Motor Entry Level, Injeksi, Euro 3… Implikasinya kemana ??? November 17, 2011
Posted by triatmono in Management, Marketing.trackback
Well,… Market membuktikan bahwa motor injeksi untuk kelas entry level dan medium… bisa disebut kurang laku …!!! Motor injeksi yang sukses hanya Vixion… yang dari harga bisa dikategorikan premium laaagh… !!! Namun demikian pabrikan motor melakukan ancang-ancang launching product motor injeksi… kelas entry level lageee …!!! Apakah mau ‘bunuh diri’ toh track record sudah bicara demikian… !!! Eiiiit tunggu dulu… tentu ada maksud dan tujuan… terutama untuk persiapan Euro 3 … dimana persyaratannya adalah motor kudu injeksi… Non-sense kalau masih carburator …!!! So implikasinya apa …???
Pabrikan besar sudah siap… Lha wong akan launching product entry level pake injeksi kok …!!! So.. ketika ‘gong’ berbunyi Euro 3… regulasi ngatur sudah peta persaingan berubah… pabrikan yang siap lebih diuntungkan …!!! Konsumen pada posisi yang lemah… mau nggak mau kudu beli motor injeksi… kena bensin oplosan injektor mampet… terpaksa ke bengkel besar… nggak bisa ke bengkel pinggir jalan… !!! Ongkosnya pasti lebih mahal… ya wajar lha wong pake alat canggih… tidak sekedar tang dan obeng …!!!
Bengkel pinggir jalan siap-siap ‘keluar’ dari intra industry perbengkelan… menurut teori porter …!!! Bengkel cuma bisa ngurus tambal ban dan ganti oli… mekanik yang semula jago ngoprek carbu dan CDI akan nganggur …!!! Otomatis mekanik kecil ini… akan berkurang kerjaannya… otomatis berkurang incomenya …!!! Industri part racing dan CDI kelengeeeer …!!! Lingkungan dijadikan issue… padahal hutan indonesia luas… Euro 3 dinegara maju diterapkan karena mereka nggak punya hutan yang cukup…. Indonesia jangan sampai latah… padahal rakjatnya belum siap… mekanik pinggir jalan belum siap… justru rakjat yang kurang beruntung harus ‘diprotect’ … jangan menjadi korban suatu regulasi… betuuul ???

















No comments yet
1?
wow mantap ni isinya..TOP!
GO green……………….
sarapan rung rampung rep nguntal karbu
my opinion
segmen motor entry level kalo harganya murah ya tetep milih injeksi mas.
lha wong injeksi itu perawatannya mudah. stater langsung greng walau dua minggu gak dinyalain itu motor. perkara bensin oplosan thats another story. yang baj*ngan siapa?
bengkel gak cuma ngurusin karburator lah. masak iya gara2 karburator ganti injeksi thok bengkel bubar?
GoGreen bullshit, mainan org Eropa buang karbon ke Indonesia…
@adhafa
Bhuahahaha…. Dadi koluuuu noooo …???
betul sekali juragan…
Kata Kata Motivasi
selama masih ada pilihan karbu…injeksi cuma jd pajangan atpm…
sebentar mas 3, k berita kompas kemaren, hutan di kalimantan jauh berkurang karena dijadikan lahan sawit, ini juga perlu diwaspadai toh?
bengkel khan service pingir jalan khan masih bisa jual oli, spare part, accessories dll.
lagian yg pake motor injeksi khan masih dikit, paling ngka 4 tahun lagi baru imjeksi semua
bingung…..? mau jawab apa… biar saja semuanya kita serahkan kepada yang diatas….hehe
Wah disinyalir bengkel mobil laris manis gara gara injeksi
perawatan memang gampang ijeksi,gw pke vixion 2th lebih(50rbkm+) cm ganti oli rutin,filter oli,& paling banter ganti thermosensor…service pun jarang pling ganti filter udara tok.
diskusi euro3 . . . . kayaknya terlalu jauh Gus. . . .
lha wong jelas-jelas mayasari,metromini dkk asepnya item tebel aja masih beroperasi dan anehnya tiap uji berkala itu yang diuji bagian mananya sehingga dengan mudahnya KEUR nya lolos dengan begitu mudahnya . . .
mau lancar,tepat waktu dan bersih cuma KRL jawabanya
keep brotherhood,
salam,
pertamaxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx
slh dink
jd malu
mantapppp
http://hakimrodamas.wordpress.com/2011/11/17/efek-suzuki-mundur-dari-motogp-di-saat-tantang-tengah-berkibar/
bengkel pinggir jalan kudu mulai belajar nanganin injeksi..dan beli alat2nya..klo mau tetep survive
PIss
Halah karbu masih bisa irit kok. Yang penting cara dia bawa motor, sering bejek ato enggak
perlu waktu untuk proses aplikasinya, naagh untuk mengisi waktu selama proses ini diharapkan ada upaya peningkatan skilll para montir karbu …. (ngomong sih mudah … xixixi )
http://udiendkab.wordpress.com/2011/11/17/review-blog-bebek-yang-siap-ngepretin-motor-batangan/
setuju juragan
http://asmarantaka.wordpress.com/2011/11/17/the-real-4l4y-fighter/
go green kok mobil & motor sono cc-nya gede2. Mau go green naik speda
kalo pertamaxnya harga 5.000 – 6.000 mungkin masih bisa di terima publik. lha ini pertamax harganya 2 kali premium.. sopo seng gelem tuku… meski harga motor seperrti versi karbu. mending sekalian aja ditiadakan premium, diganti dengan pertamax dengan harga 5.000 – 6.000…. lebih masuk akal..
Mau gak mau lah…
14/15/16@ bwuahahahahaha…. Nglindur ya ooom
Masih menunggu tes ala anak jalanan Supra Fit nya mas3
betul mas vixion masih josss
http://ridertua.wordpress.com/2011/11/17/penguatan-kapasitas-sport-yamaha-dan-kompetitorpun-kalang-kabut/
percuma kang……
orang endonesa dikasih teknologi bagus…ujung2nya pasti dioprek secara salah kaprah…..filter dicopot-lah, malah ekstrimnya lagi diganti karbu…alasannya lebih gampang opreknya…..gendeng gak tuh…mahal2 beli injeksi malah diganti karbu..
di motor matic, karbu bisa tetep efektif (gak boros), yaitu pake yg model vakum….tp diganti pake karbu biasa…padahal tidak tepat tuh..bakalan terbuang percuma bengsinnya….
orang endonesa mah terlalu kreatif….
Kalo bukan dari diri kita siapa lagi, masalah bengkel pinggiran harus byk belajar biar bisa mengikuti perkembangan jaman.
Salam B2W.
Walaupun cuman karbu, asal part2 nya standar en setingan juga standar pabrik masih bisa ramah lingkungan kok. Nggeh mboten mas?
#lirik ki demang, kaboorrr…mlayu jranthal nyangking srandal,wkwk
coba pake pola pikir lain mas Bro..motor karbu emisi berapa, motor injeksi emisi berapa..terus selisihnya kalikan rencana produksi motor,,lha pasti gedhe…bengkel ga kan tutup..toh masih ada motor2 lama yang masih pake karbu kan? masak lebih dari12 juta motor karbu langsung diganti motor injeksi?..
perbedaan kualitas emisi antara injeksi dan karbu apakah seperti bumi langit kah? dengan catatan motor injeksi dan karbunya sama2x terawat…..mohon mangap bener2x gak tau nih hehehe
lebih suka go green……hehee……hutan harus dilindungi…!!!!Injeksi itu sebuh teknologi dan bisa dipelajari coz itu ilmu dan ilmu g ada habisnya untuk dipelajari/dibagi-bagi, klo alam habis siapa yang bisa mbalikin?
menurut saya sih ATPM ngasih injeksi di produk entry level bukan masalah euro 3 (kecuai yang diekspor) lebih ke gengsi kayaknya.
ATPM sini mana mikir soal lingkungan? masih terlalu bebas regulasinya daripada diluar negeri. program tanam pohon juga cuma nyari perhatian saja.
Kalau ga disiapkan kapan mau siapnya…??? kalo wacana baru mau mulai sudah dimentahkan kapan majunya…
@aoitsukishrine
Betul masih ada motor lama… tapi tunggu berapa lama …??? Kekuatan motor itu berapa… kebiasaan konsumen ganti motor setiap berapa lama …??? Jika average 5 tahun… maka dalam 5 tahun bakalan kelenger tuh mekanik jalanan …!!! Soal tahun itu soal numberz… mau 8 tahun… ya monggo… setelah itu kelengeeer…
Mungkin sudah nasib nya kali yaaagh… mekanik jalanan kudu kelengeeer… nobody cares them… !!! So.. captive market mau dioptimize… saaa sutraaa laaagh….
Kalau mau cares… kasih batasan… untuk motor diatas Rp. 20 jeti… wajib pake injeksi… dibawah itu tidak wajib… itu kalau mau win-win solution… !!! Kalau ngeliatnya market share competition yaagh mekanik jalanan jadi korbannya…
kapan majunya klo gak diterapkan mas tri…
jgn dimanja dong bengkel pinggir jalannya…
semula mereka jago oprek karbu/CDI sekarang mesti melek teknologi…
mereka mesti belajar bijimane caranya make piggyback, dll. mestinya gitu.
yach mas3 kalo harus ngikutin orang lain siap,kapan siapnya kita ini.inilah yang membuat kita selalu tertinggal dengan negara lain !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
lebih tepat lg klo ngembangin hybrid, drpd ngurusin euro 1-100 :-/ lebih go green dn g bikin bising.
jaman akan terus bejalan,teknologi akan terus berkembang. jd inget dulu anak SD mainannya tanah liat sekarang anak SD mainanya dah hp/pc, akankah bengkel pinggir jalan akan mandek aja dikarbu??? apalagi jika suatu saat regulasi yg menentukan tidak dipakenya lg karbu dan semua keluaran motor mesti injeksi.
yg bener jaman harus mengikuti kemampuan ato kemampuan yg mesti belajar pd perkembangan jalan?
kesuksesan negara lain dalam menerapkan Euro3 harus dilihat asumsi yang digunakan… latar belakang… dan monggo dilihat kondisi indonesia yang akan diterapkan …!!! Nggak bisa digebyah uyah…
DI negara Europe kenapa diharuskan… ???
- Monggo dilihat income percapita… dan maturity penduduknya apakah sudah melek teknologi atau tidak… ???
- Disana hutannya pigimana… penduduknya pigimana… di indonesia bagaimana… ???
Logika nya saja… ada motor bebek 125cc… satu pakai carbu … satu pakai injeksi… kenapa konsumen pilih carbu …??? Apa iya harus dipaksa konsumen… apa konsumen tidak punya hak… untuk mencapatkan maintenance cost lebih rendah… ??? Apakah mekanik jalanan nggak punya hak untuk mendapatkan masa depan yang cerah… ???
Belajar piggy back …??? Hmmmm…. juragan ada tuh… wkwkwkwk… mau guyu… !!! Pertama dia harus ngerti tentang computer… ia harus punya notebook… !!! Kemudian dia harus ngerti colok… nya kemana… settingnya pigimana… !!! Belum lageee… kalau pabrikannya menutup…
Jiaaaagh… sekedar menggugurkan kewajiban saja… sekedar mengingatkan… !!! Jelek-jelek itu mekanik jalanan… saudara kita juga… rakjat indonesia juga… tega kaagh kita ‘mematikan’ mereka… ??? Indonesia harus punya prinsip… dimana regulasi harus menguntungkan mayoritas rakjat… bukan hanya segelintir… !!! Last,… juragan mau ngeliat… gimana endingnya perseteruan Euro3… siapa yang menang… pabrikan kaaagh… atau rakjat kecil… ???
semua produk apapun perlu penyesuaian dengan konsumen… sebagai contoh vixion saja langsung diterima.. kl semua motor pake injeksi kenapa harus takut ..?? lha wong sebagai konsumen lebih enak kok servicenya nggk selama waktu nunggu service motor karburator….. lebih ramah lingkungan… coba waktu 2 tak msh diproduksi bebas ( diluar kawasaki) asap motor bikin sesak napas… bgmn jika kondisi itu msh terjadi bila kondisi macet seperti sekarang ini…..? apa nggk mabok makan asap knalpot….???
Wah ga bener nih artikel
Kayaknya mah gak link jg antara injeksi dan bengkel gulung tikar… Masih banyak kok jualannya bengkel, dan aturan ini kan gak berlaku surut, alias motor” lama yg karbu tetep boleh gelinding
intinya kan kita diajak menjaga kesehatan lingkungan.. kan dampak untuk kesehatan badan kita juga… bila lingkungan kita bebas polusi yg membahayakan…
37. triatmono – November 17, 2011
@aoitsukishrine
Mungkin sudah nasib nya kali yaaagh… mekanik jalanan kudu kelengeeer… nobody cares them… !!! So.. captive market mau dioptimize… saaa sutraaa laaagh….
———————————————
tenang aja ms 3, dunia itu tiddak selebar daun kelor, rejeki pasti ada bagi mereka, wong burung aja pulang pagi bisa makan kok, ndak da cerita burung mati kelaparan.
rejeki itu dah di atur ama tuhan, pasti ada hikamh dibalik itu semua jika hal tsb jadi dilaksanakan
…
setuju……… jangan cuma ikut2an aja….
http://agoey.wordpress.com/2011/11/17/kawasaki-ninja-250-r-dalam-anime/
tetep..mau tidak mau kita akan ke injeksi
dulu kita dipaksa dengan HP, sekarang wartel dan kantor pos toh masih ada…yang walo ga sebesar dulu omsetnya…
kita ndak bisa ngelawan perubahan
sama aja kaya issue dulu saat mobil berganti menjadi injeksi
dan mobil dibikin matic
semua menolak
namun sekarang.?
orang lebih milih matic.
kalo menurut saya malah bagusan injeksi lho mas tri.
dan di europe kalo ngga salah dah euro 4.
yang penting harganya ngga terpaut jauh,..
baca di kompas.com injeksi hanya akan terpaut 250-500 ribuan
nah kalo gitu bisa lebih irit malah,…
kan injeksi ngga perlu sering2 service, ngga ada yang perlu di stel, palingan cuma klep dan bersihin filter, itupun filter sekarang dah model maintenance free, alias kotor langsung ganti.
harusnya malah lebih irit
mengenai bengkel umum, setau saya, main dealer honda telah mengadakan sosialisasi ke bengkel umum mengenai penanganan injeksi dan akan terus dilakukan secara bertahap.
so saya rasa ngga bakalan bermasalah, yang bermasalah cuma bengkel umum nya mau belajar atau ngga.
buktinya service injector mobil ngga perlu ke bengkel resmi kan…??
just IMHO, dan CMIIW yahhhh
Inget dulu yang namanya perusahaan pager… terpaksa gulung tikar … gara-gara ada sms …!!! Perusahaan pager maagh kapitalnya besar… yaaagh dengan ada substitute product … masih bisa ganti jalur …!!! Lhaaa mirip kejadiannya antara injeksi vs karbu… kalau untuk bukan entry level… yaaa nggak apa-apa… seperti mobil, motor diatas Rp. 20 jeti… yaaa nggak apa-apa lha wong mampu kok …!!!
perbedaan pendapat itu rahmat… ada yang pro dan kontra itu biasa… !!! Kembali kan lagi saja kepada niat masing-masing… tidak ada kebenaran yang mutlak… !!!
setuju dengan 47, 48, 49….
mosok maunya yg jadul mulu….
Tenang, pastilah ada pihak lain yang jeli melihat peluang dan membuat mesin reparasi injeksi dan ECU dan dijual ke bengkel jalanan tersebut. Saya yakin mereka yang sekarang otak-atik dan jual CDI akhirnya berupaya banting setir bikin alat-alat bantu tersebut.
benar juga om tri,,,,terkadang regulasi dibuat hanya untuk kepentingan segelintir orang,,,para regulator kadang hanya mementingkan perutnya dhewe-dhewe,,,,
jadi ingat statement ahli hukum dua hari lalu yg bikin heboh,,,,
kesimpulannya,,,,pabrikan kudu ‘OPEN’,,,,klo gak statement itu memang benar,
“perbedaan pendapat itu rahmat… ada yang pro dan kontra itu biasa… !!! Kembali kan lagi saja kepada niat masing-masing… tidak ada kebenaran yang mutlak… !!!
”
===================================================
ini baru saya setuju mas 3…. semua pasti ada imbal baliknya…
Kalau tidak mulai dari sekarang, kapan lagi? tunggu hutan gundul semua? tunggu ozon tipis? tunggu efek rumah kaca? tunggu global warming?
@yonyon
becik ketitik olo ketoro… perbuatan baik walaupun kecil… pasti akhirnya terungkap… so tenang saja… !!! Gusti Allah ora sare kok …
motor wajib injeksi tidak akan menghentikan penggundulan hutan,, gak ada hubungannya
Males aja kalo ane diwajibin ganti motornya dgn yg EURO3, tapi diluar sana orang babatin hutan (bahkan yg statusnya hutan lindung) dibiarin aja..
“Priiiitttt…selamat siang,,bapak saya tilang karena motor bapak masih pake karbu” :Tepokjidat:
waah kalo bagi ane injeksi sangat perlu mas Tri.. apalagi kalo di perkotaan.. yang lebih banyak ‘pohon beton’ masa tiap hari disuguhin asap cumi cumi mulu..
Vixion memang sampel motor injeksi yang sukses, tp menurut ane itu karena ga ada pilihan Vixion karbu. Klo saja ada pilihannya mungkin saja lebih terlihat apa yang sebenarnya dilihat dari sosok Vixion. Hal sama bisa jadi pertanyaan juga andaikan Supra-X yang ada hanya versi injeksi, bukan ga mungkin jadi benchmark penjualan motor injeksi. Tapi plg tdk mudah2an komitmen Honda u/ pasang injeksi di semua motornya 2013 benar adanya.
udah 2 artikel mas 3 berisi kuliah gratis…maturnuwun pandangannya
jadi inget dulu digembar-gemborkan afta asean sekarang afta asean china…
dan kini kita berusaha untuk tidak menyetujui semua aturan karena rakyat kita belon siap…
dulu diancam saat masuk tahun 2000-an kalo kita tidak bisa bahasa inggris kita akan tersaingi oleh orang-orang asing..
karena melalui afta orang-orang asean bebas untuk bisa kerja di negara kita ….karena bahasa inggris sudah wajib….
buktinya sekarang…. tidak toh…
memang implikasi teknologi itu sangat hebat…kalo pemerintah regulasinya asal maka banyak yang jadi korban….
ya seperti kasus ini, injeksi vs karbu….
kalo pun harus diwajibkan harus ada win-win solution….
masih ada aja yang ngibul soal go green dari kendaraan-kendaraan sekarang!?…yg go green itu bbm-nya dari listrik mas (dukung @14 mas sabdo guparman)….
bahkan sejak lama mobil listrik didengungkan tapi tetap tidak jalan dan belum ada di satu negara-pun mobil listrik diwajibkan…karena hal ini akan melawan perusahaan-perusahaan minyak raksasa…
(kok melebar!?)….
yang penting sekarang adalah batasi kendaraan pribadi dan perbanyak angkutan massal…kalo udah mementingkan kepentingan umum maka tenaga nuklir pun akan menjadi sebuah hal yang biasa-biasa aja….
(kok lebih melebar!!?)
gpp ya…. latihan menuliskan ekspresi dalam sebuah komen
OOT…
dulu waktu saya mau beli n250r, saya bilang ke teman kalo saya mau nunggu yg pake injeksi aja. Trus teman saya bilang…kalo yg injeksi itu repot. BBM mesti bagus….padahal tau la, kayak mana bbm kita. Trus, perawatan memang mudah tapi kalo sekali rusak mahal biayanya. Dan lama2 sama borosnya dengan yang pake karbu, krn lubang injeksi lama2 aus dan membesar. Dan gak semua orang bengkel bisa menangani injeksi, gak bisa sembarangan.
Karena itula, saya batal nunggu dan ambil yg ada aja yg make karbu. Walau gak terlalu sreg…….tapi yg jelas saya gak takut kehabisan bensin di tanki krn gak ada pompanya dan tidak takut soal bbm nya.
tapi bagaimanapun jg, buat mtr cc besar lebih baik pake injeksi sih….masakkan gak bisa ngerawat baik2…dan soal biaya ya mesti sudah siap.
Tapi mtr cc kecil make injeksi? weleh weleh……diberesin dulu tuuh kualitas bbm yg ada sekarang…jgn cuma ngeliat yg di kota besar aja yg masih ada spbu asing. Bukan anti injeksi di mtr kecil….tapi jgn maksa kalo infrastruktur (?) belum siap……….yang ada malah tetap tetap terjadi bensin yg boros dan pembuangan uang akan sparepart yg mahal. Pd umumnya mtr cc kecil kan gak terlalu dirawat…toh murah jg beli mtr itu pikirnya. Lain kalo mtr sprot….lebih cenderung merawat.
susah menulisnya dalam kata2…
tp mtr entry cc kecil yg make injeksi itu……..GAK PENTING! Itu la yg ada di benak para konsumen kebanyakan….selain banyak gak perduli, toh waktu akan tunjukkan betapa besar biaya perawatan dan penggantian sparepart karena kurang pengetahuan dan infrastruktur yg buruk.
Mana boleh tuuh mtr injeksi sampe kehabisan bensin dan isi sembarangan……nah apalagi konsumen kita kebanyakan mampunya beli bebek dan skutik.
kekeke…….maksa amat tuuh regulasi (hasil konspirasi).
kalo vixy……ya tau la….bagi banyak orang itu mtr mahal dan cc ‘gede’……dan yg beli pada udah melek soal perawatan injeksi………minimal tau, ni mtr gak bisa sembarangan dan sdh injeksi.
Dan gak perlu berandai andai kalo ada vixy karbu maka pada lari ke yg karbu…hehehe. Kita yg pasti2 aja. Kan masih ada jg sprot yg lain yg make karbu.
implikasi:
konsumen banyak kerugian dan bengkel2 pinggir jalan bisa pada kolaps……….atau konsumen banyak kerugian dan bengkel2 pinggir jalan semakin untung karena banyak yg minta penggantian injeksi ke karbu…hahaha…
bukannya bagus justru di mulai dari sekarang. masy harus tau dan dicerdaskan dengan teknologi otomotif terbaru juga dong. dan di era perdagangan sekarang ini memang perubahan terjadi sangat cepat justru masy harus bisa menyesuaikan diri.
kalau hanya dijejali dengan barang lama, teknologi lama bagaimana bisa berkembang.
untuk biaya yang mahal karena memang masih jarang kan. seiring dengan perkembangan lama kelamaan juga bahan untuk teknologi injeksi akan masuk dengan skala yang tidak kecil seperti sekarang.
Dengan kondisi seperti itu sepertinya biaya juga bisa ditekan karena sudah tidak sulit lagi kan untuk parts2 dan alat2 teknologi tersebut.
disaat semua sudah mengerti teknologi tersebut maka biaya maintenance juga gk akan mahal karena persaingan bengkel juga semakin merata.
anggap 2013 mulai wajib euro 3, kan tidak serta merta semua motor berubah jadi injeksi, mau dikemanakan 40 juta motor karbu yang sudah beredar? kurang lebih akan ada waktu 5-7 tahun baru motor karbu akan benar2 hilang.
nah cukup lagh 4 tahun untuk belajar menyesuaikan dengan perubahan.
justru yang harus ditekan adalah ATPM agar mereka juga melakukan pembelajaran bagi bengkel umum.
Karburator itu ibarat kata seperti OS Android, mudah dioprek, nge-root sesuka hati, overclock processor, banyak gratisan, ga bikin jebol kantong harga ponselnya, byk virus jg, aplikasi cracked byk.
Injeksi itu ibarat kata Iphone atau Windows phone. Susah dioprek, jaibreaking menghilangkan garansi, download harus dari appstore secara legal pk CC, ga bs overclock, ga bs transfer file via bluetooth, OS stabil tanpa virus&bug, update terjamin.
#analogi
62. jaos – November 17, 2011
susah menulisnya dalam kata2…
tp mtr entry cc kecil yg make injeksi itu……..GAK PENTING! Itu la yg ada di benak para konsumen kebanyakan….selain banyak gak perduli, toh waktu akan
——————————————
kalu ngak salah bus itu kan sdh ada yg euro 3 apa benar, nah terus gimana tuch?
ada manfaatnya buat rakyat ngak?
regulasi itu mungkin tujuannya baik, walaupun mgkn dari hasil konspirasi.
contoh aja dech, tes uji emisi kelayakan kendaraan umum jalan ngak? sedikit jalankan, masih banyak tuh ,metromini asepnya item.
kalu takut benglek pinggir jalan mati, pasti ada jalan lain, wong rejeki itu tuhan yg atur kok.
bbm sekarang jelek? doakan saja semoga bensinnya kualitasnya tambah baik.
baik atau jelek suatau keadaan, pasti ada hikmahnya,
kenapa artikel ini dibuat….yang kemudian seolah mengesankan keberadaan motor injeksi akan menyusahkan konsumen atau mematikan bisnis bengkel jalanan…
ah..suka-sukanya yang nulis..:)
atau karena Yamaha belum siap dengan injeksi
sehingga artikel ini dibuat…
atau Honda yang duluan akan menggempur dg motor injeksi #bisik2 warung sebelah#
sehingga artikel ini dibuat…
jadi membayangkan seandainya yamaha akan membuat injeksi …
mungkin..mungkin….mungkin artikel ini tetap ada,namun bukan bengkel jalanan yang jadi lakon…
kamuflase yang luar biasa……..
kembali lagi..suka-suka yang nulis…wkwkwkwkwkwkw
salam jabat erat..
intunya, harus dari manusianya dulu dirubah.
tuhan itu cinta keindahaan,
kalu manusia cinta tuhan ngak mungkin orang bawa motor yg asapnya ngebul atau metromini yg asaepnya item, sebab semua itu ngak indah dan ngak sehat toh?
makanya
ini kan namanya menghambat kemajuan otomotif, dulu katanya waktu ada artikel yang bilang n250 ndak cocok buat harian bakalan menghambat perkembangan otomotif, sedangkan teknologi injeksi entry level yang mungkin bakal dimulai honda dengan spacy ato mio dari yamaha malah dipersoalkan, kan malah memajukan otomotif ya
motor cc kecil pake injeksi? wah bakal makin irit tuh..
pake karbu aja bisa 1:73km, apalagi kalo pake injeksi…
@67 mosok??? perasaan di indonesia justru yamaha yg lebih siap dg injeksi. sudah pengalaman ngurusi ribuan vixion selama bertahun-tahun.
tetap dukung teknologi injeksi!!! karbu utk balapan aja..
ane jadi kepikiran ganti injeksi vixi ane pake karbu wkwkwk
maju kena mundur kena…
tergantung dari sudat mana kita memandang…, beda sudutnya ya beda pandangannya….
siapa penyumbang gas CO2 terbanyak di dunia???
siape pemakai kayu terbanyak di dunia???
siapa yg ngasih ijin boleh nebang hutan???
siapa yg ekspor mobil / motor ke negara euro??? atawa negara yg menerapkan standar euro??
sesuatu yang baru itu perlu dipelajari dipertimbangkan untung dan ruginya. Kalo daratan eropa dan amerika itu memang sudah wajib untuk menurunkan emisi, karna dari merekalah emisi gas buang paling besar yang disumbangkan ke;langit. Sehingga langit bocor, es dikutub mencair.. Aplikasinya ya macem2 termasuk pada kendaraan bermotor.
Tapi begini, kita sebetulnya kan tinggal 1 rumah juga dengan bangsa eropa dan amerika. Tinggal 1 rumah yang namanya BUMI. Namannya 1 rumah ya pasti kalo 1 ada yang sakit , yang lain pasti akan ngerasain repotnya juga lah.
Kalo aplikasinya jadi injeksi, ya mungkin itulah aplikasi yang paling mutakhir untuk saat ini. Cuma yaitu kata jaos itu, infrastrukturnya sudah siap belom ? Katanya kualitas BBM nya masih ecek2 ?
bengkel pinggir jalan masih ada waktu mas bro untuk bersiap..
ane rasa masih butuh 4 tahun sampai motor karbu ga beredar di jalan..pasti ada rencana Tuhan juga buat mereka…ane pribadi sih ga papa pake injeksi..la lebih irit dan emisinya lebih bagus,,
10. nr 1908 – November 17, 2011
jual oli, spare part, accessories dll.
lagian yg pake motor injeksi khan masih dikit, paling ngka 4 tahun lagi baru imjeksi semua
————————————————-
76. aoitsukishrine – November 17, 2011
bengkel pinggir jalan masih ada waktu mas bro untuk bersiap..
ane rasa masih butuh 4 tahun sampai motor karbu ga beredar di jalan..pasti ada rencana Tuhan juga buat mereka…ane pribadi sih ga papa pake injeksi..la lebih irit dan emisinya lebih bagus,
————————————————–
,eh ,kok analisa kita sama yach, perlu 4 thn u/ adaptasi
Sisi positifnya ga dibahas Mas?
Tapi hutan indonesia sering kebakar mas tri.. Efek rumah kaca,ujung2nya mesin hrs hrs ramah lingkungan,tapi yg bener angkutan umum sini mesti diganti,asapnya udh kyk vogging
buat iklim di Indonesia, kayaknya karbu still the best..
waktu konversi kompor minyak tanah ke gas menuai banyak kontroversi, kekisruahan terjadi di mana-mana, bahkan ledakan-ledakan banyak terjadi … itu menunjukkan ada ketidaksiapan dari sebagian masyarakat … kemudian pasokan gas seringkali terlambat, orang-orang nakal memasarkan gas kenthut … itu menunjukkan ketidak siapan dari birokrasi … selain itu banyak depot2 minyak tanah yang gulung tikar …
tapi saat ini rasanya jarang terdengar hal-hal serupa itu …. keknya masyarakat sudah mulai paham dan terbiasa dengan kompor gas, demikian juga pemerintah sudah lebih prof dalam suplay gas, dan mudah-mudahan para pemilik depot sudah mendapatkan lahan lain untuk bisnisnya …
memang semuanya perlu waktu … dan waktulah yang akan menjawab …
btw: sayah setuju agar pemerintah care terhadap bengkel-bengkel jalanan sebelum regulasi diberlakukan atau semasa peralihan …
leresss!…. pemerintah harus baca neeeh blog kang tri…
80. uDien D’kab – November 17, 2011
—————————————————-
akur 100 % pak,
segala sesuatu ada resiko dan manfaatnya, tinggal kita menyingkapinya.
kalu tujuan jelas baik, lebih baik berbaiksangka saja dulu, hilangkan dulu pikiran jelek yg mugkin itu benar juga.
kalo menurut saya pribadi seh, klo untuk motor2 ber cc kecil dibawah 150 cc kemudian juga teknologinya tidak terlalu canggih seperti moge 250 cc ke atas, saya kira tidak terlalu begitu dibutuhkan injeksi, karburator juga sudah cukup, mengingat harganya yang lebih terjangkau, perawatan mudah dan juga lebih praktis.
tante beti n neng mia kalo di ‘inject’ peret mana?
♂
thailand aj bisa knapa sini ngga..keadaan ekonomi sama,sdm jg sama..masa ga bisa?kpn dong klo gitu mau mulai..mau jd semakin terbelakang??
kalau saya pribadi lebih suka dan ingin semua kendaraan lulus uji emisi yuro tiga, apapun mereknya, apapun jenis dan typenya..
soal diterima pasar atau tidak nanti waktu pasti bercakap, soal dodolan laris atau tidak itu urusan pedagan, soal kesiapan bengkel pinggir jalan itu urusan pembelajaran. yang jelas kemajuan tidak akan terjadi jika kita masih punya pemikiran feodal.. bumi makin panas dan pengap, kendaraan bermesin yang makin berjubel serta perlombaan rebut MS setinggi2nya sedikit banyak ikut menyumbang dalam hal ini.
teknologi injeksi menurut saya lebih maju, lebih ramah lingkungan, minim perawatan dan efisien dalam hal penggunaan bahan bakar..
kepada konsumen, ayo kita peduli dan hanya membeli produk yang efisien dan ramah lingkungan, meskipun mungkin harganya sedikit lebih mahal.
kepada produsen, jualnya jangan mahal2 dong.. irit, canggih dan ramah lingkungan janganlah dijadikan dalih untuk mematok harga secara operpress, yang wajar2 saja..
maaf jika ada yang tidak berkenan.
paling-paling bakal jadi program gagal kedua dan kalo itu terjadi akan ditertawai seluruh Indonesia. trus pelan-pelan tanpa gembar-gembor produknya disuntik mati dengan alasan ini itu. only donkeys fall into the same hole twice…… dan who’s gonna be the donkeys? guess what?
kapitalis mas 3 sponsornya
yang jelas produk2 injektor cleanner bakalan tambah laku, suplemen cleaner pun juga bakalan laku
harusnya mekanik ‘kelas kecil’ pada mulai buat inovasi injektor cleaner buatan sendiri, tapi tetep aja pakai suplemen/injektor cleanner buatan sponsor juga…
waahhh balik maning ke mereka juga……
euro 3???mahluk paan tuh????
akal2n pemerintah biar pada pke pertamax smua….knp ga bikin regulasi yg euro 6 aja sekalian biar pbrik2 pindah ngembgin mtor listrik nangung amat…
indonesia latah……..
effect globalisasi neh,ini sih bukan dampak negatif.tapi dampak seleksi alam,siapa yg kuat pasti bertahan.
Mas 3 kalo dicalonin jadi DKI 1 sy dukung, coz kritis n merakyat…
ISU YANG NGAK LOGIS…emang kalo injek harus pake petramax,nyante aja bung,boil injek,vixio,ma supra fi ditempatku pada pake premium malah ada yg beli bensin eceran ya ok2 aja,bensin kita dah bebas timbal bung…dg injek kita sangat2 diuntungkan…bebas perawatan dan lebih irit bbm.
Kalo 5 taon lg smua motor injeksi, yah ga perlu dikuatirkan. asal smua dilakukan demi tujuan yang baik. toh service (ringan) motor injeksi bisa dikatakan sangat mudah.lahan bengkel kecil masih sangat luas. emangny mau ngapain setting ECU? lha programmingnya saja ga bisa diutak atik, mau setting kan cuma untuk modif, itupun pake piggyback. seandainya rusak yah diganti, bukan diakal2i. skrg gmn persiapan menghadapi perubahan saja, kualitas bensin lebih dijaga. ud tugasny pemerintah yg ngeluarin regulasi, harus mendukung segala sarana pendukungny. memang manusia sulit untuk menghadapi perubahan. tp semua selalu berubah. cuma 1 yg ga pernah berubah, yah perubahan itu sendiri. terus berubah demi pembaharuan dan tujuan yang lebih baik. keep dreaming, keep action. the power of dream
mas 3 kliatannya ngremehin kemampuan adaptasi orang kita nih. memang kenyamanan sering kali membuat kita mendirikan benteng kokoh terhadap perubahan, namun jangan maksakan opini agar semua orang pake tabir surya dong… saya yakin orang Indonesia mampu kok.
juragan itu hanya berpendapat… menurut juragan belum waktunya motor entry level pake injeksi… !!! Bukan tidak setuju dengan injeksi… hanya saja … segala sesuatu yang timing nya tidak tepat… pasti mempunyai implikasi yang tidak baik …!!!
Juragan berpendapat ini… karena mengetahui bengkel-bengkel di pinggir jalan… !!! Yaaagh perbedaan pendapat anggap saja sebagai masukan… !!! Juragan pengguna moge… juga akrab dengan injeksi beserta piggy back dan hal-hal lain… namun tetep saja… tidak bisa ‘memaksakan’ baju kita kepada orang lain …!!!
Namun demikian… jika mau dipaksakan juga… monggo kerso …!!! Juragan hanya berpendapat… juragan bukan decision maker… so sebagai orang yang beriman… kudu saling menasehati dalam kebaikan… !!! Setelah menasehati dalam kebaikan… yaaagh sudah gugur kewajiban… mau apapun yang ditempuh… yoooo monggo kerso …!!!
*so boleh dong juragan mempunyai pendapat yang berbeda… dijamin UUD 45 kok*
mas3, bengkel jalanan tuh gak cuman ngurus karbu. masih ada banyak kerjaan. ganti lampu, busi, ban, kampas rem, minyak rem, pasang asesori, ganti velg, dll. masih banyak kerjaan. gak ada alasan nolak injeksi.
ada lagi. jangan jadikan lapangan kerja ataupun pajak sebagai tameng untuk menghentikan kampanye anti rokok.
kata siapa hutan Indonesia masih luas… beberapa kali terbang dari Banjarmasin ke Kotabaru dan sebaliknya, dari atas udah banyak hutan di Kalsel berubah jadi padang rumput, ditebang pembalak liar/pengusaha liar, dikeruk tambang batubara, berubah jadi kebun sawit.. asli miris.. soal injeksi atau karbu, kalo harga betty, saya pilih injeksi.. tapi yang utama pemerintah kudu sadar dan memprioritaskan transportasi massal yang layak..
Sudah sejak Okt 2010,… kalau untuk motor kecil… pendapat juragan tetap sama… !!! Jadi jangan pada su’udzon dulu… hanya care kepada rakjat kecil… !!! Yaaagh… sudut pandang lain saja…
http://triatmono.wordpress.com/2010/10/20/euro3-akan-diterapkan-siapa-yang-diuntungkan-siapa-yang-dikorbankan/
hehe..juragan dudo mengakui juga ya..kalo mio injeksi setuju gak gan????
@orang netral
Mau mio kek… mau miaaa kek… kalau entry level… nggak setuju… puas… ???
@ bjl
Pengalaman dg vixion ya?
Hehe
99. Legenda Raja Matahari – November 17, 2011
mas 3 kliatannya ngremehin kemampuan adaptasi orang kita nih. memang kenyamanan sering kali membuat kita mendirikan benteng kokoh terhadap perubahan, namun jangan maksakan opini agar semua orang pake tabir surya dong… saya yakin orang Indonesia mampu kok.
============================
Setuju 1000%. Kita dukung dan kita sambut teknologi yang lebih baik dan lebih ramah lingkungan. Mengapa kita harus nunggu hutan habis untuk menjaga udara bersih.
Maaf, apakah artikel ini muncul berkaitan dengan rencana AHM minggu depan yang akan meluncurkan 2 motor injeksi entry levelnya? Sungguh sangat disayangkan,
mengapa tidak dukung sesuatu yang sudah benar-benar positif. Bengkel pinggir jalan masih bisa nangai jutaan motor karburator sampai beberapa tahun ke depan sambil menyiapkan diri.
ya gitu deh…
spacy dan supra injeksi bakal dirilis, kita liat kinerjanya selama bulan desember…… kira-kira wetonnya spacy FI sama gak seperti spacy karbu yang monceerrrrrrrrr………
Kalo harganya selisih tipis, kykny sih pasti moncer. Sepertinya strategi peralihan teknologi bisa ditrigger dengan pricing yg menggiurkan. Kalo bedany 250rbuan dengan carbu misalny, tentu banyak konsumen yg mulai beralih..imho
setuju mas Tri, tapi cepat atau lambat mekanik2 harus mulai belajar mengenal sistem pembakaran canggih (baca : injeksi). Tugasnya SMK nih! SMK Bisa!!
setuju ama 106…
mungkin begithat lha…ilmu ‘ngeles’ tingkat dewa..
wkwkwkwkwkw…….
minjam kalimat juragan: “Time will see lah”

menurut ane kemajuan teknologi sulit dibendung. kata orang: satu-satunya yg abadi adalah “perubahan”. Cepat atau lambat perubahan itu akan datang juga
setelah injeksi kita akan beralih ke motor listrik (entah kapan). seperti halnya buku akan digantikan tablet (entah kapan), surat digantikan email (sudah terwujud), pager diganti sms, sms diganti internet messenger, operator cellular (voice) akan diganti operator data dan akhirnya lenyap. begitulah perubahan, selalu ada.
blogger adalah contoh dari suatu perubahan jurnalistik.
kembali soal injeksi, kalau kedepan pabrikan bisa bikin injeksi yg bersahabat dg bensin premium 88 (masih ingat heboh rusaknya fuel pump karena premium jelek) ada kemungkinan paradigma masyarakat akan berubah. toh vixion pakai premium udah banyak ane lihat dan tidak rusak (boleh juga).
masyarakat kelas bawah masih menilai bengkel resmi “mahal”. injeksi service-nya “mahal”. kalau mogok dijalan harus dituntun sampai ke bengkel resmi yg “jauh”.
masalah terberat masih di sektor bengkel (seperti fokus tema blog ini). mari kita berhitung. jumlah motor yg wira wiri ada 50 juta, bengkel resmi honda ada 7000, bengkel resmi yamaha ada 3000, bengkel resmi suzuki ada 1500, bengkel resmi lain2 500. jadi kira2 total bengkel resmi ada 12.000. jadi 1 bengkel untuk 4100 motor. wow antrinya gak nahan.
bengkel umum (bukan bengkel resmi atpm) diperkirakan ada 154.000. itu belum termasuk bengkel ecek2 pinggir jalan yg seadanya. kira2 ada 1 juta pekerja di bengkel umum. 1 juta keluarga bergantung hidup pada bengkel.
gak heran, juragan kawatir dg injeksi….
****
data2 diatas diambil sembarangan dari google, tak ada referensi, jadi bisa saja salah
saya setuju vixion inject laku karena gak ada pilihan karburator dan bisa menekan harga, kalo awal vixion dijual karburator, pasti orang akan tetep dikarburator, mau itu irit kah pake injeksi, minim perawatan kah, pasti orang tetep ambil karburator, bensin bisa pake sembarang, service bisa dipinggir jalan dan etc-etc
Bukti teknologi ikut-ikutan Lain Adalah AHO, mungkin masyarakat akan memilih yang tanpa AHO kalo saja AHO itu gak dipaten di Motor,
Buat Masyarakat User Friendly Alis gampang
@jonas
Alhamdulillah… kalau mas bisa memahami kegundahan juragan …!!! Taroh laaagh diikuti perhtiungan mas… 154 rebu bengkel…. banyak yang juragan lihat mekaniknya yang putus sekolah… nggak tamat SMP/SMA… banyak alat nya seadanya… !!! Disini … dengan adanya regulasi ini… terjadi ‘perang’ antara bengkel nggak resmi dengan bengkel resmi …!!!
Apalagi kalau sudah alat nya seperti Diagnostic nya hanya untuk bengkel resmi…. ya sudah siap-siap kelenger bengkel umum tadi… plus bengkel pinggir jalan …!!! Bisnis memang kejam… namun tetap saja ada rules yang memprotect juga kaum ekonomi lemah …!!!
Ini belum termasuk industri accesories… yang jual CDI, yang jual knalpot racing lokal makin susah… !!! Jadi implikasi nya pasti luas… so monggo saja kalau ‘tega’ dengan kaum ekonomi lemah bangsa sendiri… !!!
Kekeke…bbrg orang ngerti maksud dari penulis mengenai implikasi regulasi injeksi di mtr entry level….sementara para fanboi sibuk membela merk γάπĝ disembahnya dan selalu merasa diserang…
Fanatisme memang mengorbankan orang banyak!
ga bisa gitu juga mas bro. klo acuannya hutan kita luas, by fakta sudah ga luas lagi. okelah kyk dikalimantan masih ada. tapi bisa bertahan brp lama? trus, kyk jakarta yg ga ada hutan juga gmn. setiap gerakan utk mengurangi global warming kudu didukung. dg mesin injeksi, why not. klo bengkel umum mau bersaing ya kudu menyesuaikan dg keadaan. semua kan dalam hidup adalah belajar menyesuaikan dg lingkungan…….
yg punya track record fans beha selalu su’udzon kepada siapapun yg tdk sepemikiran dgn nya.
se-signifikan dan se-urgent apa sih motor ENTRY level make injeksi ??
Bila jg mau masukkin yg injeksi entry level….memang se irit apa dibanding dengan yg karbu? Apa sebegitu signifikan selisihnya?
Kalo make injeksi lalu tak terawat dan bbm kualitas rendah…….bukankah tetap polusi seperti yg biasanya, mungkinkah tercapai euro 3 dgn kondisi tak terawat begitu?
Ini pertanyaan2 saya yg sah dan tidak berusaha menjatuhkan…just asking.
yg penting bukan irit atau tidak, jamannya sudah berubah…. jamannya sudah berubah…. sama saja dengan dahulu di dunia mobil jg mengalami jaman karbu ke injeksi padahal jaman itu belum populer internet, informasi masih terbatas.
dan ahm sudah bikin pernyataan, 2015 mtr karbu di ahm sudah punah. kalau ahm “memaksa” konsumen pakai iinjeksi, ymki dan juki indonesia mah tinggal ngekor dibelakang.
http://oto.detik.com/read/2011/11/23/154133/1773860/1208/tahun-2015-karburator-punah-di-honda
jaman sudah berubah….
saya kira artikel ni puny makna n rentang pikir yg jauh..
saya setuju aja ma juragan..mgkn komentator dsni mayoritas org mampu..blum ngerti susahny merintis usaha bengkel kecil2an..dari nol..
rumah sy d desa,ngerti bgt susahny usaha ky gt..oke jika ad yg brpndapat bngkel bsa ganti oli,ban,etc..
tp bengkel kecil untk nyetock sparepart mcm ban,oli aja susah..kunci2 aja nyicil belinya..
so artikel ni sy rasa smcm analisa kbijakan dngan implikasi yg luas,n timing serta btasan harga mtor injeksi n protect thd bengkel kecil2an..bengkel rumahan yg hasilny aja pas2an buat makan sehari-hari..
ane puny boil trbaru,mtor terbaru jg dngan tknology injeksi..punya boil n mtor lama dg karbu jg..so ngerti nasib n susahny usahawan para mekanik desa..karna sy sering ngopi n ngobrol brg dg mereka..
Setahu saya ECU di FI hanya mengatur debit bahan bakar yang masuk, timing masuknya bahan bakar & timing pengapiannya. Kalo mo ganti ring piston, ganti rantai/ belt kan ga ada urusan sama ECU toh & masih bisa dikerjain bengkel umum? Kekuatiran mas Tri soal ribuan bengkel yang bakal gulung tikar wajar aja sih, tapi kayaknya agak berlebihan ya..
*No offence, just enlighting**
klo bukan sekarang kapan lagi ?……….
klo bukan kita siapa lagi ?………..
IMO Sudah saatnya kita membantu bengkel bengkel kecil dengan melek teknologi injeksi…..jngan membuat bengkel kita semakin nyaman di zona nyamannya sementara dunia berubah… jangan biarkan bengkel kecil jadi seperti tikus dalam WHO Moved My Cheese….Kasian ….
Klo injeksi dikeluarin sekarang, setahap demi setahap, bengkel kecil pasti akan belajar ….apalagi bengkel kecil sudah terkenal akan kreativitasnya ….
Dari pidato pak Auddie (Marketing Director AHM), bengkel umum pun bertahap akan dibina supaya bisa mereparasi motor2 Honda yang udah FI.
Kayaknya cukup fair deh..
Sy rasa injeksi udh pntas dbwt dmn pun.
Dri injeksi inilah qt mulai utk hdp indonesia lebih maju.
Klu bengkel pggir jln mw kepake y hrus belajar bwt dandanin injeksi lah. Jgn lo cmn puas dgn kmmpuan karbu lo yg jadul t.
Jgn mengandalkan hutan indo. Toh mencegah itu lbih baik dri pd mengobati.