BBM yang digunakan … dalam hal ini Shell Super …!!! Jika konsumen menggunakan motor dengan kecepatan bervariasi … maka juragan menggunakan pula secara bervariasi dengan kecepatan maksimal 60 – 70 km/h on speedometer …!!! Jika konsumen selalu mengukur dengan riding puluhan km… maka juragan menggukur dengan minimal riding sejauh 60km …!!!

Last,… terlepas masing-masing ada pro and cons nya… namun juragan menggunakan ‘bahasa’ pengujian konsumsi BBM yang mudah dicerna dan sama dengan yang dilakukan konsumen …!!! Kok juragan nggak mau menggunakan cara pengujian yang lain …??? Lha wong yang akan nunggang motor khan nantinya konsumen… lha konsumen gowo motornya di jalan thooo… bukan di circuit … !!! Konsumen khan nggak mau diatur… gowo motor sak senengeee thooo  dengan kecepatan bervariasi… !!! Bahasa ‘ala anak jalanan’ ini laaagh secara filosofinya sejatineee seorang blogger mempunyai peran… memberi informasi dari konsumen kepada konsumen pula …!!!

Komentar»

1. motorbreath - Februari 22, 2012

:idea: artikel pencerdasan otomotip :idea:

2. Rony Setiawan - Februari 22, 2012

ngisi pertamax dulu sebelumnya..hehehe…

3. Blitz - Februari 22, 2012

gak dapet pertamax,, podium aja deh.. :D

4. Aa Ikhwan - Februari 22, 2012

namanya jg menguji mas 3 ya sesuai hasil dr sang penguji,.. kl beda2 penguji mungkin beda hasilnya ya suka2 penguji mau pake metode yg mana,..tp ane setuju kl mslh konsumen kan walaupun tau irut di jalanan kan kecepatannya bervariasi :D

5. Rony Setiawan - Februari 22, 2012

wah..gagal pertamax nih gak kayak tadi..hehehe
btw emang saya juga lebih sreg dengan pengujian bbm ala anak jalanan ini mas…meskipun hasilnya juga tiap orang nanti berbeda karena faktor pwtr, kondisi jalan, dan sebagainya..namun metode inilah yang simpel n rasional…
oya, kayaknya mas tri pernah bikin artikel serupa ini ya di tahun kemarin..cuma saya lupa apa judulnya..hmmmm…

6. no brand minded - Februari 22, 2012

ini yg gw suka….
Apa adanya, terbuka n jujur…
Lah wong semua perbuatan pasti ada penanggung jawabannya toh mas3?

Biarkan orang lain berkata apa yg penting katakan apa yang sebenarnya…
Begini ya begini, begono ya begono…
Jangan begini tapi kok jadi begono…

I like this blog…

7. Indra - Februari 22, 2012

…itu baru objective jurgan….

8. jaos - Februari 22, 2012

yup cara anak jalanan jauh mendekati (kalo gak mau dibilang sama) dengan cara konsumen harian…

kalo saya kasitau (cuma ngetest) ke teman saya yg gak tamat SD tapi jauh lebih pintar dan cerdas daripada fbhongkong, begini “cui…itu mtr atau mbl dapat sekian kpl dari klaim pabrikan”….maka dia jawab begini “iya, lu mesti bawa di jalan lempang dengan kecepatan konstan…..gak bisa dipake hitungan itu di harian”….

see…kecerdasan memang menggunakan logika dan hati….

Tapi fbhongkong, mana bisa cerdas…..la gak make otak/logika dan hati buta merk.!

and funny thing….beberapa pemake hendi yg kutanya aja malu2 kucing akui, iklan irit gak sesuai kenyataan….bagus la masih pake otak mau ngaku…..tapi fanboi?

9. juraganneon - Februari 22, 2012

ini baru namanya tes anak jalanan.. salut dengan pejuangan gustri demi pencerdasan konsumen motor indonesia.. mantap :D

10. idadzzz - Februari 22, 2012

disinyalir fbh g trma. . .

11. Novian Agung - Februari 22, 2012

Waktu isi BBM, motornya digoyang-goyang nggak mas 3? Katanya kalau digoyang-goyang bensin bisa ngalir turun, dan tanki bisa lebih banyak diisi BBM (bisa nambah 10liter dari kapasitas tanki :D ). Ada-ada saja.

12. Andi - Februari 22, 2012

Dari zaman pertama kali saya bisa naik motor, sejak zaman Honda Super Cup 70, cara ngitung konsumsi BBM ya seperti itu.

Isi bensin, catat odometernya ….. dipakai sehari-hari, bensin habis, isi BBM trus catat lagi odometernya … terus berulang.
Setelah beberapa kali, dirata-rata.

Yo begitu itu cara awam mengukur konsumsi BBM.
mana mau saya cuma isi 1 liter trus kehabisan dijalan ….. :hammer:

13. Andi - Februari 22, 2012

@ jaos,

Saya nggak malu kok mengakui bahwa Spacy FI saya konsumsi BBM rata2 1 liter 52 km.

Memang ada getaran jiwa (cieee ….. ) mengetahui konsumsi Mio J, tapi saya butuh bagasi yg luas ….
:D

Saya yakin, kalau saya yg pakai, pasti lebij irit lagi.
Lha, Jupiter MX saya aja bisa 1 liter 50 km (pas 1:50) di jalanan Jakarta ini. :D :D :D

14. E=c.m.v^2 - Februari 22, 2012

@jaos

73 kmpl itu beneran bos….. 47,5 km itu motornya dinaikin, sisanya didorong :lol:

15. Over Gear - Februari 22, 2012

sepertinya ini jawaban dari yang menyangsikan metode pengujian mas tri :D
perlu di kasih link ke artikel ini tiap kali nulis hasil pengujian kendaraan mas.

16. icaq - Februari 22, 2012

kayaknya bnyk yg gak sreg kalo moi j irit…makanya ada aja yg mempertanyakan metode pengujian mas tri…..
maju terus mas tri…dah sesuai ma kita2 sebagai konsumen/

17. Mbelgedhess - Februari 22, 2012

PENTJERDASAN OTOMOTIP……

F-Bh DAN PEDAGANG honpret YANG GAK TERIMA SILAKEN TEST SENDIRI…..GITU AJA KOK REPOT

18. mulyanto - Februari 22, 2012

Penasaran dgn bebek yamaha berikutnya, kalau matic saja bisa dibikin irit gitu apalagi bebek. 1:80 ? 1:90? :D

19. arsixty - Februari 22, 2012

yang penting hasilnya nggak pake tanda * :mrgreen:

20. hi hi hi - Februari 22, 2012

Test kondisi boncengan juga perlu, soalnya naik sendiri ama boncengan bisa beda banget terutama matic, trus ketemu poldur, macet etc….

21. jelek - Februari 22, 2012

kenapa nggak diisi 1 liter dari luar.. liat sampe kapan motornya mogok

22. jaos - Februari 22, 2012

@andi
hahahah…..udah cukup la spacy mu irit dan dapat bagasi luas…
gaswat, gimana caramu bawa mtr tuh bisa irit…..? soalnya kalo saya, belum bisa….taunya tarik terus….

23. y4kutz4 - Februari 22, 2012

emank perlu sampe fanatik 1 merk yah ?? emank perlu gengsi2an sapa yg paling irit ??
dibwh santai ajalah.. mau motor nya boros atau irit kan situ yg beli dan pake..
inti nya seh saling menghargai satu sama lain.. bukan adu jago sana sini..

24. Andi - Februari 22, 2012

@ jaos,

santai aja kok ………..
buka gas juga sedikit, hanya sesekali narik ….
sama kalau pakai MX, juga santai2 aja kok ……

rata2 kecepatan maksimum di 60-70km, jarang sekali diatas itu.
Dibawa santai aja ….

25. dide - Februari 22, 2012

para FBhoax gak bakal bisa menerima realita karena sudah terbiasa dengan hayalan tingkat tinggi dan dari awal sudah didoktrin dengan kebohongan2 yg terorganisir

26. penggemar ninja - Februari 22, 2012

kan yg di perdebatkan cara ngisi ke tangkinya mas3, pasti disi sampe full, trus didiemin atau digoyang bentar BBM nya akan turun lagi..jadi hasil akhirnya akan beda ..

klo gitu apa tanggapan mas3 ..?

triatmono - Februari 22, 2012

@jelek
Nanti ada yang pertanyaan lanjutan, bener nggak yang dimasukin 1 liter… Jangan-jangan lebih ??? Bener nggak tangkinya kosong … Darimana tahunya kosong … Baru dimasukin 1 liter ??? Nanti ada yang complaint.. Kalau tiba-tiba motor mati ditengah jalan disundul metromini… Wiiih ngajarin nggak safety …!!! Kemudian yang punya motor injeksi bisa protest… Ketika bensin tinggal sedikit fuel pump akan panas… Bisa-bisa fuel pump jeboool … !!!

Last,… Belum pernah ada yang melakukan metode seperti ini …!!! Monggo yang mau melakukan metode seperti ini… dan apakah konsumen akan meniru model seperti ini… Sebagai ‘bahasa’ umum diantara konsumen… Still big question terhadap metode ini… Betoooeeel ??? Semuanya ada plus dan minusnya… So semua terserah konsumen saja… Mana yang mau dijadikan acuan…

27. jaos - Februari 22, 2012

Naaaagh,… metode anak jalanan yang juragan gunakan… lebih kearah kepada mindset konsumen … dan menyesuaikan dengan kebiasaan konsumen dalam mengukur fuel consumption …!!!
====
jadi postingan iklan irit lebih kepada mindset jualan dengan membuat pikiran lugu bingung lalu penasaran ….kemudian beli. Setelah itu sirna la semua “kata-kata manis” jualan iklan tadi oleh kenyataan.
lUdah tugas tukang jualan, membangun imej supaya untung. Gak ada yg perlu dipersonalkan di sini.
Cuma konsumen mesti cerdas, supaya gak kemakan “hiu” tukang jualan ini….
So…fanboi hongkong yg koar2 irit itu tentu sedang jualan dan mngkn beberapa pacu adrenalin buat ngibul, dan tentu saja bukan sedang berpihak kepada konsumen…..

Kemudian di jalan juga… nggak mungkin ada bikerz yang mau dalam hidupnya terus-menerus menggeber pada kecepatan 30 km/h … jikapun ada akan sangat minoritas sekali… !!!
===
jangan2 memang gak ada, pak……..

@22 andi
saya sendiri gak mau bawa santai di jalan …heheheh…ya akibatnya mana bisa irit…
ya, entah bawa santai atau kencang, tetap waspada aja di jalan….

28. jaos - Februari 22, 2012

tak guna la ngisi bbm sambil goyang2 mtr….kan cairan pasti ngalir ke tempat yg lebih rendah….

29. jaos - Februari 22, 2012

fb hongkong memang suka memperumit keadaan….termasuk memperumit soal bagaimana menge test irit bbm mtr…

memperumit dan berbelat belit itu kerjaan tukang ngibul macam fanboi hongkong,
……orang cerdas jujur itu to the point, membuat sesuatu mudah dimengerti, dan masuk akal sehat.

30. Jabrix - Februari 22, 2012

4 jempol untuk mas tree….maju terus yamaha…..honda jangan kalah donk…tunjukan bukti bahwa bisa lebih irit lagi…bukan dengan menyebar bcman2 menyerang membabi buta….gak jamannya lagi. dah banyak yang pintar orang kita.

31. valto46 - Februari 22, 2012

mau irit kek mau kencang kek toh sama2 smpai tujuan, yg pnting selamat….betoool?

32. Mbelgedhess - Februari 22, 2012

31. valto46 – Februari 22, 2012

mau irit kek mau kencang kek toh sama2 smpai tujuan, yg pnting selamat….betoool?
——————————————————-
BETOOLL…>>YANG PENTING JUJUR GAK NGIBUL SEPERTI BUDAYA ATPM YANG RAJA ‘KATANYA’ IRIT ITUUU :mrgreen’

33. jaos - Februari 22, 2012

kemarin lusa, saya melihat iklan si hendi di koran lokal…
ada kata2 “pgm-fi, pelopor matic injeksi di ina,”

………..and……….you know……….the pic is hendi BEAT …alone!

hahahah……….itu namanya NGIBUL! Lain cerita kalo naroh pic SPACY FI.

34. user aja - Februari 22, 2012

kelemahan paling besar test ala anak jalanan adalah kondisi lalu lintas tidak akan pernah sama, lain waktu, lain hari, lain jam, lain menit, akan lain kondisi lalulintasnya dan tentunya berpengaruh sama kondisi cara si rider bawa motor (variasi pengereman, betot gas, variasi kecepatan dll) pastinya pengaruh ke konsumsi BBM. yg paling ideal yah dites di lintasan khusus lah, tentunya dengan rider yg sama utk setiap motor yg dites. misalnya dites pada kecepatan 60 KMH sejauh 60 KM.
BTW mas tri, katanya ada Mio Soul yg YMJET Fi mau keluar ya? jadi bingung nih, mau ambil mio J sekarang atau nunggu mio soul YMJET Fi

35. EISCELL - Februari 22, 2012

kenapa membandingkan keiritan dg pengujian orang laen? lebih baik anda menyimpulkan setelah melakukan test yg sama terhadap motor merk laen sbg pembanding sekali lagi jgn membandingka 2 parametr yg berbeda… thanx

36. triatmono - Februari 22, 2012

@user aja
Juragan melakukan test pada hari yang kondisi nya relatif sama… sekali lagi relatif sama …!!! Misalnya juragan mengetest pada hari Sabtu / Minggu pada pagi hari… !!! juragan pernah agak kesiangan … langsung mengalami kemacetan… dan melihat kondisi relatif nggak sama… yaaa akhirnya juragan ulangi… !!! Hal ini terjadi pada pengujian Honda Beat… langsung besoknya pada Hari Minggu diulangin lageee …!!! :D

37. EISCELL - Februari 22, 2012

untunglah yamaha bisa bikin motor irit … dgn begtu honda akan nelorin lg yg lebih irit lagi.. oh iya masalah kehabisan bensin kok jd fuelpump jebol… kalaupun jebol itu masuk garansi khan.? apalagi yg komplen blogger nomr wahid pasti gratis n cepet… jgn2 injeksi yamaha beneran jebol fuelpump kalo bensin abis GMANA DGN HONDA? ADA YG PERNAH NGALAMIN….

38. titok - Februari 22, 2012

neg menurutq cara pengujian mas 3 sebelumnya dah tepat kuq…cara gini q rasa paling mudah….siiip dah

39. johan - Februari 22, 2012

Penjelasannya logis dan sistematis.type pengujian anak jalanan sdh tepat.kl pake botol mlh susut.spbu shell trusted.

40. ajibarang - Februari 22, 2012

mas tri kalo bisa membandingkan konsumsi bbm mio j dengan motor yg lain juga menggunakan shell formula baru yg fuel economi formula,soalnya ada perbedaan konsumsi yg signifikan antar shell lama dengan shell dengan formula baru

41. yecruzsulla - Februari 22, 2012

cerdas juragan… ya yang lain mah punya cara sendiri sendiri yow gag papa, yang penting bisa dipertanggung jawabkan, ta tow?

42. triatmono - Februari 22, 2012

@Eiscell
Juragan memaparkan metode yang juragan ketahui… termasuk metode juragan yang juragan pilih …!!! Semua nya ada pros and cons nya… tidak ada yang 100% sempurna… dan biarlagh konsumen yang menilai… !!!

Persoalan fuel pump… lha wong motor yang juragan test… bukan motor juragan… motor punya orang … walau kerabat …!!! Ada hak orang disitu… lha wong mau ngetest top speed aza… nembung dulu… dan yang punya keberatan… ya harus dihargai hak orang …!!! Masih alhamdulillah boleh… dicoba untuk ditest riding …!!! Top speed aza nggak juragan lakukan… apa lageee… dengan secara sadar dan sengaja… membiarkan motor kehabisan bensin… !!! Baaaghhh… itu sama aza nggak amanah… terus koar-koar minta ganti… gituuu …??? Hargai juga… Hak pabrikan … kalau itu kesalahan konsumen … mosok ‘sewenang-wenang’ minta ganti… so yang fair saza laaagh jadi konsumen …!!! :D

@yecruzsulla
Beneeer bro… ini mirip seperti jualan sendok-garpu atau sumpit… dua-duanya bener sebagai alat untuk makan… dua-duanya ada pros and cons nya… !!! Biarlagh konsumen yang memilih… mau milih pake sumpit yo monggooo… mau milih pake sendok-garpu ya monggo… !!! Lha wong lomba kecantikan aza ada versi-versinya… ada versi Miss Universe… ada Miss World… ada opo maneeegh… yo monggo wae… ya thooo …??? :mrgreen:

43. zackyjunior - Februari 22, 2012

fbh langsung ora trimo .
tapi aku ora urus .
lanjut Mas Tri :-)

44. EISCELL - Februari 22, 2012

maaf mas3 kirain milik pribadi ternyata PINJAMAN.. y maklumlah… wah jd pertanyaan besar nich menurut saya kehabisan bensin merupakan hal yg lumrah dikalangan konsumen dan wajar terjadi… pabrikan pasti ada anti sipasi untk hal itu masa pabrikan sekelas yamaha akan menyalahkan konsumen karena kehabisan bensin? lha wong tiap produk itu pasti ada pengujian fault operation.. kehabisan bensin salah satunya… atau kalau produk elektronik ya proteksi jika terjadi short circuit…

45. EISCELL - Februari 22, 2012

saya sich belum pernah baca di buku pedoman motor merk apapun bahwa kehabisan bensin bisa menggugurkan garansi… ada yg pernah baca masbro? mohon share

46. Dodi - Februari 22, 2012

Mas 3 sabar ya, ada pihak-pihak yang gak suka mas mencerdaskan konsumen. maju terus mas.. saya tdk bisa cerita, mas tentu tahu.

47. juraganneon - Februari 22, 2012

kalau niatnya mencari kelemahan apapun bisa dicari-cari , tapi metode tes yang dilakukan oleh gustri ini adalah yang paling mendekati penggunaan harian, tujuan utamanya adalah sebagai referensi untuk konsumen dalam menentukan pilihan motor yang tepat sesuai kebutuhan, seharusnya kita berterimakasih pada gustri yang rela mengorbankan waktu, biaya, tenaga demi tes independen ini, demi pencerdasan otomotif.

48. endel - Februari 22, 2012

Mantaffff … Setuju ama juragan…. Emang harusnya ya seperti itu… Masuk akal dan mudah di cerna… Daaannnn… Aktual banget… Ono santai ono menggok ono banter… , lak anggo botol yo ra masuk akal, podo karo kurang gawean kentean bbm nang tenggah dalan bakal di sampluk truk gandengan… Xixixixi lanjooooot

49. CEBOKER 250R HRC aka Hondut Racing - Februari 22, 2012

semoga tersangka lekas bertobat n kembali ke jalan yg benar gk gunjing sana gunjing sini …wkwk …kwkw …

50. Mbelgedhess - Februari 22, 2012

PARA F-Bh DAN PEDAGANG HONPRET DISINYALIR MASIH NDAK TERIMA DAN KRITIK INI ITU

PERTANYAAN:
APAKAH F-Bh DAN PEDAGANG honpret SUDAH MELAKUKAN TESTRIDE DENGAN CARA YANG KALIAN ANGGAP YANG PALING ‘BENAR’ ITU?

KLO NGOMONG SIH GAMPANG…APALAGI NGIBUL OMONG THOK…

TALKING IS EASY, BUT DOING SOMETHING DOES MATTERS

51. ndaho - Februari 22, 2012

14. E=c.m.v^2 – Februari 22, 2012
@jaos

73 kmpl itu beneran bos….. 47,5 km itu motornya dinaikin, sisanya didorong
__________________
“Oh kirain 73km/l itu dinaikin dari puncak bogor turun ke depok”

52. user aja - Februari 22, 2012

sip juragan, berarti dengan kondisi pengetesan “relatif sama” (berarti masih ada varians kondisi lalulintas?)

meskipun menurut saya, utk membandingkan konsumsi BBM 2 motor yg berbeda harus dites dengan kondisi yg sama (tentunya dengan kondisi motor yg sama2 dalam kondisi fit), cara tes no 2 mungkin cocok, “emang ada orang yg mau jalan 30KM/jam”, lha kan tujuannya utk mengetahui konsumsi BBM 2 motor atau lebih. atau jalannya ga perlu 30KM/jam, ya coba sama2 100Km/jam.

klo melihat hasil test mio dan beat dengan cara test anak jalanan terlihat hanya beda sedikit utk urusan konsumsi BBM, tapi menurut ane bisa jadi mio menyamai atau bahkan lebih irit dibanding beat. mungkin saja saat test menggunakan mio, mas tri harus betot gas karena harus nyusl truk (misalnya) trus ngrerem ngedadak karena ada anak kecil nyebrang jalan (misalnya), selalu ketemu lampu merah (misalnya) dll.
pas tes honda beat, di jalanan kondisi lain lagi, di jalan ga terlalu banyak hambatan. ya otomatis lebih irit

ane jadi kepikiran cara tes konsumsi BBM yg aneh nih, gimana klo ngetesnya tuh motor dikasih bensin pas 1 liter, terus mesin dinyalain n diset di rpm tertentu (misal 5000) trus tungguin sampe bensin bener2 abis n mesin mati, hitung deh berapa lama mesin sanggup hidup dengan 1 liter bensin, ga perlu jalan n ga cape wkkwkwwkwk (cuma ide asbun) *eh, klo injeksi rusak ga yah*

BTW ane bkan FBH (kali aja ada yg nganggap FBH), ane juga bukan FBY 9kali aja ada yg nganngap FBY)

53. yonk - Februari 22, 2012

Cara ngetesnya bukan cara anak jalanan tapi anak Ngoceb…
buktinya kecepatan max cm 70km/jam. itu cara lomba irit2an,,

54. Mbelgedhess - Februari 22, 2012

KENAPA WAKTU TESTRIDE MIA LAMA VS BIT DAHULU KALA JAMAN INDONESIA LOM MERDEKA YANG IRITNYA DIMENANGKAN honpret BIT, PARA F-Bh DAN PEDAGANG honpret DIEM AJA GAK ADA YANG PROTES???

TRUS KETIKA honpret KALAH IRIT DENGAN METODE YANG SAMA……BARULAH KRITIK PROTES INI ITU………KLO GINI MAH CUMAN ALESAN AJA GAK BISA BERBESAR HATI MENERIMA KEKALAHAN……….. :mrgreen:

55. masmondol - Februari 22, 2012

Sy kok dapetnya cuma 1:23km??

56. Gianluigi mario - Februari 22, 2012
57. Mbelgedhess - Februari 22, 2012

55. masmondol – Februari 22, 2012
Sy kok dapetnya cuma 1:23km??
————————————————

NGETES honpret BIT YA? KOK GAK DAPET 73Km/L??? SAMPEYAN DIKIBULI NEHHHH :mrgreen:

58. masmondol - Februari 22, 2012

^mbelgedhess.. Pake ninja 2 tak :mrgreen:

59. Hadi Wijoyo - Februari 22, 2012

ngetes nganggo botol kurang gawean, ora duwe utek. Mengko disampluuk bis malah runyam. bbm ne entek.. Mosok panjenengan nyurung montor? ono-ono waeeeeee..

60. Mbelgedhess - Februari 22, 2012

57. masmondol – Februari 22, 2012
^mbelgedhess.. Pake ninja 2 tak
————————————————————-

UDAH TAK TEBAK PASTI ISENG….. ANE ISENGIN BALES… PISSSS :mrgreen:

61. Djoko - Februari 22, 2012

Mas tri mengerti bgt, bgmn pola pikir konsumen tentang ngukur irit. Simpel, mudah dicerna, dan tentunya konsumen lebih percaya pengukuran seperti ini. Maju terus mas 3, lakukan pencerdasan otomotif.

62. Syarif - Februari 22, 2012

FBH nggak legowo skutiknya kalah irit…….

63. kompol - Februari 22, 2012

fbh pada sarap semua!

64. kompol - Februari 22, 2012

pertama kali baca ada artikel test ride ala anak jalanan mas tri, ane langsung sreg dengan metode ini

metode ini lebih membuka mata tentang kondisi sebenarnya jika dijalan raya

lanjutkan mas tri

65. kompol - Februari 22, 2012

17. Mbelgedhess – Februari 22, 2012

PENTJERDASAN OTOMOTIP……

F-Bh DAN PEDAGANG honpret YANG GAK TERIMA SILAKEN TEST SENDIRI…..GITU AJA KOK REPOT
———-
mana bisa?
wong kerjaannya cuma koar2 komen di blog, disuruh bikin blog buka account wordpress aja ga bisa…..!!!

asli ngakak!!! wkwkwk

66. jaos - Februari 23, 2012

@user aja,eiscell,
Harus lbh halus lagi cara kalian nanya dan komen…masih bisa kelihatan itu trik2 kalian dan terlalu tampak itu kepura-puraan tidak tahu ini itu.
Monggo dicoba lg, jgn lupa pake nick γάπĝ lain ya..

@ajibarang, yonk
Aduh kasiaan…u cui. Tenang aja ntar hendi bikin γάπĝ lebih irit lg ngalahin mio j yamaka. Sabar ya,rekan2 lg super sibuk di hendi pusat..

67. ween - Februari 23, 2012

mas tri…secara umum saya setuju dengan metode mas tri koq…..tapi udah jadi rahasia umum kalo sebagus2nya spbu, pasti ada selisih dalam takarannya…..sekedar saran,untuk test fuel kons berikutnya,waktu isi bbm kembali sampai full tank dilakukan sendiri memakai gelas ukur….jadi hasilnya jauh lebih presisi….

salam,
ween

68. setyaww - Februari 23, 2012

stau saya kalo fuel pump jebol karena kurang bensin itu hobinya pabrikan roda empat …Opel blazer… kalo dah keluar suara tawonnya …jwhh pasti siap-siap 2jt, jd harus minimal setengah mengingat designnya cukup unik , ada dua bagian chamber yang terendam bensin slah satu utk ruang rotax ,…. roda dua smuanya konvensional ,baik yamaha atau honda… jd menurut saya msh tangguh.

69. no brand minded - Februari 23, 2012

@ween….
Jika gunakan gelas ukur, akan sulit mengukur sampai 0,0 sekian liter..
Lbh baik gunakan metode yang sudah dilakukan sebelum sebelumnya agar adil thdp merk lain yg sudah ditest…

Salut sama mas tri…
Walaupun banyak yg bc…
Tetep terbuka dan objectif…
Ga ada yg perlu disembunyiin…
Apa adanya…

Saya jadi penasaran jika mas tri test nex…
Apakah klaim suzuki mendekati real?

70. Mbelgedhess - Februari 23, 2012

KASIAN JURAGAN WARUNG DITANYAIN ITU2X AJA….DULU2x GAK PROTES…..ANE REPOST JUGA AHHHHH
———————————————————————————–

KENAPA WAKTU TESTRIDE MIA LAMA VS BIT DAHULU KALA JAMAN INDONESIA LOM MERDEKA YANG IRITNYA DIMENANGKAN honpret BIT, PARA F-Bh DAN PEDAGANG honpret DIEM AJA GAK ADA YANG PROTES???

TRUS KETIKA honpret KALAH IRIT DENGAN METODE YANG SAMA……BARULAH KRITIK PROTES INI ITU………KLO GINI MAH CUMAN ALESAN AJA GAK BISA BERBESAR HATI MENERIMA KEKALAHAN……….. :mrgreen:

71. Mbelgedhess - Februari 23, 2012

TO KRITIKER’S:

DIDALAM DUNIA ILMIAH ATAU KERJA,……….APABILA MENGAJUKAN KRITIK ATAU ADA IDE BARU,,,,,,,YA HARUS DISAMPAIKEN DATA PEMBANDINGNYA…….

MISAL….CARA PENGETESAN BBM YANG VALID ITU INI LHOOOO…..SAYA SUDAH MELAKUKAN PENGETESAN DENGAN METODI TSB…SEKIAN DATANYA……SILAKEN DIVALIDASI…
ITU YANG BENER

MASAK NYURUH2x JURAGAN WARUNG……..EMANG JURAGAN WARUNG ITU APA’AN……CEPE DEHHH…………

COBA BAYANGIN MISAL DALAM THESIS ATO RAPAT……IDE CUMAN DISAMPAIKEN OMONG THOK GAK DA DATA…….BISA DIKETAWAIN SEKAMPUNG ATO DITENDANG KELUAR :mrgreen:

72. red komar - Februari 23, 2012

wuig..3x.mantabs bener kl om rudi ngasih pencerahan…top.

73. EISCELL - Februari 23, 2012

xixi FB emang lucu ya.. yang punya warung aja mau nanggapi pertanyaan n komentar dg sopan ..tp para FB malah pd heboh… nuduh ini nuduh itu… kalau saya sbg konsumen sich mo yamaha/honda yg irit itu sama2 bagus pasti yg untung konsumen… tp kalau bwt FB untungnya apa ya koar2 mencari musuh gt

74. catedio - Februari 23, 2012

@69. no brand minded
setuju bang kn dapet rekor muri lagi
tp bnrn gw g tau pake metode pa
maknyus makbleg dapet muri
wkwkwk

@bang 3
good analyze
good bloger

75. thole - Februari 23, 2012

jgn kebablasan diskusinya, semua bs dibuat oleh fanboi koplak, yaaaa termasuk lewat artikel ini, dibilang fanboi kultuser ngadu ke juragannya lah, atau ada kong kalikong antara ini itu lah, gw mah nonton aja monggo lanjutken hehe

76. mbelgedhes - Februari 23, 2012

ADA F-Bh YG TERSUNGGING KOMENG ANE. TAPI MASI TETEP GA BS KASI DATA ALIAS OMDO :mrgreen:

77. cloud - Februari 23, 2012

nah loh p2r?!!!!

78. giant - Februari 23, 2012

Saya juga setuju yg digunakan mas tri, dan tidak setuju dengan cara pabrik yg melakukan pengetesan hanya beberapa km, ini jelas tdk riil krn makin jauh/lama riding kondisi mesin jg berubah, yg jelas temperatur jd naik dan konsumsi bbm pasti meningkat

79. beckhem - Februari 23, 2012

menurut saya ngtest cara gini yang cukup mendekati kondisi real di lapangan, speed rata2 itu memang maksimal 60-70 kpj, 80-an itu dah syukur bisa dapet+palingan cuman 10-an detik kurang. Jarak tempuh biker itu setidaknya lebih dari 20km PP. Kalo pun mw lebih valid lagi ya diuji sampe 2-3 kali. mengurangi error.

80. jaos - Februari 23, 2012

@76 beckhem
Dua jempol untuk komenmu…and…krn rata2 ditest dgn jarak tempuh minimal 60km,maka error dari test ini mgkn sangat gǟƙ signifikan/gak berarti.
Knp? Krn 60km itu 2-3x lipat 20 (30jg bisa) km pp rata2 biker dan mendekati jarak tempuh normal/rata2 di buku service mtr utk per tahun.

81. Mbelgedhess - Februari 23, 2012

73. EISCELL – Februari 23, 2012

xixi FB emang lucu ya.. yang punya warung aja mau nanggapi pertanyaan n komentar dg sopan ..tp para FB malah pd heboh… nuduh ini nuduh itu… kalau saya sbg konsumen sich mo yamaha/honda yg irit itu sama2 bagus pasti yg untung konsumen… tp kalau bwt FB untungnya apa ya koar2 mencari musuh gt
—————————————————————-
LHO KOK MALAH OOT……LHA SAMPEYAN MINTA INI ITU TAPI KOK GAK BISA NUNJUKIN DATA REFERENSI?…..TRUS MAUNYA GIMANA? :mrgreen:

82. andi - Februari 23, 2012

Yang bilang tes pakai motor yg sama, pakai gelas ukur, dll, apakah sudah pernah melakukan?
Silakan lakukan, sajikan datanya, sampaikan parameternya, ajukan kesimpulannya.
Tapi kok ya cuma omong doang?

83. jaos - Februari 23, 2012

Ada solusi γάπĝ bisa saya tawarkan kalo uji konsumsi bbm, tiru aja nama test ala anak jalanan ini tp bikin nama γάπĝ dimodif..
Contoh; test konsumsi bbm ala 1 ltr btl aquaw, test kons.bbm ala merusak injeksi pump tanpa dosa, test kons.bbm ala iklim γάπĝ akurat, whatever la…
Jadi kan tmbh bnyk referensi…

84. EISCELL - Februari 23, 2012

ada yg lbh aneh lagi bg FB …. katanya kalau koment /tanya musti ngajuin referensi tambah lucu bro..MEMBACA… BERTANYA.. MENGKRITIK… ATAU MEMINTA PENCERAHAN kepda yg punxa warung itu HAK KOMENTATOR….. jika yang punya warung tdk berkenan pasti disensor ke SPAM.. . kenapa kalian yg sekedar komentator jg merasa terusik… atau memang kalian yg merasa terusik memang seorang FANBOI…. ??

85. Dwi Widi - Februari 23, 2012

Gimana kalo pengetesannya dilakukan 3 kali pada hari yang berbeda… dan nantinya hasilnya di rata2… saya rasa akan lebih fair dengan pengujian lebih dari satu kali.

Motor Vega Z saya cuman dapet 1:40, hasil itu saya sampling pada minggu yang berbeda kalo pengen ngukur keiritan, kalo pake pertamax cuman dapet 1:45, itupun saya pikir rugi karena perbandingan duit yg dikeluarkan lebih besar. Rute harian bolak-balik 44 km, style riding kadang2 tarik gas untuk akselerasi nyalip mobil, kondisi jalan padet, kadang juga lewat jalan tikus

86. no brand minded - Februari 23, 2012
87. wiwi - Februari 23, 2012

Kayaknya kalo mau test keiritan komparasi harus dibuat yang sama persis kondisinya deh… jalan, rider, etc. (membendingkan itu harus dari sudut pandang yang sama lho bro…)

namun kalo mau ngetest sendiri, sangat masuk dengan metode anak jalanan… kan cuma pengen ngerti konsumsi bbm motor terstentu saja.

CMIIW

http://wawwiwiwaw.blogspot.com/2012/02/injector-cleaner-di-bengkel-resmi.html

88. user aja - Februari 23, 2012

ternyata, sama aja yah, susah klo sudah jadi FB akut, di warung sebelah yg jago grand strategy sama orang disini, ga ada bedanya.

kenapa saya komen kaya diatas, ya cuma rada tergelitik aja sama tes konsumsi BBM, karena mas tri nyebutin ada 3 tools. nah para FBH & FBY malah gontok2an soal mana yg lebih irit.

nah ane cuma nganggap klo utk membandingkan hasil tes 2 motor atau lebih utk konsumsi BBM ya pake cara no 2 lebih cocok(bukan ada statement “emang ada orang yg mau jalan 30km/jam terus2an” namanya juga tes), soalnya kondisi pengetesan akan sama (bukan bikin studi ilmiah lho, cuma pikiran sempit ane aja). tapi anggaplah ane disini hanya mengajukan hipotesa. hipotesa kan hanya berfikir deduktif toh, ga perlu pembuktian terlebih dulu. baru setelah hipotesa perlu pembuktian. siapa yg mau buktiin, ya siapa aja yg mau :D

yah sebenernya cuma nyampein unek2 aja lah, buat FBY & FBH silahkan dilanjutkan. ane mah cuma user aja. pilih barang yg pas buat ane sendiri (ga kemakan omongan orang apalagi marketing jago bacot)

BTW buat FBY ada yg tau info new mio soul?

89. semort - Februari 23, 2012

kaga ada yg tes pake dyno speed ya???

hari gini…..mana ada mongtor sama tipe sama merek, pasti sama hasil iritnya…..mana ada……

banyak paktor” si mr.”x” yg bikin beda (bebek sama kuda).

kalo mao liat kasat mata sekarang tu begini…….matik tapi ya

mao irit
pilih nex ( suzuki )

mao kenceng
pilih mio ( yamaha )

mau fungsional
pilih spacy / pcx / vario 125 ( honda )

itu cuma liat dari kasat mata yak belom di liat dari 3S, harga spare part, harga jual secondnya, dan pusing” laennya.

kalo pengen yg irit, kenceng, dan fungsional.
BIKIN SENDIRI……NOTHING’S PERPEK IN THIS WORLD……( tapi klo di alam lae kga tau y, kga jamin hihihihihihi……)

hari gini……masih maenan panatik……kga bae tu……

90. Mbelgedhess - Februari 23, 2012

4. EISCELL – Februari 23, 2012

ada yg lbh aneh lagi bg FB …. katanya kalau koment /tanya musti ngajuin referensi tambah lucu bro..MEMBACA… BERTANYA.. MENGKRITIK… ATAU MEMINTA PENCERAHAN kepda yg punxa warung itu HAK KOMENTATOR….. jika yang punya warung tdk berkenan pasti disensor ke SPAM.. . kenapa kalian yg sekedar komentator jg merasa terusik… atau memang kalian yg merasa terusik memang seorang FANBOI…. ??
—————————————————————————————
YA BEGITULAH …..KLO OMONG THOK SEH GAMPANG SEMUA BISA, MINTA INI ITU…..

KOK SAMPEYAN GAK PROTES KE WARUNG SEBELAH YANG TES SUZIKU NEX? ADA APA GERANGAN? :mrgreen:

91. jaos - Februari 23, 2012

Judul test aja ‘test ala anak jalanan’ , so ya ngetest ala anak jalanan aka harian..ala habit konsumen umumnya.

Make it simple la…..then u have reasonable bla bla bla,cui.

92. ipanase - Februari 23, 2012

juragan yang satoe ini memang jojsssssssssss lahhh
http://pertamax7.wordpress.com/2012/02/23/kawasaki-ninja-250-r-masuk-jurang/

93. Mbelgedhess - Februari 23, 2012

91. jaos – Februari 23, 2012

Judul test aja ‘test ala anak jalanan’ , so ya ngetest ala anak jalanan aka harian..ala habit konsumen umumnya.

Make it simple la…..then u have reasonable bla bla bla,cui.
———————————————————————————————
SETUJU, SETIAP BLOGGER YA PUNYA CARA METODE SENDIRI2x….KLO GAK TERIMA YA SILAKEN TEST SENDIRI, TRUS SAMPAIKEN HASILNYA……TALK LESS..>DO MORE…..KAYE IKLAN ROKOK WEKEKEKE

94. user aja - Februari 23, 2012

Judulnya udah jelas, nih ane kutip “Mengenal berbagai macam cara pengujian fuel consumption motor …!!!”

95. EISCELL - Februari 23, 2012

mantep hipotesa dari komentator user ada.. bwt sales dan FANBOI.. cerna baik2 koment orang jangan asal serang… bukannya membangun citra tp mlh merusak citra….. semoga komentator makin cerdas dan tdk dibutakan merk… oh iya q belum membaca postingan bro taufik nich… btw masbro taufik pk mbanding2in dgn kompetitor g?

96. Mbelgedhess - Februari 23, 2012

94. EISCELL – Februari 23, 2012

mantep hipotesa dari komentator user ada.. bwt sales dan FANBOI.. cerna baik2 koment orang jangan asal serang… bukannya membangun citra tp mlh merusak citra….. semoga komentator makin cerdas dan tdk dibutakan merk… oh iya q belum membaca postingan bro taufik nich… btw masbro taufik pk mbanding2in dgn kompetitor g?
——————————————————————————
LHO BUKANYE YANG DIBAHAS ITU METODENYA? KAN PAKE TOPUP JUGA? KOK GAK PROTES? TANYA KENAPA? :mrgreen:

97. Mbelgedhess - Februari 23, 2012

94. EISCELL – Februari 23, 2012

mantep hipotesa dari komentator user ada.. bwt sales dan FANBOI.. cerna baik2 koment orang jangan asal serang… bukannya membangun citra tp mlh merusak citra….. semoga komentator makin cerdas dan tdk dibutakan merk… oh iya q belum membaca postingan bro taufik nich… btw masbro taufik pk mbanding2in dgn kompetitor g?
———————————————————————
BUKANYE KOMENTAR CERDAS DAN MEMBANGUN ITU HARUS DISERTAI DATA REFERENSI YANG BISA DIPERTANGGUNG JAWABKAN? GIMANA? :mrgreen:

98. jaos - Februari 23, 2012

@93 mbelgedhes
Ada point γάπĝ missed dari γάπĝ ngasi2 saran, yaitu test hendaknya ala harian krn judul aja test ala anak jalanan.

93. user aja – Februari 23, 2012
Judulnya udah jelas, nih ane kutip “Mengenal berbagai macam cara pengujian fuel consumption motor …!!!”
===
Iya benar,itu isi artikel jg kan menjelaskan knp γάπĝ diambil malah test γάπĝ ala anak jalanan. Nah masalahnya u menyarankan cara2 γάπĝ udah gǟƙ biasa pd orang harian…untuk dilakukan di test anak jlnan tadi. Saran sih ga apa, cuma krn terlalu sering saranin γάπĝ sama, ya aneh la.
Apalagi u mesti tau γάπĝ namanya injeksi gǟƙ bisa kosong bbm.

‎​

99. EISCELL - Februari 23, 2012

sebener q mo koment di artikel masbro taufik cm kok gak bisa koment via mobile hp jadul yaudah g jd koment

100. Mbelgedhess - Februari 23, 2012

99. EISCELL – Februari 23, 2012

sebener q mo koment di artikel masbro taufik cm kok gak bisa koment via mobile hp jadul yaudah g jd koment
—————————————————————————–
PERASAAN SAMA2x PAKE WORDPRESS DEH CMIIW,…..BENRAN GAK BISA? :mrgreen:

101. Mbelgedhess - Februari 23, 2012

100. Mbelgedhess – Februari 23, 2012

99. EISCELL – Februari 23, 2012

sebener q mo koment di artikel masbro taufik cm kok gak bisa koment via mobile hp jadul yaudah g jd koment
—————————————————————————–
PERASAAN SAMA2x PAKE WORDPRESS DEH CMIIW,…..BENRAN GAK BISA?
————————————————————————————-
Registrar: WILD WEST DOMAINS, LLC
Status: clientDeleteProhibited
Dates: Created 16-aug-2010 Updated 16-jul-2011 Expires 16-aug-2012
DNS Servers: NS1.WORDPRESS.COM NS2.WORDPRESS.COM

YUP…SAMA2x WORDPRESS……BENERAN NEH GAK BISA POSTING GAN? WEKEKEKEKE :mrgreen:

102. celekitcelekit - Februari 23, 2012

enakan ngukurnya isi full trus muter-muter trus isi itung atau gak usah diitung denh hehehe dari pada pusing, kalo bensinnya abis tinggal isi lagi hehehehe

103. Mbelgedhess - Februari 23, 2012

102. celekitcelekit – Februari 23, 2012

enakan ngukurnya isi full trus muter-muter trus isi itung atau gak usah diitung denh hehehe dari pada pusing, kalo bensinnya abis tinggal isi lagi hehehehe
————————————————————————–

LHA KAN METODE TOPUP MEMANG BEGONOOO WEKEKE

BTW TOPUP KAYAK PULSA AJE :mrgreen:

104. Busa_tio - Februari 23, 2012

Menurut ane cara Juragan Rondo udah bener kok. Lanjutkan…
Penasaran eui… menunggu pengujian versi anak jalanan buat Suzuki Nex. :lol:

105. EISCELL - Februari 23, 2012

baru aja dpt penjelasan mekanik ahass.. fuelpump injeksi akan berhenti berputar jika dlm 2~5dtk tdk dpt menyedot bensin karena tangki kosong jadi g da ketakutan bwt fuelpump jebol akibat kepanasan /berputar tanpa bensin… begitu jg saat dr kosong di isi bensin.. ON kan kontak tunggu 5dtk baru dstarter nyala deh tp G TAU KALAU DESAINNYA YAMAHA gmana? apakah benar sprti yg ditakutkan mas 3

106. Mbelgedhess - Februari 23, 2012

105. EISCELL – Februari 23, 2012

baru aja dpt penjelasan mekanik ahass.. fuelpump injeksi akan berhenti berputar jika dlm 2~5dtk tdk dpt menyedot bensin karena tangki kosong jadi g da ketakutan bwt fuelpump jebol akibat kepanasan /berputar tanpa bensin… begitu jg saat dr kosong di isi bensin.. ON kan kontak tunggu 5dtk baru dstarter nyala deh tp G TAU KALAU DESAINNYA YAMAHA gmana? apakah benar sprti yg ditakutkan mas 3
——————————————————————————-

MASALAHNYA KLO MBREBET DIJALAN TRUS TIBA2x MATI KRN KEHABISAN BENSIN TRUS DICIUM KENDARAAN DIBELAKANGNYE OPO NDAK SAKIT SEMUA?…….KLO SAMPEYAN MAU TEST KAYAK GITU YA MONGGO SILAKEN…..YA THO……………REPOT AMAT

107. Mbelgedhess - Februari 23, 2012

GINI AJA WES…….APA YANG MENJADI METODE TEST YANG PALING ‘BENAR’ MENURUT BRO EISCELL, SILAKAN BRO COBA SENDIRI DEH…..BISA PAKE MOTOR YAMAMA ATO honpret DULU TERSERAH….KMUDIAN BANDINGKEN SAMA TEST2x SEBELUMNYA….GIMANA?…… :mrgreen:

108. Endrix - Februari 23, 2012

tapi menurut ane Mas Tri, lebih akurat lagi jika diiisi fulltank dan diajak muter-muter ampe ratusan kilometer (touring) ampe bensin bener-bener habis baru deh, kudu bawa botol bensin cadangan saat mogok karena kehabisan bensin

109. jaos - Februari 23, 2012

pompa injeksi bergantung pada bbm yg mengalir untuk lubrikasi dan pendinginan. Konsekuensinya, kelaparan bbm menjadi faktor lain yg mempercepat keausan dan bahkan menyebabkan kerusakan pompa pada kondisi2 operasi tertentu.

….kalo mekanik ahahahss tadi bilang ke si eiscell bhw fuelpump injeksi akan berhenti berputar jika dlm 2~5dtk tdk dpt menyedot bensin karena tangki kosong jadi g da ketakutan bwt fuelpump jebol akibat kepanasan /berputar tanpa bensin… mungkin ini akibat ECU super pintar di mtr hendi termutakhir di INA ini. (Dan gak ada vaporlock di fuel pump hendi walau sempat kosong…ckckck canggihnya)
Krn setauku, ada ECU yg membuat fuel pump berhenti bekerja bila tekanan oli DI MESIN rendah atau gak ada akibat problem , BUKAN krn bbm gak ada/kosong di TANGKI.

so…mudah2an ada terobosan dari ahahem soal menguji irit bbm ala 1 ltr bbm sampe habis di tangki entah berhenti di mana dan dilakukan di jalanan.
pastinya banyak pihak yg menghargai terobosan baru ini….

110. krizz - Februari 23, 2012

Hehe saya saja yang dari jaman bahula ampe sekarang pake Honda (GL100; Suprit 100; Suprit 125; CS1) mengakui kok kalo Mio baru lebih irit dari matik Honda, ga tau kalo vs Nex; tapi enggak bela2in mati2an; cari2 alasan; saya lebih suka realita; hitam ya hitam ijo ya ijo; gt aj koq repot;
Maju terus Gus Tri!!! Wong sudah jelas metodenya, kalo komplain ya tes sendiri aja lalu di publish….

111. endel - Februari 23, 2012

Wkwkwkwk… Akeh seng podo ngeyel…bin ra percoyo….. [Wes tha lahhh.... Tuku motor dewe trus di tes dewe klo cm motor metik sekelas mio n spaccy ga abis 30jt , sampean wes ora penasaran & hasilnya puas] lak gur modal moco yo kudune manut wae karo seng nduwe warung… Lha sampean kan ra melu kesel… Di penakno ko malah nglamak!

112. Mbelgedhess - Februari 23, 2012

111. endel – Februari 23, 2012

Wkwkwkwk… Akeh seng podo ngeyel…bin ra percoyo….. [Wes tha lahhh.... Tuku motor dewe trus di tes dewe klo cm motor metik sekelas mio n spaccy ga abis 30jt , sampean wes ora penasaran & hasilnya puas] lak gur modal moco yo kudune manut wae karo seng nduwe warung… Lha sampean kan ra melu kesel… Di penakno ko malah nglamak!
——————————————————————
SETUJU AMA SAMPEYAN….AKEH SING KURANG AJAR BIN NGELAMAK :mrgreen:

113. endel - Februari 23, 2012

@All…. Ngaji yuukkk….

114. wiwi - Februari 23, 2012
115. akang - Februari 23, 2012

wah ni perlu bisnis dulu……….cari arto dulu ..

116. Ghost - Februari 23, 2012

aku lebi “sreeeg” ma pengujian yang ini dari pada cara pabrikan

117. Priya - Februari 23, 2012

Ane juga punya cara sendiri buat tes bbm, mirip sama anak jalanan, cuma kalo juragan sendirian, ane berduaan langsung dengan kompetitor.
Terjadi pas ane mudik taon kemarin, mio vs vario. jarak tempuh 550km (jogja-bekasi). Satu rider per motor. Berat rider +-60kg. Jalan nggak boleh pisah, salip-salipan bolehlah tapi jangan kejauhan jaraknya. Intinya jalan bareng.
Start awal, full tank. jalan kira-kira 130an kilometer sampai di daerah Indramayu. Isi bensin pertama bareng, dengan nilai yang sama Rp 15.000 (3.33 liter) premium, susah dapet pertamax.
Jalan lagi bareng, isi bensin kedua di daerah brebes, sama juga Rp15.000 premium. sampai isi bensin ketiga di kendal/weleri isi lagi Rp10.000 (bensin masih ada, cuma buat jaga-jaga karena mau lewat hutan pegunungan berkelok kendal-temanggung.
Jalan terus tembus secang-magelang-muntilan-jogja, sampai rumah bensin masih sisa sedikit. Jadi Bekasi jogja kurang lebih ngabisin bensin 12Liter/550km. speed kisaran 60-80km/h on speedo. Perjalanan+istirahat kurang lebih 14 jam. mio maupun vario bisa di bilang sama konsumsi bensinnya.

118. Roy - Februari 24, 2012

117. Priya – Februari 23, 2012

Ane juga punya cara sendiri buat tes bbm, mirip sama anak jalanan, cuma kalo juragan sendirian, ane berduaan langsung dengan kompetitor.
Terjadi pas ane mudik taon kemarin, mio vs vario. jarak tempuh 550km (jogja-bekasi). Satu rider per motor. Berat rider +-60kg. Jalan nggak boleh pisah, salip-salipan bolehlah tapi jangan kejauhan jaraknya. Intinya jalan bareng.
Start awal, full tank. jalan kira-kira 130an kilometer sampai di daerah Indramayu. Isi bensin pertama bareng, dengan nilai yang sama Rp 15.000 (3.33 liter) premium, susah dapet pertamax.
Jalan lagi bareng, isi bensin kedua di daerah brebes, sama juga Rp15.000 premium. sampai isi bensin ketiga di kendal/weleri isi lagi Rp10.000 (bensin masih ada, cuma buat jaga-jaga karena mau lewat hutan pegunungan berkelok kendal-temanggung.
Jalan terus tembus secang-magelang-muntilan-jogja, sampai rumah bensin masih sisa sedikit. Jadi Bekasi jogja kurang lebih ngabisin bensin 12Liter/550km. speed kisaran 60-80km/h on speedo. Perjalanan+istirahat kurang lebih 14 jam. mio maupun vario bisa di bilang sama konsumsi bensinnya.
———————————————————————

antara beat dan mio aja selisih cuma 2k… jadi sama lah.. nah pas yang mio j ini, FBH kebakaran jenggot… gak terima yamaha bisa bikin motor irit sampe 61KPL… spacy aja gak nyampe segitu max di 55KPL… beda 6KPL…
:D

119. Mercon C gak Mretelli - Februari 24, 2012

ra melu melu :mrgreen:

120. pyo - Februari 24, 2012

@117. Priya
hehehe itu sih sama aja kyk om tri mas bro.
prosedurnya sama, tp beda jumlah motor aja.mo berduaan ato berlima sekalian juga sama aja.

121. sami - Februari 24, 2012

terbukti tuh gus Tri… metodenya bisa untuk acuan secara umum, uji mio-j jogja-purwokerto untuk rekor bisa tembus >69km/l dengan pertamax, artinya gus Tri nguji dengan pemakaian lebih banyak stop n go masih relevan dengan hasil uji jogja-purwokerto rata2 >60km/l

122. jigo - Februari 26, 2012

jadi kesimpulannya test konsumen untuk mode irit adalaaaaah:
1. test dgn speed tertentu dan tetap tanpa kemacetan (sirkuit)
2. test dgn speed variasi dan di hari libur yang minim macet (jalan raya)
3. test dgn speed variasi dan di hari kerja yang macet parah (jalan raya)

dengan catatan bbm harus serupa untuk tiap brand dan alat ukur yang terkalibrasi atau andalin masing2 odo yang gak presisi.
nah yang no 3 nih yang ditunggu2, kan test konsumen juga, pasti lebih seru.

123. Baronx - Maret 13, 2012

cuma perhatiin pidionya.. ternyata mas tri dtiving safetynya mantap… mata gak pernah lupa sama spion tiap bbrp detik.. salut..


Tinggalkan Balasan

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.692 pengikut lainnya.