BBM Nggak Naik,… kira-kira jalan keluarnya gimana … ??? Mei 13, 2008
Posted by triatmono in Otomotif.trackback
Well… marak mulai demo yang menolak kenaikan BBM… !!! Bahkan banyak analisis di koran yang memberikan dampak kenaikan BBM… sekian persen akan bertambah pengangguran,… sekian persen akan bertambah rakjat miskin etc…!!! Mengkritik boleh… demo boleh… tapi akan lebih bagus jika turut memberikan jalan keluarnya… memberikan sumbang saran pemecahannya… !!! Karena gue tahu dan percaya siapapun yang jadi nakhoda negeri ini… pasti ndaasee mumet… !!! Lha wong negara kita banyak ngimport BBM kok… produksi nya turun… konsumsi meningkat… etc… !!! So… mari kita discuzz gimana baiknya… dari pada kita koar-koar … pokoke menolak… dan nggak mau tahu… lebih baik kita tukar pikiran… moge-moge… dapat solusi terbaik… !!!
Mungkin gue coba menganalisis dan memberikan alternatif solusi… agar beban subsidi BBM agak ringan… !!!
- Premium nggak mau naik… oke… !!! Berarti jika 30% kenaikan BBM ini diurungkan… kira-kira ada pihak lain donk yang mensubsidi… !!! Menurut gue …. bisa aza nggak naik… tapi pengguna pertamax ataupun pertamax plus … kudu nanggung subsidi itu…!!! Gimana kongkritnya… ??? Yaagh pertamax atau pertamax plus (sama aza ntah productnya Shell atau Petronas red.)… dikenai pajak subsidi… !!! Tarohlaagh .. 30%… jadi kalau gue beli Shell Super Extra biasanya Rp. 9800… tarohlaah… kasih menjadi Rp. 13 rebu… so 3 rebu rupiah buat subsidi premium biasa.. !!! Berez kan urusan…. setidaknya … yang berhak disubsidi jadi berhak… secara otomatiz… !!!
- Lha… orang bisa ngerubah donk… mobilnya ke premium… ??? Ogh.. itu gampang… Premium hanya diperuntukkan bagi motor dan mobil umum alias plat kuning… !!! Yang lainnya yaa ditolak… !!! Supaya lebih mantep lagi… setiap mobil yang mau diproduksi… kudu mempunyai compression ratio tinggi… !!! Ini perlu supaya dari pabrikan sendiri sudah mengarah ke pertamax dan pertamax plus… !!! Yang nggak memenuhi … yaagh nggak dikasih izin… gampang khan.. !!! Ditambah lagi… pembelian premium nggak melayani jirigen… dan bagi yang SPBU yang bandel… silahkan di cabut aza izinnya… !!!
- Pengguna jalan tol… khususnya gol I … dikenai pajak subsidi lagi… !!! Kalau di Jakarta dan sekitarnya… kenakan saza pajak subsidi 20%.. atau berapalaagh terserah… yang penting ini sebagai sumber pendapatan subsidi BBM… !!! So… yang semula bayar tol Rp. 6 rebu, bikin daaagh menjadi Rp. 8 rebu… !!! So.. income Rp. 2 rebu… buat subsidi BBM premium tadi… !!!
- Pajak mobil dinaikkan terutama untuk pajak mobil yang cc nya tinggi… !!! Misalnya diatas 1500cc dikenakan lagi pajak subsidi… atau bisa juga dengan tahunnya yang terbaru lebih mahal pajaknya.. atau kombinasi dari itu… !!! Rasionalnya adalah… orang memilih misalnya mobil 3000cc.. maka ntu mobil khan boroz banget… so wajar laagh… kalau ada semacam ‘cost’ tambahan yaitu pajak tambahan… !!!
- Parkir mobil kenakan saza pajak subsidi lagi… !!! Biasanya 1 jam pertama Rp. 2 rebu,… kasih kenaikan 100%… so menjadi Rp. 4 rebu untuk 1 jam pertama… dan 50% untuk 1 jam berikutnya… so jadi Rp. 1500 buat 1 jam berikutnya.. (semula 1 jam berikutnya Rp. 1000,- red.).
- Konservasi ataupun Konversi energi perlu dilakukan… !!! Misalnya setiap taxi yang baru… harus menggunakan bahan bakar gaz… !!! Nggak pake gaz.. nggak usah kasih izin… !!! So ini untuk mengurangi demand terhadap premium… !!! Sehingga lama-lama juga demand terhadap premium berkurang… !!! Demikian juga terhadap bis.. diusahakan menggunakan bahan bakar gas.. !!! Pembangkit listrik Indonesia… juga perlu dilakukan konservasi… ntah menggunakan air, batubara, gas ataupun angin atau panas bumi… !!! Bio-fuel ntah bio solar atau bio premium… yang menggunakan tanaman jarak… kudu diintensifkan penerapannya… !!! Toh negara kita kaya akan lahan… tinggal diset aza pabrik plus tanah untuk garap… disamping tenaga kerja banyak diserap juga… ada energi tambahan… !!!
- Premium kudu diawasi dengan ketat… jangan sampai ada yang ngekspor ke LN… !!! Aparat terkait yagh kudu kerja keraz… agar subsidi yang diberikan jangan sampai bocor ke LN… !!! Kita bisa mencontoh Malaysia yang mengawasi dengan ketat… bahan makanan yang disubsidi… nggak boleh keluar dari Malaysia.. ntah ke Thailand ataupun Singapore.. !!!
- Penggunaan bahan bakar gaz pengganti minyak tanah… perlu didorong abiz-abizan… !!! Jangan sampai ada kelangkaan tabung gas… ataupun pihak yang memanfaatkan hal tersebut… !!! Kalau perlu … digalakkan pembuatan tabung gaz tersebut… !!! Toh kita punya pabrik .. ntah pabrik baja krakatau steel.. ataupun pabrik lainnya… !!! Masih kurang.. yaagh import… so dicari bagaimana bisa sukses… konversi dari minyak tanah ke gas… karena gas kita masih melimpah… !!! Yang bermain di air keruh… kudu ditindak… soalnya ini menyangkut rakjat banyak.. dan rakjat kecil.. so jangan main-main dengan hal ini… !!!
- Perlu ditinjau ulang lagi… apakah pemberian ‘bantuan duit cash’ ataupun ‘pemanfaatan smart card’ … memang memberikan arah positif… !!! So kalau memang lebih banyak positifnya.. yaagh bisa diberikan.. kalau memang banyak ‘mudharatnya’… yaagh nggak perlu dipaksakan… !!!
- Setiap naik pesawat dalam negeri, untuk kelas ekonomi dikenakan pajak subsidi Rp. 10 rebu, jika kelas business dikenakan Rp. 20 rebu. Jika bepergian ke Luar Negeri, dikenakan pajak subsidi Rp. 30 rebu untuk kelas ekonomi dan Rp. 40 rebu untuk kelas business… !!!
Well.. mungkin segini aza dulu… sumbang saran… dari seorang rakjat yang peduli terhadap rakjat kecil… !!! Gue nggak bisa membayangkan jika terjadi ‘cost push inflation’ apalagi ’spiral inflation’… kasihan rakjat kecil… !!! Belum lagi … banyak para oposan yang akan mem ‘blame’… posisi sulit yang harus diambil pemerintah… tanpa tahu itung-itungan.. ataupun kesulitan yang dihadapi… !!!
Lebih kurang sumbang saran yang bisa gue berikan… mohon dimaafkan.. mungkin gue nggak pegang datanya… gimana sih posisinya… namun gue bergerak dari common sense aza… dan rasa kepedulian kepada anak bangsa… terlebih rakjat kecil… !!! Yang mau sumbang saran… silahkan… hanya dimohon dengan hormat… yang sopan… tunjukkan kita nggak hanya koar-koar.. tapi komunitas yang sopaan… yang menjaga adab dalam mengutarakan pendapat… !!! ![]()
sayangnya ga semudah itu..
tapi analisisnya bagus.. coba dikirim ke SBY-JK
kali aja mereka mo coba, cuma saya ga percaya mereka (lagi).
salamhangat.
@mas Tri
Pemikirannya mangtabss….bos…
gw setuju semuanya……………….
memang lebih baik harga premium jangan dinaikkan……. kasian rakjat kecil………….
yuk pake Pertamax yuk………………
pemikiran yang bagus, tapi ingat juga segala pemikiran tanpa ada tindak lanjut=0. Karena ini bisa dibilang usul bagi para petinggi di sanaaaa (jauh sekali), bisa dibilang ini langkah no-2. Langkah pertama tentu dari diri sendiri, gimana mas Tri? ada usul bagi diri sendiri soal kenaikan BBM ini?
gue setuju banget Subsidi BBM di cabut…..
Kebijakan Orba yang sangat pro Orang perkotaan dan orang Kaya….
…. Ingat 70 % pengguna Permium adalah orang perkotaan….
…. dan 50 % BBM bersubsidi di nikmati tdak kurang lebih 10% orang terkaya di Indonesia……
Gw kaseh tau aja yah…. 100% alasan mensubsidi BBM cuma alasan Politik…. (political economics) sebagai bagian dari median voter policy….
kebijakan ini sangat populis…. tapi sangat menggerogoti sumber daya ekonomi yang ada…… Padahal sumber daya ekonomi itu sendiri sebenarnya dapat dimaksimalkan untuk meningkatkan welfare rakyat kecil….
Udah ach… nanti kepanjangan… kayak bikin artikel…
@bangzenk
Well… dunia blog sangat sempit… !!! Pembaca disini juga banyak para kuli tinta… ataupun para media TV… !!! Toh mereka bisa menyuarakan ini… tanpa perlu apakah sumbernya dari gue ataupun siapa… !!! Dan mestinya bisa mereka suarakan… nggak hanya memberitakan masalah demo… shooting kerusakan… toh mereka juga manusia sebagaimana kita yang mempunyai hati nurani… !!!
Nggak masalah bagi gue… yang penting keputusan yang diambil bener… !!! Gue selalu ngomong… keputusan nggak lebih dari 5 seconds… just take it or leave it… tapi konsekuensi logisnya yang berat untuk dihadapi…. !!! Puluhan juta rakjat… sebagaimana analisis di koran… akan jadi taruhan dari keputusan yang 5 detik itu… !!!
@2
bener, salah satunya kalau bisa pake pertamax…
@fanderlart
Yaagh… gue nggak pake premium… segala sesuatu nya minimal pertamax buat mobil… atau pertamax plus buat motor… !!! Gunakan motor instead mobil.. jika memang bisa pakai motor… !!!
pemikiran yang bagus….cuma sayangnya dunia blog sudah dicap dunianya orang bodo
ya ampuuuuunn….
@mas tri
klo premium untuk daerah pusat kota2 besar(yg kendaraan umumnya dah lengkap) dihilangkan aja gimana mas tri?klo income per kapita naik baru merebet kepinggiran……
tambahan…..kynya mobil keluar pabrikan yg kelas murah ky avanza/xenia kompresinya dah cukup tinggi diatas 10,dan dibuku panduan juga memang sudah diharuskan pk pertamax…..klo naikin pajak mobil mendingan yg 2000cc keatas,mengingat mobil umum tertentu ky kijang kapsul ccnya 1800-2000
@arrow89
Yaagh bisa saza… apakah mau diatas 2000cc atau nggak… !!! yang penting ada data berapa sih populasi mobil ini… ??? Kalau nggak naik gimana impactnya… gimana dengan mobil lain.. ??? So.. intinya.. diambil kebijakan yang pazz… !!!
@abon sapi
Yaagh… kalau gue terserah laagh… yang mencap… !!! Toh yang mencap rugi sendiri… !!! Pertama juga sudah su’udzon ke orang… !!! Kedua kalau ada yang bagus… tapi kena pengaruh dari komentar orang yang salah …. yaa jadi salah… so dont judge the book only from its cover… !!!
Dalam ekonomi, subsidi adalah bagian dari usaha pemerintah untuk mempengaruhi pasar…. dan merurut Bagwati, ekonom dunia, itu akan menimbulkan distorsi….
Pemerintah mengimpor BBM karena harga minyak Indonesia salah satu yang paling tinggi di dunia…. so, Pemerintah tidak menggunakan minyak dalam negeri tuk BBM bersubsidinya… mereka beli minyak yang harganya lebih murah dari pasar spot dunia… selisih harga ini lha yang jadi revenue wat pemerintah… but saya nda tau apakah revenue ini masuk kantong oknum2 pemerintah atau masuk kas negara yang dapat digunakan tuk membantu dana subsidi BBM.
Kembali ke distorsi… distorsi pada pasar memberikan insentif tuk oknum2 tertentu untuk bermain disini (Moral Hazard)…. Tuk pengawasannya pastilah teramat sulit dan memerlukan biaya yang tidak sedikit….
Jadi intinya,… setiap distorsi dalam ekonomi sebuah negara PASTI ada harga kesejahteraan TOTAL yang turun (Total Welfare should be lower)…. Dan itu artinya apa…. In the long run, jika sumber daya ekonomi kita kuat kita maseh bisa sedikit bertahan….. TAPIIIIIII kalo sumber dayanya lemah,…. Yang bisa pemerintah lakukan cuma mencetak uang sebanyak2nya…. so Inflasi makin nda terkontrol…. pengangguran makin meningkat tajam, nilai uang akan merosot tajam juga, nda ada orang yang mau simpan uang dalam rupiah dan sebagainya, dan sebagainya…. Ini sangat berbahaya wat bangsa indonesia di masa2 ke depan….
INGAT>.. Ini kebijakan populis ORBA yang SANGAT… SANGAT…. SANGAT BERBAHAYA…
Dalam sejarah…. kita di nina bobokan oleh pemerintahan ORBA dengan berbagai macam subsidi including BBM. tapi begitu resource kita menipis…. ekonomi kita begitu mudahnya di HANTAM angin sepoi2…. mata uang kita begitu tak berharganya…….
Jangan sampai kita kayak negara2 pecahan Uni Soviet yang sampai mencatak uang dalam pecahan 1 milyar….
Penghapusan Subsidi hanya mengganggu dalam jangka pendek (SHORT RUN) tapi sangat menolong di Jangka Panjang (LONG RUN)…
Kalo gw analisa lebih lengkap mungkin bisa jadi desertasi neh… hehehe..
pokoke, kalo ada presiden yang berani mencabut subsidi BBM tuh berarti presiden yang memikirkan nasib rakyatnya bukan nasib kursinya…… gitu aja kok repot….. snif… snif kayak gus PUR
jadi kangen……
bensin Rp 700
solar Rp 350
minyak tanah Rp 500
ingat minyak bumi di indonesia akan benar2 habis tahun 2030……..
gas alam akan habis tahun 2050………
batu bara tahun 2060………..
yuk nanem pohon jarak yuk………
trus yg hidup ditahun 2061 syapa donk??
@ipol adelaide
Gini.. bro.. (wiiih gue demen yang pemikiran anak bangsa kayak gini.. red.)….
Di negara manapun juga… pasti ada subsidi… !!! Gue bicara bukan dalam konteks hanya BBM.. tetapi filosofinya… !!! Mau pake paham Keynes.. pasti ada campur tangan pemerintah… so nggak ada yang murni 100% karena demand ketemu supply.. atau 100% kapitalis banget… atau 100% sosialis banget… !!!
Mau lihat di Amrik… ada tuh bagi yang peminta-minta… dapet subsidi.. !!! Di Jerman .. bagi yang arbeitlos (jobless).. ada yang namanya arbeitlosengeld (duit tunjangan bagi jobless)… !!! Dibelahan negara yang kapitalis banget itu ada…. karena mereka percaya dengan konsepnya Keynes.. !!! Beda lho dengan madhzab monetarist… atau classic …!!!
Naagh gimana disana bisa… jalan… ??? Karena sasarannya kena… bagi yang membutuhkan yaagh memang diberikan… !!! Gue setuju gimana implementasi nya subsidi bisa jalan tapi tepat sasaran… !!! Dan gue juga setuju.. gimana bikin ndak high cost economy… !!! Menurut gue… gimana teknis nya.. bisa laagh… (well gue optimis banget red.)… soale orang indonesia pinter-pinter… mosok ngatur gimana yang tepat ndak bisa… !!! Yang penting ada niat.. kemauan… dan control yang tepat…!!!
Subsidi boleh saza dikurangi… tapi kudu cari timing yang tepat… !!! Ibarat… orang yang lagi sekolah… belon gawe… yang kiriman uang jangan dicabut… kalau dicabut… ntar putus sekolah.. tapi kalau sudah gawe… yaagh dicabut laagh.. !!! So intinya berikan kepada yang berhak… yang nggak berhak.. jangan ngambil hak orang lain… !!!
Maaf lho.. gue minim pengetahuan economics… mungkin keliru pendapatnya…
@abon
amoeba,kuntilanak,dsb……..
@abon

Yang hidup yaaa uwong… (orang red.) … mosok ketek…
Perkara nggak ada bahan bakar minyak.. ntar khan dipikirin… lha wong sekarang sudah mulai mikir hybrid vehiclez segala kok… !!! Besok bisa aza… battery… !!! Pembangkit listrik bisa aza pake nuklir.. etc.. !!! So we dont know yeet..
mudaha2an semua orang kaya mau membaca saran dan pendapat dari om trti biar semua sadar kalo subsidi bbm diperuntukkan hanya untuk rakyat kecil (kalau boleh dibilang miskin), atau mau mencontoh om tri walaupun punya mobil plus moge tapi masih mau merakyat pake kidemang satrio-nya, terus kalo boleh usul gimana kalau sistem boncengers diterapkan/digalakkan kembali karena dari yang saya liat sehari2 udah banyak yang pake motor untuk berangkat kerja tapi masih pada egois, maksudnya berangkat pulang kerja masih sorangan wae, gimana kalo yang satu arah (jurusan) apalagi satu tempat kerja naik/pake motornya gantian, kalo hari ini si A yang pake motornya terus si B yang dibonceng terus besoknya gantian si B yang ngeboncengin si A, biar bisa menghemat bensin dan nggak mesti harus sering2 ke pom bensin
@13 Abon
-busway tenaga surya
-metromini bbm hydrogen
-mobil hybrid……..
-sepeda onthel tenaga nasi uduk + bakwan
@ari zulfan
Yaagh jangan dipaksa kudu ada boncengan bozz…!!! Ntar muncul jocky boncengan…!!! Dan boncengan tuh juga kudu ngerti.. ntar kalau si rider belok ke kiri .. ntuh boncengerz ngelawan.. walaagh bisa kecelakaan… !!! Belon lagi.. kalau boncengerz nya baau… waalaagh… sudah kena asap metro mini dari depan… kepanasan dari atas.. plus bau ketek dari belakang… !!! Lengkap deh penderitaan naek motor… !!! So saran gue… yang perlu difokuskan adalah… yang banyak menghabiskan bensin … alias consumption mileage nya… !!!
tapi, sampai saat ini tenaga listrik, atau baterailah abon kira blum bisa menggantikan mesin konvensional (yg pake BBM). kenapa? alasan pengisian ulang baterai yang lama kalo gak salah. beda dengan isi BBM…proses bisa berlangsung selama 1-2menit per full tank…kalau listrik? belum lagi masalah beratnya cell ,jarak tempuh terbatas, kekuatan menanjak….nah….ada alternatif gak?
coba tenaga surya bisa dioptimalkan………jadinya rumah2 punya listrik sendiri dari tenaga surya,dah bersih,gratis lagi(sinar mataharinya)…….ky yg di discovery channel……….biar pembangkit listrik buat pabrik2/bangunan2 besar aja…..
gw empet banget pas ngeliat di tipi, bapak Suparmin Sinuang Raharjo dr Banyumas nemuin kompor berbahanbakar air..dan beliau crita kl dicuekin berat sm pemerintah, sm inpestor dalem negeri yg dia presentasiin inventionnya. puadahal dengan seember aer dan secanting kecil minyak tanah plus 10 watt listrik itu kompor udh nyala dan setara panasnya kompor gazz. wuoooo…gublokke empet tenan pemerentah iku! mantang2 proyek kompor gazz nya dah mw tender..penemuan guedhe anak bangsa malah dicuekin. karepe piyeeeee??! no dah diembat jerman no..gblek kulon progo tenan ok!!
mw ngatasin masalah BBM? ini:
1. aer hidrokarbon / banyu geni..udah diuji coba..udah diliat sm ESBEYE dewek..tetep aja mandek.
2. minyak dari hasl penyulingan planktoon..di MPLUS udah diuji..mantabh jg..tetep ngga ada tindak lanjutnya.
3. masalah kompor gaz..no wong Kediri dah bisa bikin kompor yg bahan bakarnya dr kotoran manusia (maap). septictank sing ambune ngambar ambar iku dibuat sedemikian rupa trus gazz metannya disalurin pake pipa2. buat mangsak. sebulan iuran 5rebu perak buat maintenance itu septictank..
KURANG opo sak tenanekangmas Tri??..nganti mumet ndaseee, kan?
balik2 paling ke urusan tender sm politizz..ampuuuun paklik..rakyat mung dipake buat mainan pangkat lan bondo.
kayak LPG aja mas, ada semacam SPBU batere yang udah dicas.
jadi kalo mo kehabisan tinggal ke SPBU aja ,langsung ganti batere. Cepetkan ,kayak ngisi bensin biasa.
@zulfan
bener kata bang tri mas, kalo bikin kebijakan harus yang benar-benar memiliki impact yang besar pada permasalahan yang dihadapi.
ok lah , pinjem istilah Aa gym ” dimulai dari yang kecil, dari diri sendiri” bagus tuh ide ke kantor boncengan. Tapi ya itu, ini berlaku secara informal alias kesadaran pribadi.
Kalo untuk kebijakan publik harus bener-bener melakukan perhitungan dan analisa. contohnya kayak analisa yang mas Tri lakukan.
Yang sulit mas tri , adalah gimana caranya bikin pemerintah konsisten dan disiplin dalam menerapkan kebijakan aturan yang dia buat.
Ambil contoh yang paling aktual, pidato SBY di TVRI dalam acara kunjungan di Sulawesi tadi sore , SBY menyinggung tentang 3 bentuk subsidi: bantuan tunai untuk rakyat miskin , kemudian kridit mikro (u/ PKL, pdg kelontong dll), dan kredit usaha kecil .
Nah karena disitu juga ada pihak perbankan yang hadir, sby meminta agar kredit untuk usaha kecil dan mikro diperbesar.
kalo sekedar di minta ya mungkin pihak bank akan jawab YA..YA habis acara ya sudah ga ada apa2 .
Yang saya harapkan pemerintah setelah memberi statment itu, ya harus ada langkah kongkrit menggunakan powernya mengatur jalannya roda ekonomi agar kesejahteraan rakyat trerangkat. misal ya kayak yang dijelaskan bang tri diatas, bikin aturan kalo tak patuh ijin cabutt!!
tapi dilapangan jauh beda , bikin kebijakan gak tau deh emang gak dipikirin, atau dipikirin untuk nguntungin pihak tertentu, udah gitu gak disiplin dan tegas pula pelaksanaanya
Udah lah mending indonesia bubar, kita hidup sendiri-sendiri aja (putus asa mode ON)
@iritholic
Ya gitu lah mas,seberapapun banyaknya penelitian, sebaik apapun kebijakan dirancang, ada satu hal yang jadi syaratnya POLITICAL WILL.
mau kita ngomong “A” sampai berbusa-busa mulutnya, kalo pemerintah pilih “B” ya jadinya “B”. baik buruknya ya itu yang kita dapat. yang ngambil keputusan kan pemerintah.
mas tri, gw gak stuju ah ama sbagian carany (bensin pertamax dah mhal dinaekin lg, pajak mobil naek, parkir mobil naek) kyaknya mas tri sentimen ama yg naek mobil dhe… klo gitu critanya pmilik mobil yg bkal jd korban, masa ampe parkir mobil aj dinaekin dr 2rebu jd 4rebu, gila bisa kering kantong gra2 byar parkiran..
Gw sbagai pmakai motor (dan juga mobil) brpikir emang dah ga ad pilihan laen buat premium naek, meskipun tau klo itu bakal mnambah kesusahan bangsa kita ini, tp harga minyak dunia dah naek gila2an, mau ga mau subsidi yang gede itu hrus dikurangin, yaa dengan kenaikan harga itu, meskipun berat…
klo sy punya tambang, minyak….ngga bakal dijual keluar lagi deh, cukup tuk negara sendiri…
Aku usul satu lageee………
Gimana kalo sektor industri de-set sedemikian rupa supaya sesuai dengan daya beli masyarakat, bila daya beli masyarakat sudah sesuai dg sektor industri, maka industrinya juga ditingkatkan…. lama-lama kan jadi masyarakat yg mampu gt…
taruhlah contoh, revolusi industri amerika dulu, sektor industrinya di sesuaikan dg daya bli masyarakat, dg fokus setiap industri adalah membuat barang / jasa yg costnya disesuaikan dg pendapatan rakjat banjak….. dst
masalah disini tu karena subsidinya minyoak dikasi ke siapa hayo? ke sebuah perusahaan
trus ngitungnya gimana hayo? ya dari brapa liter yang keluar dari gudang nya.. nah lo.. iya kalo minyoak buat konsumen itu sampe ke pom bensin? lha kalo malah mampir di pabrik2 ? dibawa pake kapal trus diselang di tengah laut?
trus masalahnya lagi, 2002-2003 harga minyak internasional lak meroket gara2 pakdhe GWB mengubek2 irak dan sekitarnya, tapi harga bbm dalem negri kita flat flat dan flat… itu mengkanya sekarang pada kelabakan karena kesenjangan harga dalem negri ma luar negri jauh banget.. konsekuensi kesenjangan harga ini lak jadi…. ekspor minyak
mendingan ngikutin caranya guspur tiap hari naik supra PIT lebih irit BBM. gitu aja kok refot..
snif snif
menurut pendapat org yg ga tau itung2an ekonomi spt sy, paling sederhana qt coba lbh bijak aja dlm make bbm, artinya dr setiap tetes bbm yg qt pake hrs benar2 efisien, klo cukup pake mtr ya ga usah pake mobil, klo bisa pake spd ya ga usah pake mtr, khan jg bikin sehat, kurangi polusi, ikut membantu nurunin konsumsi bbm krn ktnya produksi bbm qt menurun, tp tetep disesuaikan momentnya jg, contoh sederhananya masak klo cuma mo beli rokok di warung depan yg jrknya 200 mtr musti pake mobil ? hehe… pokoknya gunakan bbm sehematnya kepentingan, klo ada alternatif yg lbh murah, pake & kembangkan. semua qt awali dr kesadaran diri qt dulu, kemudian di tularkan pd lingkungan sekitar. yang terakhir, Jgn pernah berhenti berdoa supaya para pemimpin qt terbuka hatinya, diberi petunjuk utk tidak mengkorup subsidi agar nyampe ke rakyat kecil, agar mereka tidak hanya memikirkan kepentingannya saja, sehingga tidak membuat kebijakan berdasar “political will”, karena mereka selalu ingat, apa yg mereka buat skr akan mereka pertanggungjawabkan di hadapan ALLAH dikemudian hari.
tahun ini penjualan mobil bisa mencapai lebih dari 450ribu, penjualan motor bisa mencapai 5 juta unit!!!!!!!!! itu hanya pertahun.. Semuanya butuh BBM!!! Kira2 aja berapa kenaikan subsidi yang harus ditanggung kita semua, ingat: kita semua yang menanggung subsidi. Nenek saya yang tidak bisa naik motor juga disuruh menanggung subsidi BBM!! Kalau ada Harrier ngisi premium, kita juga yang menanggung subsidinya…enaknya jadi orang kaya, bisa morotin uang negara (lewat subsidi BBM)..
Kalau saya berpendapat: subsidi hanya untuk yang berhak!! titik!! yang tidak berhak harusnya malu…masih mampu kok minta2..
Btw, entah itu naik atau tidak, sudah saatnya kita untuk efisiensikan penggunaan BBM, entah apapun kendaraannya, karena BBM semakin lama semakin habis….kalo bisa naik motor ya gak perlu naik mobil, kalau masih bisa jalan kaki kenapa naik motor…gunakan seperlunya kendaraan…
Untuk pemerintah tolong fasilitasi penelitian BBM alternatif…
Dan untuk SBY-JK, semoga tidak memikirkan kepentingan pribadi, misalnya dengan menunda kenaikan BBM agar menang pemilu dsb, Soalnya saya yakin siapapun presiden mendatang, BBM pasti naik..
gw cuman mo ikut ngasih opini neh… maap kalo salah…
mnrt gw, yang buat susah masyarakat tuh bukan sekedar naeknya harga premium, cuman efek dominonya itu. skrg aja premium belum naek, harga2 dah bejek gas duluan, inipun baru burnout belum akselerasi hehe.. tp kesan yg gw tangkep gak semua harga itu terpengaruh kenaikan premium, alias ada yg ngikot aja jadiin itu alesan buat naikin harga. makanya pliss dong pelaku ekonomi, yang jujurlah, kalau emang bbm gak masuk komponen yg ngaruh ke harga ya jgn ikut2an naek dong… prinsip ekonomi sih boleh, tp pake nurani ocee… kesian rakyat .. piss
rda-rda gak setuju dengan poin-poin diatas, klo BBM memang harus naek ya monggo naik asal masih dalam batas ‘wajar’, ini juga bsa buat ‘firewall’ untuk membatasi jumlah kendaraan di indonesia yg jumlahnya buanyak buangetzz…
bagi yang gak kuat beli BBM ya kendaraannya motor/mobil dijual bwt beli BBM, he he he..
bwt pemerintah benahi dunk transportasi umumnya…!!sebagian dana bisa diambil dari dana subdisi yg dicabut..klo bus/kereta nyaman dan aman pasti rakyat juga senang…l
cuma orang pinter yang setuju BBM naik… tapi sayangnya indonesia sebagian besar penduduknya tidak pintar dan mudah di kadalin… sangat reaktif dan bermental desa… orang desa aja kadang malah mentalnya kota.. nah lho aneh khan….
POKOKE GW SETUJU BBM NAIK…. DEMI MASA DEPAN BANGSA…
tadi malem nonton debat di metro tipi… salut sama JUSUF KALLA… he is the man who dare to reject fuckin IMF….. salut pak… hormat ah…
tp pemerintah juga harus punya kontrol agar meminimalisir dampak dibidang laen, dengan kebijakan yg jangan cuma ‘hangat-gangat tai ayam’…cuma hot di awalnya tanpa ada kelanjutan yg jelas..
negera dengan SDA kaya dan melimpah kok kesusahan BBM,energi dan pangan…pemerintahnya pda ngapain ya?mental proyek semua kali..
capek deh klo ngomongin kebijakan pemerintah pda aneh-aneh semua…gak ada ujungnya..ujungnya cuma mangkel ajah…
Jadi keingat pelajaran Ekonomi dan Akuntansi waktu SMP, kenaikan BBM memicu kenaikan harga…. lha hukum ekonomi udah gitu, mo diapakan lagi (Diterima aja)
Kalo khawatir BBM habis bikin kebijakan ajah seluruh pengguna kendaraan di Jakarta pake sepeda onthel. Mobil dan motor gak boleh masuk jalan-jalan di Jakarta
@wewed…
peace
pemikiran lu sangat reaktif…. dan orang yang reaktif cenderung merupakan orang yang kurang dewasa..
@rizaru…
kalo lu merasa berat terbebani dengan parkir yang cuma 4 rebu.. berarti penghasilan lu belum cocok buat punya mobil… dah gak usah gaya2an… pake motor aje… gitu aja kok repotttt
CROT CROTTT
dukung kenaikan harga BBM…..
dari dulu yg namanya rakyat selalu jadi object penderita….dan di tindas…..ngga ada sejarahnya rakyat di indo itu makmur…..cuma hati yg tenang aja yg makmur.karena merasa cukup….tapi kalo materi yg di uber….mana pernah cukup…betul kang dudung?……:))
ada kalanya kita harus menerima konsekuensi dari pilihan yang kita buat. Kalo kita beli mobil ya harus siap dengan segala pengeluaran yang akan terjadi, kalo beli motor juga gitu… kalo mau nikahin anak orang yang harus siap ngasih makan dll..
–Subsidi Hanya Untuk Yang Berhak–
yang lain jangan minta, malu!!
Dulu memang BBM murah, tp itu kenyamanan yang tidak sehat, ada hutang yang harus kita pikul. Setelah berjalan sekian lama, saat ini kita menanggung akibatnya. Siapa pun RI 1 pasti mumet… Semoga ada jalan keluar terbaik…
Zalfa
perasaan loe aja kali, wew,
akhrnya ada yg mendukung juga kenaikan BBM, orang pintar minum teh manis dingin
@^
wekekekekekek…….bisa aja kus…..
@abon
ana sing krasa hehehehe
Saya setuju dg usulan Mas Tri yg nomor 2, untuk mobil pribadi yah DIHARUSKAN pake minimal Pertamax, utk mobil angkutan umum dan motor boleh pake Premium, tapi kalo motornya motor gede minimal 200 CC lah seharusnya pake minimal Pertamax juga lah…..jangan sampai spt berita tadi pagi ada rombongan Tourin MoGe pada borong Premium, sampe2 tuh SPBU tutup utk umum jadi masyarakat lain gak kebagian Premium…..itu arogan namanya
Nah tapi kalo mobilnya mobil pribadi tapi mesin diesel minumnya selain Solar apaan yah…..
Mestinya pemerintah lebih serius utk membuat sumber energi alternatif lainnya Bio-fuel dan Bio2 lainnya, daripada duit negara ilang gak karuan mending digunakan utk menciptakan sumber energi alternatif.
Lha BBM mau naik harga2 sembako dan harga2 lainnya sudah naik duluan, nah gaji belon naek nih………………
Gimana kalo gaji DPR potong aja buat subsidi BBM rakyat, MAU….???
@45
iyo….le wes rencana ngopeni bocah (mo rencana ngambil anak orang). perlu berhemat BBM nih, biar bisa nabung (jd gak OOT kan?)
sedih juga ya….
ada yg menemukan cara hemat bbm dibeli sama orang luar negeri…..
ada kilang minyak di aceh, dikuasai asing…..
ada tambang emas di kalimantan juga mayoritas dikuasai asing….
ada tambang di papua, juga dikuasai asing…..
ada hasil hutan kalimantan dirusak juga, diselundupkan juga…..
yaah….kita cuma dapat sisa2 doang…..
sampai orang pintar macam pa habibie pun dipakai negara asing….
padahal negara kita sebenarnya kaya (kalau dilihat dari banyaknya hasil bumi yg dikuasai asing…..)
coba kalau itu semua dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk kepentingan rakyat. kayanya bbm ga akan sesulit ini…..
kemana ya…indonesiaku yang dulu subur makmur gemah ripah loh jenawi……(ga dijajah secara langsung, terjajah secara ekonomi)
ga jadi tuan rumah dinegeri sendiri….jadi pembantu dinegeri asing…..
iki…piye….iki piye….
iya nih….RI 1 bakalan mumet ndase……
si RI 1 bakalan dilema Bon, kalo mau bikin kebijakan populis dia berpeluang jadi RI 1 lagi….tapi negara bisa bangkrut. Kalo bikin kebijakan lain bisa gak kepilih jadi RI 1 2009. Apalagi dengan RI 2 juga punya kepentingan di 2009. Semoga kepentingan rakyat diatas segalanya….
HOPELESS, kalo membicarakan negri ini, kita peduli tapi mereka yang berwenang pura2 peduli….
Penghapusan subsidi BBM sepertinya sudah ga bisa dihindari. Seharusnya secara bertahap subsidi mulai dihilangkan. Kalopun ditunda, justru nanti saat pemerintah dah ga kuat nanggung subsidi, efeknya akan sangat terasa.
Yang pasti kita juga harus mulai mengurangi jumlah kendaraan yang ada (terutama di jakarta). Itu bisa dilakukan dengan menaikkan pajak bagi kendaraan2 tertentu atau langsung melarang kendaraan2 tersebut beroperasi. Setuju deh kalo kendaraan 2000cc keatas pajaknya harus dinaikkan (kecuali kendaraan umum tentunya). Jadi selain dampak penghematan BBM, ini juga akan sedikit mengurangi kemacetan yang semakin tidak masuk akal di ibukota.
Selain itu untuk setiap keluarga yang membeli mobil kedua, ketiga, keempat dan seterusnya dikenakan pajak dengan tarif progresif (besarnya semakin meningkat). Pajak ini harus diawasi dengan ketat, dan hasilnya dikonversikan ke penyediaan trnsportasi massal/umum yang aman, nyaman dan tepat waktu.
Iri banget rasanya sama singapur yang transportasi umumnya sudah sangat maju.
Saya sendiri (meski cuma naik motor) sekarang sudah beralih ke pertamax plus. Tp kesel jg kalo ada mobil2 dgn kategori high end nekat ngisi premium (yah, mau gimana, ga ada larangannya jg kan?)
Yang pasti pemerintah harus serius menangani masalah ini. Jgn ragu atau takut memberi sanksi tegas bagi penyimpangan yang terjadi di lapangan. Karena pasti keinginan untuk melakukan perubahan itu (walaupun ke arah yang lebih baik) akan mendapat tentangan dari berbagai pihak, yang merasa dirinya dirugikan. Sebenernya kalo kita mau memberantas penyakit bangsa semisal korupsi, caranya gampang kok. Contoh aja tuh Cina. Setiap koruptor dihukum mati. Dijamin orang akan mikir sejuta kali sebelum berani korupsi. Nha di negara kita??? Korupsi puluhan milyar cuma dihukum 2 taon. Itu aja dipenjara udah kaya di hotel. Gmn ga korupsi para pejabat itu???
Setuju jg dgn pendapat bro vegaR, kesadaran pribadi hendaknya juga mulai dibangun. Saat ini kalo diamati orang2 sudah mulai beralih tuhannya ke duit. Kalo orang pada inget pas mati kita ga bawa apa2 kecuali amal, setidaknya penyimpangan2 akan berkurang.
Well, ini cuma pendapat saya aja….
kuncinya transparansi….kalo emang mau transparan, bbm kayaknya gak perlu naek harganya koq…..
baca artikel ini :
http://www.koraninternet.com/web/index.php?pilih=lihat&id=3760
Semua usul bagus koq… dilemanya yg ngawasin pelaksanaannya gak ada! Yakin petugas SPBU gak bisa disogok biar bisa jual premium bersubsidi ke mobil pribadi? Yakin kalo premium harganya gak dinaikkin gak di”ekspor” ke negara2 tetangga sama tikus2 got koruptor bin manipulator? Pil pahitnya emang harus dinaikkin… Solusi supaya gak naik harganya? Efisiensi, penggunaan bahan non mineral sampe sita asset koruptor semua bener bro, cuma masalahnya semuanya perlu waktu yg gak sebentar… Gw juga benci kalo BBM dinaiikkin, inflasi pasti amit2 menjulang… nilai uang kita makin menurun, belum lagi daya beli kite makin menurun juga… Berdoa aje harga minyak dunia menurun deeh… Tapi selagi naik, mari kita kejar saham2 di bidang pertambangan
oiya, kepedulian kita terhadap bangsa ini juga udah LUNTUR. beberapa hari yang lalu liat acara napak tilas perjuangan panglima besar jenderal sudirman di tv one.
huff…rasanya bangsa ini sudah jauh banget menyimpang dari cita2 pejuang kemerdekaan dulu. mudah2an para pahlawan ga nyesel udah ngorbanin harta dan jiwa raga mereka demi kemerdekaan indonesia.
kpn ya terakhir kita liat bendera merah putih? kpn terakhir liat simbol negara? kpn terakhirnyanyi lagu kebangsaan?
kalo kepedulian kepada bangsa dan negara dah ilang, sangat susah membangun bangsa demi kepentingan bersama. yang ada hanya kepentingan pribadi dan kelompok. duit duit dan duit….
astaghfirullah….
(maaf kalo OOT)
@55
setuju bro…itu makanya dlm filem naga bonar jadi 2 (kebetulan baru nonton lagi semalem di salah satu stasiun tv swasta), bang bonar senior ngotot di depan patung Jendral Besar Sudirman (di ujung jalan Jend. Sudirman jakarta, daerah dukuh atas) supaya sang Jendral Besar menurunkan tangannya dan tidak memberi hormat lagi…
ditanya kenapa?????????? adegan dalam filem komedi itu bermakna sangat dalam….renungkanlah wahai bangsa-ku tercinta ini…..
@japra
yo’i bos, tu adegan emang bikin hati bergetar.
gw yang sangat mengidolakan pak dirman jg ga rela pak dirman ngasih hormat kaya gitu.
marilah kita sama2 membangun bangsa ini sesuai dengan bidang dan kemampuan kita (dlm hal yg positif tentunya).
biarin aja banyak yg bilang itu non-sense, tp gw masih percaya kita adalah bangsa besar!!! kita hanya salah arah.
@ 52
gw demen bgt neeh ngomongin kesadaran pribadi… Tp gw muley skeptis deeh kalo lihat gimana watak org kita, gak usah jauh2 lihat di jalan aja deeh… Banyak yg gak dispilin merhatiin aturan… lampu merah terabas terus… jalur busway disikat… tangga penyebrangan cuma jadi pajangan, lha penyebrangnya pada nekat motong jalan raya… dan yg paling empet liat gaya zig zag mbl2 pejabat “sok penting” yg minta jalan gak peduli di depannya macet total! Ya udah tau jkt biangnya macet, kalo gak mw telat ya disiplin waktu dunk, prioritasin mana yg penting, bukan mentang2 berkuasa jadi pamer arogansi! Akhirnya diikutin deeh sama gank2 motor yg beraninya “sok kuasa” pas rame2 aje.. Sabar… sabar…
Bingung deh dengan negara ini……. harus kah rakyat terus bersabar ketika pemerintah bisa terbuka dgn kenaikan BMM ini. Katakanlah dgn jujur wahai pemimpinku.
Salam,
http://dsatria.wordpress.com
Hmmmm rumit juga ya, tapi gimana kalau kita mulai tidak tergantung ama yang namanya kendaraan bermotor?…Saya sangat mendukung komunitas bike2 work, kita ini terlalu manja, ke warung sebelah naik motor, sholat jum’at naik motor, etc lah
Kita harus berfikir kedepan pula, jangan berfikir sempit dan cekak, presiden OPEC pernah mengatakan bhwa harga minyak dunia bisa tembus 200US$, nach kalo seperti ini apapun kebijakan yang diambil pasti akan terjadi chaos. Pada intinya bangsa ini bansga yang bodoh. Sebenarnya supaya elesai masalah ini gampang koq, baca2 aja di blogku. Salm kenal…
aduhgilaaaa
isi bensin pertamax jd mahal bgt
haduhhh
kasian gw…
aku yakin..Kenaikan BBM ngga’ mungkin terhindarkan.
Cuma aku fikir sebaiknya pemerintah membenahi sistem Transfortasi Angkutan Umum agar lebih baik, spy klo naik angkutan umum Jauh lebih Oke & menguntungkan ketimbang naik Mobil Pribadi..Makanya Klo Pemerintah Jalan2 ke LN intip dong sistem Transfortasi mereka. nyontekkan ngga’ slamanya jelek!!!
nanggung SBY naikin BBM 6000 atw 6500 per liter. mendingan naikin aja 10rebu per liter. biar org2 kaya eike klu mao kemana2 naik sepeda aja. lumayan ngirit dan ikut mengkompanyekan global warming
di jakarta premium dibatasi ndak?
di jogja ada yang sudah…
@62
Betul bro, kaya di jepun sana manager aje naik train bukan mobil pribadi soalnya disana bensin untk pribadi jauh lebih dr kendaraan umum macam taksi dsb.
Lebih disiplin jgn mau disuap. hidup bersih, bersih hati bersih pikiran sukur2 bisa bersih dari dosa.
kalo inget sejarah jamannya halifah para pemimpin terdahulu, merekalah yang merasakan penderitaan dan kemiskinan sebelum rakyatnya, tapi skrg mah boro2.
semoga saja negara ini cepat sadar, cepat insyaf. pemimpin inget mati biar kalau inget, ntar di aherat dituntutnya sama rakyat satu negara kalau berlaku tidak adil.
Analisis Yg bagus n menarik yg perlu pemerintah galakkan..sehingga BBM bersubsdid emg tepat sasaran, tp gmn dgn para mahasiswa yg make mobil tp penghasilannya bergantung dr org tua????
sebenernya ini sebuah pembelajaran juga, kalo sudah mampu semestinya jangan minta disubsidi melulu.
ups tapi yang beli premium itu termasuk golongan mampu apa engga ya? tapi yang pasti pengguna premium kan mampu beli motor atau mobil.
Jadi bingung, yang semestinya dapat subsidi itu siapa ya?
mari berhemat mulai dari diri sendiri…..
berikut cuplukannya:
1. Sekarang ini, bukan saatnya memanaskan mesin sampai bermenit-menit, perilaku ini bisa membuat inefisiensi.
Motor dipanaskan dalam keadaan diam juga butuh bahan bakar. Akibatnya, tanpa menempuh jarak tertentu karena diam itu, bensin malah jadi berkurang.
Padahal, pemanasan itu hanya diperlukan agar sirkulasi oli merata. Untuk itu tidak perlu lama. Hanya beberapa detik saja. Asal piston dan liner sudah dilumasi langsung jalan. Pada motor tertentu sudah ada cuk otomatis. Ini bisa dijadikan acuan.
Selain itu, akibat pemanasan lama, penumpukan deposit karbon juga mungkin terjadi. Ini juga bisa bikin bensin boros.
2. Pemakaian windshield
Tujuan windshield dipasang sebagai protector badan. Dari namanya aja jelas sebagai penahan angin. Badan ditolong oleh kerasnya angin dari arah depan.
Efeknya coefisien drag makin besar. Selain bikin boros, secara handling alias pengendalian juga sulit. Makanya, ada beberapa motor yang mendesain windshield dengan sudut tertentu tidak tegak lurus. Kalau sudutnya benar, malah bisa semakin aerodinamis. Bisa bikin irit. Agar tetap sehat tanpa takut dihajar angin juga bisa bikin hemat, pakai saja perlengkapan berkendara yang baik. Jaket dengan protector cukup membantu.
3. Jaket gembung, Ini hampir mirip dengan windshield. Jaket yang tidak benar, selain membuat pengendalian tidak baik juga bikin boros. Intinya ramping alias slim. Gembung pada jaket menambah koefisien drag. Apalagi penggunaan jaket terbalik. Wah ini sih tidak direkomendasi!
4. Netralkan di lampu merah
Masuk gigi, sambil menahan rpm di lampu stop berpotensi bikin boros. Kebiasaan ini selalu sambil panteng gas di rpm tertentu. Makin tinggi rpm, kebutuhan bahan bakar juga lebih besar. Boros juga kan?
sekian aje kutipannya semoga bermanfaat.
GMN KALO ATPM DI INDO DIDORONG UNTUK RISET MOTOR CC KECIL DENGAN PEMAKAIAN BENSIN YANG IRIT!!!! MISALNYA MOTOR 150 CC TAPI BENSINNYA BISA 1:100 KM. IRIT TUH…ATO MOTOR LISTRIK KEK…..JANGAN MALAH DIKOREK2 TUH MESIN
@^
di lampu merah biasanay ada counternya, kalo masih lama matiin aja mesinnya sebentar, atau pas di pintu perlintasa KA kalo keretanya masih jauh matiin juga mesinnya kan lumayan hemat….
g’ usah beli bbm aja :D… beralih ke energi alternatif kalau ada… masak make kayu bakar lagi atau kompor sekam,, trus budayakan naik sepeda lagi huheuhuehueheuheuheu
wah indah banget sudut pandangnya bos..
gini ini yang bagus.. gak asal teriak.
tapi kasih solusi.
sip.. moga banyak yang denger.
btw, kalo usul bos nanti di terapkan..
aku kena pajak subsidinya banyak juga ya..
Waagh bagus-bagus komentarnya…

But anyway, gue cuma nggak terbayang aza… dampaknya jika tiba-tiba naik.. kemudian semuanya bergerak naik… inflasi bakalan gila-gilaan… tiap hari bakalan demo.. dan bisa anarkhis..
Kalau gue maah … boleh aza dicabut atau dikurangin… tapi lihat timing yang tepat… istilahnya pak habibie kemaren kudu dipersiapkan…
Kalau gue ngeliatnya gini… (sorry kalau pandangan gue keliru red.)… yaagh sudah wajar jika yang kuat ngelindungin yang lemah… yang mampu ngelindungin yang nggak mampu… !!! Di islam aza ada ntah zakat harta 2.5% (dan banyak lagi bentuk lain) untuk disalurkan kepada yang membutuhkan… kalau dikeluarga… anak sulung kudu ngelindungin anak bungsu… laki-laki kudu melindungi wanita… orang tua kudu memprioritaskan anaknya… gampangnya jika ada satu piring… disuruh yang makan orang tua atau anak… pasti didahulukan anaknya… !!! So message gue yaagh… subsidi silang itu wajar… dalam hal yang lemah belum bisa mandiri.. !!!
Jika sudah bisa mandiri… yaagh mau dicabut.. yaagh bisa aza… !!! So… coba deh dibayangkan… posisi kita sebagai orang miskin.. yang makan paz-pazan… mikirin minyak tanah aza nyampe mumett… !!! Jika sudah bisa bayangin… mungkin hati kita akan lunak… selunak kapaz… !!!
usul ya…
1. biar nggak kaget naikin 250 perak per bulan sampe 6 bulan..dst-nya hingga bebas subsidi
2. spekulan ditindak tegas..
3. infrastruktur jalan & drainase diperbaiki, biar ngga macet, banjir.. bensin yang kebuang memangnya sedikit?
4. Polisi tidur & portal dilarang di kompleks2, stop & go & jalan memutar buang2 bensin.. berikan speed limit yang masuk akal 25-30 km/jam, kalo melanggar ditindak yang tegas.. (speed limit 5km/jam yang sanggup cuma orang sirkus)
5. jangan ada disparitas harga, mengundang orang “main” saja..
6. angkutan umum diperbaiki luar dalam..
7. pajak moge dibebaskan.. lho kok?..hehe.. biar saya sanggup beli..
BBM kagak perlu naek!!!!!!
ndak percaya baca di bawah ini
Harga BBM tulisan Om Kwik November 2007 (Korelasinya dengan perkembangan saat ini)
Daya tahan ekonomi dan harga minyak
Rabu, 28 Nopember 07
Penjelasan pemerintah dan ulasan-ulasan yang dipicu oleh kenaikan harga minyak mentah secara spekatkuler membuat kita semua menjadi bingung. Dalam kebingungan ini banyak yang bertanya apakah kita mempunyai daya tahan ekonomi kalau harga minyak akhirnya mendekati atau mencapai US$ 100 per barel ?
Quote:
Mengapa masyarakat bingung ? Karena keterangan-keterangan yang diberikan oleh Pemerintah mencla-mencle.
Kita masih ingat Wapres Jusuf Kalla mengatakan bahwa kalau harga minyak mentah di New York mencapai US$ 60 per barel, Pemerintah harus mengeluarkan uang sebesar Rp. 115 triliun untuk subsidi yang tidak dimilikinya. Maka harga BBM harus dinaikkan sampai ekivalen dengan harga minyak mentah di pasar internasional. Kalau itu dicapai, tidak akan ada subsidi lagi, karena pemerintah akan menaikkan dan menurunkan harga BBM yang tingginya senantiasa sama dengan ekivalen harga minyak mentah yang terbentuk di New York.
Maka sebagai titik awal harga BBM dinaikkan dengan 126 %, supaya sama dengan ekivalen harga minyak mentah di New York yang ketika itu US$ 60 per barel. Harga bensin premium dinaikkan dari Rp. 2.700 per liter menjadi Rp. 4.500 per liter. Harga Rp. 4.500 per liter memang sama dengan ekivalen harga minyak mentah sekitar US$ 60 per barel. Perhitungannya sebagai berikut. (AJP, jadi kalau harga minyak USD 120/barell sekarang ini, maka harga premium bisa dikali dua saja, menjadi Rp. 9000..Gila kalau ngitungnya pake rule of thumbs)
Biaya untuk penyedotan minyak dari perut bumi ke permukaan bumi Rp. X per liter. Biaya pengilangan Rp. Y per liter dan biaya transportasi ke pompa-pompa bensin rata-rata Rp. Z per liter. Jumlah dari ketiga-tiganya adalah US$ 10 per barel atau kalau kita ambil kurs US$ 1 = Rp. 10.000, keseluruhan biaya dalam bentuk uang tunai yang harus dikeluarkan Rp. 630 per liter.
Kalau harga bensin premium Rp. 4.500 per liter kita jadikan dolar per barel untuk minyak mentah, hitungannya adalah: harga bensin premium per barelnya sama dengan Rp. 4.500 x 159 = Rp. 715.500. Tiga biaya tersebut yang membuat minyak mentah menjadi bensin Rp. 630 per liter atau dikalikan 159 menjadi Rp. 100.170 per barel. Jadi harga minyak mentah per barel = Rp. 715.500 - Rp. 100.175 = Rp. 615.325. Dengan kurs US$ 1 = Rp. 10.000, ini sama dengan US$ 61,5 per barel. Lebih tinggi sedikit dari harga minyak mentah yang berlaku ketika itu. Katakanlah praktis sudah sama.
Sesuai dengan pernyataan Wapres Jusuf Kalla, sejak itu mestinya harga bensin premium naik turun sesuai dengan fluktuasi harga minyak mentah di New York.
Tetapi apa yang terjadi ? Ketika harga minyak mentah turun menjadi US$ 54 per barel Wapres Jusuf Kalla ditanya oleh wartawan, apakah harga BBM dengan sendirinya akan turun, dijawab “tidak”.
Setelah itu, harga minyak mentah di New York meningkat sampai di atas US $ 60 per barel, Wapres langsung memberi pernyataan bahwa harga minyak mentah boleh melejit sampai US 100 per barel, Pemerintah tidak akan menaikkan harga BBM.
Setelah itu ada pernyataan di media massa oleh perwakilan IMF di Jakarta bahwa karena Pemerintah menaikkan harga BBM sampai 126 %, Pemerintah sedang cash rich, kaya uang tunai.
Tanggal 19 September 2007, Kepala Badan Kebijakan Fiskal Departemen Keuangan Anggito Abimanyu memberikan pernyataan yang dikutip Kompas berbunyi : “…kenaikan harga minyak hingga 81 dolar AS per barel tersebut berdampak positif bagi Indonesia. Nilai minyak yang diekspor lebih besar dibandingkan yang diimpor. Dampaknya ke anggaran pemerintah menjadi netral karena kelebihan penerimaan dari hasil ekspor itu dapat digunakan untuk menutupi kebutuhan subsidi BBM”.
Pernah dikatakan (bagi yang rajin dapat mencari datanya di berbagai media massa) bahwa volume produksi lebih kecil dibandingkan dengan konsumsinya. Kekurangannya diimpor yang harus dibayar dengan dolar AS. Maka semakin tinggi harga minyak, semakin besar devisa yang dibutuhkan untuk mengimpor kekurangan minyak karena adanya konsumsi yang melebihi produksi.
Terus ada lagi pernyataan yang mengatakan bahwa walaupun konsumsi dalam negeri lebih besar dari produksi, pemerintah tidak mengalami penurunan devisa, karena minyak mentah yang bagus kualitasnya diekspor dengan harga mahal. Hasil penjualan ekspornya dalam valuta asing dipakai untuk mengimpor minyak mentah dengan kualitas lebih rendah yang lebih murah, sehingga pemerintah kelebihan devisa.
Namun ada angka statistik resmi dari tahun tertentu yang pernah saya pelajari ketika saya berfungsi sebagai Komisaris Pertamina ex officio, bahwa keseluruhan perolehan valuta asing dari ekspor lebih kecil dari jumlah valuta asing yang dibutuhkan untuk mengimpor, sehingga walaupun minyak mentah Indonesia yang berkualitas tinggi diekspor untuk mengimpor yang berkualitas rendah, saldonya masih defisit devisa.
Duduk persoalan minyak dengan perhitungan angka-angkanya memang sangat ruwet. Tetapi keruwetan yang dibuat sendiri. Hal yang mudah dijadikan sulit karena ingin terkesan sebagai orang pandai. Akhirnya terjerat dalam pernyataan-poernyataannya sendiri.
Mari kita telusuri dengan menyederhanakan analisis tanpa kehilangan esensinya.
Tadi telah saya kemukakan cara Pemerintah menghitung harga pokok bensin premium. Harga minyak mentah yang milik bangsa Indonesia dan dikonsumsi oleh bangsa Indonesia yang pemiliknya, pemiliknya ini harus membayar dengan harga yang ditentukan oleh New York Mercantile Exchange (NYMEX). Jadi komponen minyak mentahnya dihargai dengan harga yang ditentukan oleh mekanisme pasar di New York. Cara menentukan harga pokok seperti ini disebut kalkulasi harga pokok standar yang normatif.
Kalau harga jualnya lebih rendah dari harga pokok yang ditentukan dengan cara kalkulasi seperti ini, Pemerintah merasa rugi, merasa memberikan subsidi. Setelah itu, Pemerintah lantas berhalusinasi bahwa kerugian ini sama dengan uang tunai betulan yang dikeluarkan. Sebenarnya uang tunai yang dikeluarkan oleh Pemerintah untuk menyediakan bensin premium kepada rakyatnya tidak sebesar ini. Jadi berbicara tentang uang tunai yang dikeluarkan (tidak berbicara tentang konsep kalkulasi harga pokok standar yang normatif), perhitungannya lain sama sekali. Mari kita telusuri cara menentukan harga pokok bensin premium yang semata-mata didasarkan atas uang tunai yang dikeluarkan oleh Pemerintah untuk pengadaannya.
Berapakah uang tunai yang dikeluarkan oleh Pemerintah untuk mengadakan bensin premium per liternya ? Saya ulangi lagi. Biaya untuk menyedot minyak mentah dari perut bumi ke permukaan bumi (lifting) sebesar Rp. X. Biaya pengilangan atau pemrosesan dari minyak mentah sampai menjadi bensin premium sebesar Rp. Y. Biaya transportasi rata-rata ke semua pompa-pompa bensin sebesar Rp. Y. Rp. X + Rp. Y + Rp. Z = Rp. 630 kalau US$ 1 dianggap sama dengan Rp. 10.000. Apa ini benar ? Bagaimana kok bisa demikian kecilnya uang yang dikeluarkan oleh Pemerintah ?
Coba tanyakan kepada siapa saja yang ahli. Apa benar bahwa ketiga biaya tersebut, yaitu lifting, pengilangan dan transportasi sebesar US$ 10 per barel ? Saya jamin benar. (Coba tanyakan pak Purnomo Yusgiantoro). 1 barel = 159 liter. Kita mengambil kurs US$ 1 = Rp. 10.000. Jadi ketiga biaya tersebut adalah Rp. 10.000 dibagi 159 = Rp. 630. Hanya jumlah ini yang dikeluarkan untuk mengadakan 1 liter bensin premium. Maka ketika dijual dengan harga sebelum kenaikan yang terakhir yang Rp. 2.700 per liter, setiap liter bensin premium Pemerintah kelebihan uang Rp. 2.700 – Rp. 630 = Rp. 2.070. Setelah dinaikkan menjadi Rp. 4.500/liter, kelebihan uang yang diterima Pemerintah untuk setiap bensin premium sebesar Rp. 4.500 – Rp. 630 = Rp. 3.870.
Kiranya sekarang jelas mengapa Pemerintah mengatakan bahwa daya tahan ekonomi masih baik walaupun harga minyak mencapai US$ 100 per barelnya. Jangankan US$ 100, berapapun tingginya, kalau kita bicara tentang uang tunai yang harus dikeluarkan, Pemerintah tidak bergeming.
Jadi ketika menaikkan harga BBM tempo hari, Pemerintah menggunakan metode kalkulasi harga pokok standar yang normatif. Sekarang ketika harga minyak mentah demikian tingginya, Pemerintah melakukan lompatan pikiran, menggunakan metode kalkulasi harga pokok atas dasar uang tunai yang harus dikeluarkan atau yang disebut pure cash basis.
Mengapa Pemerintah mbolak mbalik seenak udelnya seperti ini ? Mengapa tidak ? Lidah kan tidak bertulang ? Pokoknya rakyat selalu tenang.
Jadi berbicara tentang daya tahan ekonomi, tahan kalau kalkulasinya pure cash basis. Tetapi jebol kalau harga pokoknya ditentukan dengan metode kalkulasi harga pokok standar yang normatif.
Kenyataannya bagaimana ? Ya tahan, karena yang standar dan normatif itu komponen uang tunai yang harus dikeluarkan untuk bensin premium hanya Rp. 630 per liter. Dijualnya dengan harga Rp. 4.500/liter.
Kesemuanya yang saya kemukakan tadi konsep-konsep yang disederhanakan. Marilah kita lebih realistis sedikit.
Karena data yang konkret dan akurat tidak ada, saya mengambil angka-angka yang secuil dinyatakan oleh si A, dan secuil lagi dikemukakan oleh si B dan seterusnya. Itupun tidak lengkap. Maka kita hanya bisa memperoleh simulasi dasarnya sebagai berikut.
Lifting minyak mentah sebesar 1 juta barel per hari. Bagian Pemerintah Indonesia 60 %, bagian kontraktor swasta 40 %. Jadi Pemerintah punya minyak mentah 600.000 barel setiap harinya. Konsumsi rakyatnya 900.000 barel. Maka setiap harinya tekor 300.000 barel. Ini harus diimpor betulan dengan harga US$ 100 per barel. Maka harus keluar uang (300.000 x US$ 100) x Rp. 10.000 = Rp. 300.000.000.000 per hari.
Buat yang milik Indonesia sebanyak 600 barel, kalau semuanya dijadikan bensin premium, setiap harinya kelebihan uang sebesar (600.000 x 159) x Rp. 3.870 = Rp. 369.198.000.000 per hari.
Kita lihat, keluar uang Rp. 300 miliar per hari. Mendapatkan uang tunai Rp. 369.000.000.000 per hari. Jadi masih surplus Rp. 69.000.000.000 per hari atau Rp. 24,84 triliun. (AJP: Gede Banget BOOOO)
Jadi dengan harga minyak mentah US$ 100/barel ekonomi Indonesia punya daya tahan.
Tetapi kesemua angka dan perhitungan di atas didasarkan atas angka-angka yang sepotong-sepotong dan belum tentu akurat. Juga tidak diperhitungkan adanya berbagai jenis BBM. Tidak diperhitungkan adanya produk-produk sampingan yang punya harga.
Tetapi kerangka dasar berpikirnya menurut saya benar, dan kerangka dasar berpikir yang seperti inilah yang menjelaskan mengapa Pemerintah mencla mencle. Kalau sedang menguntungkan dirinya menerapkan metode kalkulasi harga pokok standar yang normatif, metode ini yang digembar-gemborkan.
Kalau situasi dan kondisi berubah sehingga menguntungkan menggunakan metode kalkulasi yang murni didasarkan atas keluar masuknya uang tunai atau cash basis, metode ini yang digembar-gemborkan. Semuanya mudah dilakukan, karena lidah memang tidak bertulang, dan kertas yang ditulis tidak bisa protes.
Namun bagian terbesar rakyat Indonesia miskin dan sangat miskin. Mereka tidak berpendidikan, kekurangan gizi dan tidak sehat, seperempat atau setengah sakit. Mereka hanya bisa menerima nasib menerawang ke langit sambil menunggu nasib, sampai kematian pun diterima dalam kondisi tidak berdaya seperti ini. Mereka inilah yang setiap kali disengsarakan. Yang terakhir ketika harga BBM dinaikkan dengan 126 %. Hari-hari berikutnya akan disengsarakan oleh harga-harga kebutuhan pokoknya yang akan meningkat, karena dampak kenaikan harga BBM yang datangnya dari luar Indonesia, mengingat bahwa kadar impor dari semua kebutuhan rakyat Indonesia sangat besar.
Produksi Minyak Bumi yang tidak sebanding dengan konsumsi ternyata benar-benar membuat pecas ndahe…
pernah dengar, peneliti di LIPI yang frustasi karena penelitian tentang energi alternatif solar-cell selama lebih dari 20tahun tidak ditanggapi serius oleh pemerintah.
Dari dulu pemerintah lebih suka dengan industri otomotif yang sangat energy consumtive, karena memang banyak menghasilkan uang, yang sebagian katanya digunakan untuk kesejahteraan rakyatnya…
Kalo pemerintah emang bener2 mau hemat yah mesti sadar diri dulu, lha para pejabat maunya pake mobil2 mewah dg CC besar (3000 cc keatas) emang para pejabat tuh mau kemana ??? coba mulai sekarang semua mobil dinas mulai dari walikota, gubernur, menteri2 sampe anggota DPR/MPR ganti semua pake mobil dibawah 3000 cc biar komsumsi BBM lebih hemat, anggaran pembelian mobil juga bisa ditekan, gaji juga dikurangin 10% aja buat subsidi BBM, hayo katanya wakil rakjat !!!
Dibikin pabrik2 dan perkebunan2 yg mendukung BioFuel……..
Silahkan rekan2 download File Presentasi “Tak Ada Subsidi BBM!”
http://infoindonesia.wordpress.com/
Subsidi BBM hanya penipuan massal untuk menguras uang rakyat!!!
haduh pusing… jangankan sumbang saran, sekarang gimana kiat mengatur bugdet yang pas-pasan ini
salam kenal… dari malang
http://hmc.web.id (belajar inggris lewat nasyid)
MRT! MRT!!!!! MASS RAPID TRANSPORTATION BIAR PADA KAGA BAWA KENDARAAN MASING2!!!!!!!
@joni abidin
Well… mestinya kudu ada bedah data.. berapa sih sebenernya atau faktanya gimana sih…??? Kalau data nya di buka abiz-abizan… waagh keliatan daagh gimana baiknya… !!!
Wiii… andai aza.. datanya ada semua… akuntasinya ada… wiiii… bisa keliatan daagh… dimana masalahnya…??? Kalau dimotor.. semua nya diliat.. dari carbu, coil, CDI, valves.. yaagh keliatan.. jelas dimana yang perlu dituning…!!!
Well.. kalau begini kadang yang susah yaa sekali lagi data… !!! Lha wong gue aza mau nganalisa motor aza.. ngumpulin data.. !!! Alangkah indahnya jika ada data selengkap-lengkapnya… so kita bisa analisa rame-rame… !!!
Sepertinya kenaikan harga BBM saat ini adalah suatu keniscayaan tinggal prakteknya gmn itu yang kudu diperhatikan supaya wong cilik tidak dikorbankan.
Andai…. tahun 2070 di jaman cucu2 kita di saat BBM dll udah habis. Apakah kehidupan akan kembali ke zaman batu? Bagaimana dengan potensi energi nuklir? Energi Matahari? Energi Angin? Energi Gelombang Laut? Garis pantai Indonesia khan salah satu yang terpanjang di dunia bok…
gaji gak naek, BBM naekk teruss…gak adill
-salam kenal-
GW setubuh..eh stuju ..tuch
Specilly untuk NO 2 …
yg boleh pakai Premium hanya motor dan mobil angkot doank…
ini sejalan dengan pikirin gw, walaupun punya mobil butut, harus isi pertamax, konsekwensinya punya mobil…..
mudah2an ada orang pemerintahan yang lihat nich blog…jadi bisa mikir ulang untuk naikin BBM
PISS
minyak…minyak…sapa mo minyaaakkk? hayo…angkat tangan yang tinggiii…
Bang Tri dari analisis d atas ada salah satu kelemahan yang saya lihat…Klo pelat kuning en motor yg dkasi subsidi bisa aja tar c pengemudi bolak balik ke SPBU buat bli bensin truz jual ke pemilik kendaraan pribadi…Klo kaya gt seh sama aja ,negara yg susah…
Truz juga klo misalnya BBM buat kendaraan pribadi seharusnya pemerintah bisa membuat angkutan umum lebih nyaman, wong harganya aja cukup mahal…
Contoh neh, d negara tetangga Singapura sekali naek bisa rata2 Rp6500,00 itu dengan adanya AC dan jg keadaan bus yg memadai dan bersih…Tentunya jika bus itu tidak ada AC harganya bakal lebih murah… Indonesia ?!Sekali naek angkot aja Rp2000,00 gada AC kebersihan tidak memadai, etc…Apabila dengan naeknya BBM para supir kendaraan umum minta kenaikan ,saya pikir itu seh sudah tidak rasional…KLo mo naekin ya perbaiki juga donk infrastrukturnya…Hehehe
Maap ya klo aga kontra, tapi dengan harga minyak seperti begini emank sudah seharusnya dnaekin harga BBM…Biar rakyat juga nyadar dikit gt, lagian ini juga bukan salah pemerintah sepenuhnya klo mo salahin ya salahin aja yg produksi minyaknya…Walaupun pemerintah jg ada salahnya seh, hehe
Bensin mo naek aja, d stopan masi ada yg gerung2…Dia pikir bensinnya ga usah pake uang kali ya? =)
@ 39. ndesosedici
Usulan ajah bos.. Kalo naek onthel kan gak polutan (wes talah podo ndesone gak usah usung kata2 “dewasa”).
BTW kalo pake BBM non subsidi, kenapa SPBU di daerah nggak nyedia in RON 92 ato 95 ? Khan podo ae goroh to?
Usulan yang sangat bagus. Tapi diterapkan di Indonesia? Nanti dulu lah ye.
Kalau dari dulu pemerintah bisa membuat orang hemat pakai energi saja, maka tidak perlu menaikkan harga BBM saat ini. Memang kasihan bangsa kita ini. Bisanya teriak menolak tapi nggak kasih solusi.
Salam kenal, semoga solusi-solusi yang Anda tawarkan bisa membuat negara ini lebih baik.
gaji naek 15% lha BBM naek 30%
gw setuju ma nomer dua.. kalo mobil pribadi pake aer aja kale yak?? ehueheuehue
Pertama2, mari hadapi kenyataan bahwa minyak dunia semakin berkurang. Pasti bakal ada masalah (skala global malahan).. Untuk itu, mari kita berpikir lebih cerdas. Misalnya, apakah kita dah optimal dlm menggunakan bahan bakar? Apakah cara mengemudi dan bertingkah laku dengan kendaraan kita udah bener? Kalau dr segi kendaraan, sulit sekali apabila semua kendaraan harus isi RON > 91. Uang nya yg ga ada (kan bangsa kita lebih banyak miskin nya drpd kaya nya). Kenaikan BBM ya wajar toh kan supply makin dikit, demand makin tinggi.. Yg terpenting: Hanya saja timing dan besarannya yg harus fair. Saya jg ngerti tiap ada kenaikan, maka respon awal rakyat adalah…TOLAK!! Padahal ky nya ga ada tuh bensin di dunia yg harganya flat terus ampe minyak dunia abis (CMIIW). PEACE
udah lah naik sepeda aja sehat gak usah pusing mikirin BBM terus
Gile komennya pada bagus² nih, Ipoel,a’abym,hadi, dll…top semua. Ternyata pinteran blogger disini drpd pemerintah kita
Ringkasan aja dr gw:
1.perbaiki dan utamakan angkutan umum
2.pajak progresif utk mobil
3.riset dan utamakan sumber energi alternatif
5.sayangi lingkungan
6.hukum mati koruptor, penjarakan penjahat ekonomi (spekulan) dll.sita hartanya
7.hidup hemat, cintai produksi dlm negeri.
emang sistem ekonomi kapitalis bikin negara miskin tetap miskin krn jd jajahan negara kaya. Perlu dipikirkan sistem ekonomi lain yg adil lah. Zakat aja kalo dikelola dg bener (yg wajib zakat dan yg berhak nerima zakat) udah bisa mensejahterakan rakjat ketjil.
Salam kenal mas. ^^
Mau tanggapin sedikit. Boleh kan? Hehe.
Hmm, kalo seperti ini rasanya juga susah mas. Apalagi Shell ato Petronas. Golongan atas rasanya lebih berkuasa ketimbang kita dalam menentukan harga. Jadi seperti biasa, rakyat kecil seperti kita yang jadi korban.
Yang mau saya tanyakan di sini, bagaimana dengan mobil perusahaan/produsen? Seperti kita lihat aja sekarang ini, dengan harga bensin segini aja sudah banyak produsen yang ngos-ngos’an, bagaimana kalo lebih? Memang tetap kalo pada orang “berduit” rasanya diharuskan membayar “lebih”. Jadi, bagaimana kalo semisalnya perusahaan2 yang “bermerk” yang harus pasang compression ratio tinggi?
Kalo bagian nomer 3,4 saya setuju
Kalo ini, rasanya terlalu berat. Masakah parkir menjadi 4000? Kembali saya melihat dari sudut pandang produsen/pengusaha kecil terutama, parkir 2000 aja sudah berat lho mas, kalo 4000 bisa bangkrut. Kalo misalnya naik, mungkin 2500 aja masih gpp.
Kalo 6,7,8,9 saya setuju total. Tapi tetap pda nomer 8 harus di awasi dengan baik, jangan sampai ada penyimpangan.
Sekian dulu dari saya mas. Sekali lagi, salam kenal. ^^
Hidup mas triii…jgn cuma kyk AMIEN RAIS cuma bisa nyuruh rakyat DEMO..gak bisa ngasih solusi..CARI NAMA doang..mendingan Amin Rais Nyebur KELAUT aja..bikin negara tambah panas dgn omongan nya yg SE EMBER…Jauh Lebih baik mas tri yg jadi MENTERI atau PRESIDENT daripada AMIEN RAIS..Hidup Mas Triiii….
Hidup nae sepeda!!!
kalo semua org nae sepeda…pasti bakalan sehat semuanya. udara bersih dari polusi…..palingan polusi bau badan doank.
ayo nae sepeda!!!!
Ya, ayo naek sepeda. Jangan ngeluh. Pemerintah tidak punya pilihan lain, harga BBM memang kudu naek.
SBY-JK cukup berani ambil resiko, menaikkan harga BBM, padahal sudah mau pemilu…untuk pertama kali mereka bertindak benar sebagai pemimpin.
Salam
Masih setuju kalau BBM jangan naik, impactnya itu lho kasihan rakyat miskin, makin susah, dan pastinya buat2 yang borju2 ya jangan atuh beli BBM yang bersubsidi mah, biar aja buat yg ga mampu. Mungkin prlu dilakukan nasionalisasi perusahaan yang dikuasai dan di olah asing yang berhubungan dengan sumber daya alam terutama minyak biar bisa lebih maksimal dimanfaatkan untuk rakyat dan negeri ini.
ah bulan depan gw nyari sepeda ah……yg enak bwat jalan jauh gitu loh.
secara di rumah adanya sepeda model bmx……walah bakalan patah-patah ni badan kalo bwat jalan jauh….
salut bwat komunitas bike2work!
tambahan ide… dapet tadi waktu pulang naik pesawat. Setiap penumpang dikenakan charge Rp. 5 rebu untuk salah satu kabupaten di Sulsel…!!! Lha kalo satu kabupaten bisa nge-charge Rp. 5 rebu … yaagh wajar donk kalau untuk rakjat indonesia lebih gedean… !!! Detailnya lihat point ke 10… !!!
So.. kalau 10 langkah itu sudah dilakukan mestinya duitnya banyak ngumpul… mestinya udah ada tambahan dana donk… asal penyalurannya bener.. mestinya nggak ada masalah… !!!
“Ditambah lagi… pembelian premium nggak melayani jirigen… dan bagi yang SPBU yang bandel… silahkan di cabut aza izinnya… !!!”
Saya kok kurang setuju yang ini, harus lebih dirinci lagi gmn????
Soalnya, Saya kan punya traktor buat membajak sawah, kalu beli solarnya enggak boleh pake jirigen terus pakai apa???? apa perlu traktornya dibawa ke SPBU??? biar jalan yang dilewati jadi sawah!! Lha sebagai petani ya tambah mumet ENDasse.. Toh pak.. Jaman Saiki kan Wis Orana Ono KEbo sobo sawah???!!!
@hasilkebun
Waagh bener paak… piyee yoooo… diperbolehkan orang pada borong.. untuk cari keuntungan … !!! Dilarang.. yang punya traktor seperti mazz.. kesusahan… piye… gini aza udah bikin ndase ngelu… !!!
But anyway, mestinya solar kalau pake bio solar boleh laagh pake dirigen.. toh yang pake solar nggak banyak yaah… !!!
@ 102
Nah loh…………. pak petani marah
mending SPBUnya melayani delivery service………..
tinggal pencet telepon………… solarnya diantar menggunakan tas yang menjamin kehangatan isinya…………. he he he……
Hidup Traktor………….. dug dug dug dug……..
[...] Bantuan Langsung Tunai Kenaikan harga BBM seyogyanya akan semakin menyengsarakan rakyat Indonesia. Blogosphere diwarnai pro dan kontra. Bahkan beragam analisa dari seorang ahli geologi sampai hanya sekedar curhat. Ada juga yang benar-benar menyodorkan solusi. [...]
BBM….?????
Thread yang cukup bagus.
Indonesia merupakan negara yang kaya dengan potensi sumber daya alam yang bisa di manfaatkan untuk enrgi alternatif, tapi sayang sampai saat ini belum menunjukan pemanfaatan sumber daya alam yang dimiliki secara efektif. yang saya perhatikan karena begitu banyak biaya yang terbuang percuma dengan proyek-proyek yang ujung-ujung hanya membuka peluang bagi para koruptor. Entahlah….
Bio-Ethanol sebenarnya bisa di jadikan energi alternatif, karena bio-ethanol sendiri bisa dihasilkan dari bahan baku seperti Jagung, ubi jalar, ubi kayu, sagu, tebu, yang kita tau begitu berlimpah di negara kita ini.
Tapi sayang….pemerintah belum bisa memanfaatkan itu secara optimal, hanya penelitian, riset dan percobaan yang banyak membuang biaya yang begitu besar tanpa ada hasil yang bisa dinikmati masyarakat kecil.
Gini… saya juga pernah sedikit kasih usul berbau solusi buat Indonesia. Mungkin selengkapnya bisa di klik di sini.
Terima kasih
Tambahan untuk bung Joni #76.
Uraian anda cukup mantab untuk membuka pikiran kita kalau rakyat selama ini di”goblokin” penguasa. Sudah jelas yang namanya subsidi atau nombok terjadi jika harga jual lebih rendah dari harga pokok. Baik dihitung per unit atau secara total.
Sampai saat ini penguasa yang katanya pinter-pinter itu belum pernah menjelaskan secara gamblang berapa sih realisasi nombok (ingat REALISASI) BBM. Memang untuk hitung-hitungan realisasinya mesti lebih ngejelimet dibandingkan dengan simulasi bung Joni. Disitu ada hitungan produksi minyak mentah, bagi hasil kontraktor, biaya impor BBM, biaya pengilangan, ongkos calo, mark up titipan mafia dan titipan pejabat penghianat yang rakus, dll.
Yang sering digembar-gembor, subsidi adalah selisih harga pasar dengan harga patokan di APBN. Omongan picisan ini selalu ditekankan supaya nancep di otak rakyat. Padahal lagi-lagi rakyat cuma di”goblokin”.
Mungkin ada yang salah dengan falsafah dasar negara yaitu sila pertama, yang seharusnya Ketuhanan Yang Maha Esa dipraktekkan menjadi Keuangan Yang Maha Kuasa. Sehingga hampir semua orang terutama penguasa dari yang cere sampai paus jadi gila sama uang.
Jadi kalau mau rakyat dukung keputusan penguasa, yakh mulailah dulu sang penguasa buka dengan sejelas-jelasnya berapa angka nombok yang REAL alias NYATA….
good analysis…
tapi gak semudah itu, tau khan orang endonesia.. susah utk berubah..
mesti di di injek2 selama 32 thn dulu baru mau sama2 berteriak lantang..
klo ngga, yah paling cuma sebagean orang aja yg teriak2..
intinya mengurangi penggunaan BBM..
dengan cara membebani masyarakat dgn menaikkan harga termasuk pajak.. aseli nih bakalan di demo terus tuh pemerintah, jangankan naek 3rebu, gopek ato serebu aja udh rame… rakyat endonesia lebih banyak yg jd orang susah loh..
konservasi energi… yg ini oke, cuma sayangnya perlu proses yang cukup lama utk dapat merealisasikan ini, selain masalah teknologi, hal ini juga terbentur dgn masalah sulitnya manusia utk berubah..
dengan cara membatasi penggunaan BBM.. yg ini lebih bisa diterima, sayang nya ntah kenapa pemerintah gak memberlakukan ini, malahan smart*or stupid*card yang dijabanin..
@ndesosedici
walah mas, sopo toh yang gaya2an? klo orgnya ada 5 masa naek motor? gw juga gk trlalu dmen naek mobil di jkarta, macet dkit lgsg mandeg… parkir klo ampe 4rebu itu gk kira2 naeknya, emang situ mau parkir mobil di mall 3jem byar 10rebu? bisa bli bensin buat bebek full tank.. jadi tolong, sebelum nulis komentar mbok dipikir dulu pake otak, jgn asal tulis, masi punya otak toh?
ngacirr ah
kalo bbm naek, stuju aja deh, kyaknya dah susah cari jalan laen
tapi kalo ada “bantuan langsung tunai” <== gak stuju sama yang ini..
kenapa?
1. Pemerintah (baca:penguasa) memberikan BLT ini cuma buat sekedar membungkam mulut rakyat, jadi kan ada alesan alokasi dana subsidi bbm itu kemana, who knows klo itu nyampe SEMUANYA tepat sasaran?
2, Ini hanyalah suatu tindakan yang sia2, tidak mendidik untuk mandiri. Memangnya mau sampai kapan diberikan bantuan langsung ini? Sama saja dengan menyalakan bom waktu yang siap mledak.
Harusnya dana subsidi itu dipake buat yang lebih berguna, seperti operasi pasar yang sebenar-benarnya (gak kyk yg udah2 slama ini), pembangunan daerah tertinggal (kan masih ada tuh daerah2 terpencil yang blom masuk listrik sm skali), ama perbaikan kualitas pelayanan kesehatan untuk orang kurang mampu (klo yang ini gk tau deh gimana caranya, mbok pmerintah coba pikirin sndiri…
eh lupa, kan mau ngacir
~wuss~~
Kenyataan di atas membuat saya tercenung dan membuat dada saya sedikit sesak. Saya semakin tidak mengerti bagaimana pengelola Negara ini memandang rakyatnya. Adakah nyawa Jamaksari dan Ma’mun terlalu murah di mata pengelola Negara? Adakah bangsa Indonesia ini sedang diupayakan untuk menempuh jalan yang sama dengan jalan nekat Jamaksari dan Ma’mun?
Jamaksari dan Ma’mun adalah rakyat Indonesia.
Kita adalah Jamaksari dan Ma’mun. Mungkin kita sedang dibunuh, atau setidaknya dibiarkan menempuh jalan kematiannya sendiri. Jamaksar dan Ma’mun adalah Indonesia. Dan Indonesia sedang dibunuh, setidaknya dibiarkan menempuh jalan kematiannya sendiri.
Baca juga http://ketikataku.wordpress.com
Lebih baik menghemat BBM dengan naik Angkot, Sepeda, Nebeng Teman, atau Jalan kaki. Lagian orang sekarang aneh masa ada satu rumah punya dua mobil atau tiga sepeda motor, padahal dirumah itu hanya ada lima orang paling banyak.
oh ya salam kenal dari http://economatic.wordpress.com/
artikel nya mantap, yg ngasih komen juga bagus2.
senang baca artikel dan komen dari orang2 yg “berisi”…
Mantap bumbunya, nendang rasanya…[loh kok jd nyambung ke makanan]
cuman gw rada pesimis, pemerintah bakal denger aspirasi2 positif yang ada di blog ini, apalagi klo sampe diterapkan.
secara kita hidup di indonesia gitu loch…
gw rasa, kenaikan BBM premium udah gak bisa ditawar lagi. cuman pemerintah harus tahu dan siap menanggulangi dampak negatif pada rakyat (terutama rakyat kecil).
jangan cuman omong dan jual janji wacana aja….. percuma klo rencana/wacana bagus, tapi tidak diterapkan. cuapee dech…..
jangan cuman bisa NATO (No Action, Talk Only)
alternatif BBM juga harus secepatnya dikembangkan. sudah banyak temuan anak bangsa, spt: BBN dari biota laut, biodiesel, bietanol, dll.
harusnya temuan/inovasi ini mendapat perhatian serius dan penghargaan dari pemerintah. kembangkan yg paling sesuai dengan kondisi indonesia tanpa harus merusak lingkungan. setidaknya kita bakal siap, klo nanti cadangan minyak dari fosil menipis.
Gampang wae… supaya BBM gak naik ya gak usah pake minyak. Masak pake kayu bakar, nyalain api pake kayu yg digesek2, dan tidak menjalankan segala bentuk kegiatan yg melibatkan BBM. Kembali ke JaMAN Batu pasti BBM gak bakalan naik lagi harganya
Ini semua cuma komentar isenk lho… hahaha
debat ya ga ada abisnya kalo cuma mikirin keinginan atau pemikiran pribadi aj….
pemerintah itu membawahi seluruh masyarakat indonesia lho yg jumlahnya ga sedikit, jadi keputusan yg diambil harus baik dan benar…..
saya salut ama SBY yg menjelang pemilu 2009 brani mengambil langkah menaikkan BBM yg mungkin sebagian rakyat tidak menyukainya, dan banyak politikus2 seperti ibu mega pro yg mengejek2 SBY karna menaikkan harga BBM. keputusan yg diambil SBY bukan semata2 keputusan yg diambil dari pemikiran yg sebentar, pasti dia juga mendapat masukan dari para ahli di bidang ekonomi.
ada baiknya kita smua jangan menjudge/menjelekkan orang lain hanya karna keinginan kita tidak terpenuhi/dipenuhi, balik lagi ke poin diatas, pemerintah bukan hanya memimpin 1 orang, tapi jutaan rakyat indonesia.
paling sebel ama yg demo2 ga setuju bbm dinaikkan dijalanan sampe bikin keributan/menghancurkan mobil plat merah yg lewat…kalo suaranya mau dianggap ya belajar dulu biar pintar, biar suatu saat bisa jadi presiden
Piss Lah
10 ide mas tri ok jg aplg ditambah (PAJAK KHUSUS) bwt kendaraan mewah dan kepemilikan ganda (alias bwt org yg g ckp pny satu mobil!)
tp..hasil semua itu yakin bs nyampe ke rakyat kecil…?
presiden mungkin serius pgn memberantas kemiskinan dan peduli ma rakyat kecil…tp elemen2nya?
Kayaknya emang harga energy (minyak) musti dinaikkan tuh !
Baca juga donk di http://www.awidyarso.co.cc
Ada tulisan tentang minyak ……. he..he..he..
Salam dari Papua,
Ardy
mungkin kalo gw liat perlu adanya kenaikan BBM, memang harus terjadi disaat yang sulit. tapi apakah kita akan biarkan kita makin terpuruk ditengah ninabobo subsidi BBM? cuma yang saya tanyakan, alokasi dana dari kenaikan itu mau dibawa kemana, melihat bantuan langsung tunai tidak efektif dan justru mengajari rakyat menjadi bermental pengemis. sudahkah dipikirkan masak2, akan dibawa kemana 30% itu? langsung tepat sasaran (walau tanpa bantun langsung) atau justru jadi ajang slintutan lg dikalangan pejabat pemerintah? dan yakinkah bahwa bener2 naiknya bukan 10% atau 20%, tapi 30%. semoga maslah ini dipikirkan masak2 dan tidak jadi bumerang yang membuat tragedi kerusuhan massal mei 98 terulang lagi
-numpang lewat-
saya sebenarnya setuju kalo tidak diperbolehkan beli premium pake jerijen. Tapi kalo di kota Medan tuh bayangin aja, mati lampu rata rata empat jam sehari, trus mau buka genset bensin udah habis, mau beli bensin kagak dikasih. maunya peraturan nya dilaksanakan sesuai situasi dan kondisi. Jadinya kan di Medan… uda mati lampu, kagak boleh beli bensin pake jerijen lagi, apa kata dunia???
Menurut Saya sih… pemerintah kudu menaikkan pendapatan negara … supaya penegluaran bisa diseimbangkan …… n masyarakat bisa sejahtera…. terserah apa kek caranya… yang penting.. jangan mengorbangkan rakyat denagn naikin BBm, dll
Kalo harga BBM naik, ya mau gimana lagi toh meskipun kita protes seperti apa pun juga ga akan mempengaruhi kebijakan pemerintah dalam menentukan harga BBM. Kita hanya bisa berharap kepada YANG DIATAS untuk semua yang akan terjadi ke depannya…
GBU